Mengenal Jenis LEAD Dalam menulis BERITA - Dunia Public Relations

Terbaru

Thursday, October 25, 2018

Mengenal Jenis LEAD Dalam menulis BERITA

MENGENAL JENIS LEAD DALAM MENULIS BERITA

Berikut ini adalah sebuah Conton Analisis LEAD dalam Sebuah yang dikirim oleh Nabiilah Syafira Aziz. Semoga dapat menjadi refrensi teman - teman semua dalam mengerjakan tugas kuliah terutama mata kuliah Dasar-Dasar Jurnalistik

ANALISIS LEAD DALAM SEBUAH BERITA



 
JAKARTA, KOMPAS – Pembangunan kesehatan dan pendidikan dasar Indonesia kalah cepat dengan reformasi bisnis dan keuangan. Sektor kesehatan belum dianggap sebagai investasi jangka panjang yang bernilai ekonomi. Rendahnya derajat kesehatan masyarakat membuat daya saing mereka terpuruk.
Baca : Mengenal teknik-teknik dalam Wawancara

1. Analis 5W+1H
  • What : Pembangunan kesehatan dan pendidikan dasar Indonesia kalah cepat dengan reformasi bisnis dan keuangan.
  • When : -
  • Where : Indonesia
  • Who : -
  • Why : Sektor kesehatan belum dianggap sebagai investasi jangka panjang yang bernilai ekonomi.
  • How : Rendahnya derajat kesehatan masyarakat membuat daya saing mereka terpuruk.
2. Analis berdasarkan isi berita
  • Atraktif
    Lead berita tersebut bisa membangkitkan perhatian dan minat khalayak pembaca pada kalimat berikut, “Pembangunan kesehatan dan pendidikan dasar Indonesia kalah cepat dengan reformasi bisnis dan keuangan.”
     
  • Introduktif
    Lead berita tersebut bisa mengantarkan pokok yang persoalannya dikupas dengan tegas pada kalimat, “Pembangunan kesehatan dan pendidikan dasar Indonesia kalah cepat dengan reformasi bisnis dan keuangan.” terhadap badan berita pada kalimat, “Laporan Daya Saing Global (GCR) 2016-2017 yang dipublikasikan Forum Ekonomi Dunia (WEF) pekan lalu menempatkan Indonesia di urutan 41 dari 138 negara, turun dari posisi 37 dari 140 negara pada awal tahun 2015-2016. Dari 12 pilar penilaian, pilar kesehatan dan pendidikan dasar di posisi 100 dan ada tren turun.”
     
  • Korelatif
    Lead berita tersebut dapat membuka jalan pada kalimat, “Rendahnya derajat kesehatan masyarakat membuat daya saing mereka terpuruk.” berhubungan terhadap badan berita pada kalimat, “Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono, di Jakarta, Selasa (4/10), menilai, rendahnya daya saing manusia Indonesia di sektor kesehatan karena banyak pihak tak menyadari derajat kesehatan bernilai ekonomi. “Kesehatan ialah komponen tak terpisahkan dalam lanskap ekonomi negara,” ujarnya.”
     
  • Kredibilitas
    Lead berita tersebut dapat dipertanggungjawabkan dan dipercaya pada kalimat berita, “Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono, di Jakarta, Selasa (4/10), menilai, rendahnya daya saing manusia Indonesia di sektor kesehatan karena banyak pihak tak menyadari derajat kesehatan bernilai ekonomi. “Kesehatan ialah komponen tak terpisahkan dalam lanskap ekonomi negara,” ujarnya.”
 Baca juga : Pengertian dan Teknik-tenik dalam Penulisan BERITA

Penelusuran yang terkait dengan Mengenal Jenis LEAD Dalam menulis BERITA

jenis-jenis lead dalam berita
contoh lead berita
jenis jenis teras berita
jenis jenis lead berita dan contohnya
sebutkan dan jelaskan jenis jenis lead
contoh lead feature deskriptif
penulisan lead
contoh lead berita koran


 " Mengenal Jenis LEAD Dalam menulis BERITA "

No comments:

Post a Comment