Tugas Psikologi Komunikasi - Analisis Kegagalan Komunikasi Pada Iklan - Dunia Public Relations

Terbaru

Tuesday, October 30, 2018

Tugas Psikologi Komunikasi - Analisis Kegagalan Komunikasi Pada Iklan

TUGAS PRIKOLOGI KOMUNIKASI
ANALISISI KEGAGALAN KOMUNIKASI PADA IKLAN

Berikut ini adalah sebuah Analisis Kegagalan Komunikasi Pada iklan Djarum 76 yang dikirim oleh Nabiilah Syafira Aziz. Semoga dapat menjadi refrensi teman - teman semua dalam mengerjakan tugas kuliah terutama mata kuliah Psikologi Komunikasi


PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Mengapa rokok Djarum 76 gagal dalam berkomunikasi untuk mempromosikan barang dagangannya? Bagaimana tidak, barang yang mereka perjualkan adalah rokok. Namun yang mereka iklankan adalah jin yang bisa mengabulkan sebuah permintaan pada seseorang yang telah mengeluarkan jin tersebut. Iklan ini sungguh menyimpang dari barang yang mereka ingin promosikan. Dengan begitu, sang penonton layar kaca pun bingung dari apa yang diiklankan.

TUJUAN

Mengetahui cara mempromosikan dengan baik supaya tidak gagal dalam berkomunikasi sangatlah mudah. Namun untuk barang dagang rokok, menurut saya dan rekan saya, sebaiknya tidak perlu diiklankan karena rokok merupakan barang berbahaya yang menimbulkan banyak kerugian bagi yang menggunakannya. Akan tetapi kita mempunyai solusinya, yaitu, harga rokok yang diperjualkan harus mencapai harga tinggi.

Baca : Contoh Analisis Kegagalan Komunikasi Pada Iklan Axsis

RUMUSAN MASALAH

  • Apakah benar iklan rokok Djarum 76 telah gagal dalam berkomunikasi untuk mempromosikannya di layar kaca?
  • Bagaimana caranya supaya iklan rokok Djarum 76 mempromosikan dengan baik supaya tidak gagal dalam berkomunikasi lagi? 

PEMBAHASAN



Rokok Djarum 76 merupakan iklan yang sangat gagal dalam berkomunikasi. Bagaimana tidak, barang yang mereka perjualkan adalah rokok. Namun yang mereka iklankan adalah jin yang bisa mengabulkan sebuah permintaan pada seseorang yang telah mengeluarkan jin tersebut.


Iklan ini sungguh menyimpang dari barang yang mereka ingin promosikan. Dengan begitu, sang penonton layar kaca pun bingung dari apa yang diiklankan. Mereka sebagian besar mungkin akan mengganti channel layar kaca tersebut karena mereka menganggap bahwa hanya membuang buang waktu dengan iklan yang gagal dalam berkomunikasi tersebut. Bisa juga mereka akan datang ke kantor rokok tersebut untuk menyampaikan kritik pedas pada brand rokok tersebut karena iklan tersebut sangat gagal dalam mempromosikan barang yang ingin dijual.


Walaupun iklan tersebut sudah ditayangkan sejak lama hingga mempunyai banyak alur cerita namun masih dalam satu tema, tetap saja itu sangat menyimpang dari apa yang mereka ingin promosikan. Mereka tidak lain hanya untuk membuang uang mereka untuk membuat iklan tersebut yang tidak mempromosikan barang dagang mereka. Mereka hanya membuat suatu komedi lucu secara singkat dalam layar kaca.


Bagaimana untuk memperbaiki masalah tersebut? Menurut saya dan rekan saya, sebaiknya tidak perlu diiklankan karena rokok merupakan barang berbahaya yang menimbulkan banyak kerugian bagi yang menggunakannya. Dengan diadakan iklan, anak dibawah umur akan segera membeli dengan tujuan memecahkan rasa ingin tahunya. Celakanya jika si anak merasakan kepuasan dari barang tersebut, maka anak tersebut akan mencobanya lagi dan lagi hingga ketergantungan dalam jangka panjang.


Dan seharusnya harga rokok yang diperjualkan harus mencapai harga tinggi supaya anak-anak tidak dapat membeli secara bebas, karena harga yang cukup mahal untuk membeli sebuah rokok, dan jika harganya mahal rokok hanya akan bisa dibeli oleh orang yang sudah berkerja. Dan seharusnya di penghujung iklan harus di berikan himbauan bahwa rokok tidak diperuntukkan untuk anak-anak.

KESIMPULAN

SARAN

Mengetahui cara mempromosikan dengan baik supaya tidak gagal dalam berkomunikasi sangatlah mudah. Namun untuk barang dagang rokok, menurut saya dan rekan saya, sebaiknya tidak perlu diiklankan karena rokok merupakan barang berbahaya yang menimbulkan banyak kerugian bagi yang menggunakannya. Dengan diadakan iklan, anak dibawah umur akan segera membeli dengan tujuan memecahkan rasa ingin tahunya. Akan tetapi kita mempunyai solusinya, yaitu, harga rokok yang diperjualkan harus mencapai harga tinggi supaya anak-anak tidak dapat membeli secara bebas, karena harga yang cukup mahal untuk membeli sebuah rokok, dan jika harganya mahal rokok hanya akan bisa dibeli oleh orang yang sudah berkerja.

Baca juga: Analisis Kegagalan Komunikasi Pada Ikaln Bear Brand

Penelusuran yang terkait dengan Tugas Psikologi Komunikasi - Analisis Kegagalan Komunikasi Iklan

contoh kasus kegagalan komunikasi
contoh kegagalan komunikasi
contoh kegagalan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari


" Tugas Psikologi Komunikasi - Analisis Kegagalan Komunikasi Iklan "

No comments:

Post a Comment