[ Contoh ] Perencanaan Program Marketing Public Relations Lomba Mendesain Baju - Dunia Public Relations

Terbaru

Wednesday, October 3, 2018

[ Contoh ] Perencanaan Program Marketing Public Relations Lomba Mendesain Baju






Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga tugas ini dapat tersusun hingga selesai.Harapan kami semoga tugas ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi agar menjadi lebih baik lagi.

Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam proposal ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Depok, November 2017


Penyusun



Daftar Isi

Daftar Isi ……………………………………………………………… i
Kata Pengantar …………………………………..…………......…….. ii
BAB I Pendahuluan
1.1. Informasi Tentang Perusahaan ………………………………...…. 1
1.2. Informasi Tentang Merk Produk/Jasa ……………………………. 1
BAB II Rencana Marketing Public Relations
2.1. Latar Belakang ……………..…………………....……………….. 2
2.1.1. Analisa Produk/Jasa …………………………..………………… 2
2.1.2. Analisa Publik/Target Sasaran ……………..…………………… 3
2.1.3. Analisa Lingkungan …………………......................................... 4
2.2. Market Goal ……………....……………………………................ 6
2.3. Rencana MPR ……………………..……………………………… 6
2.3.1. Sasaran MPR …………………………………………………… 6
2.3.2. Strategi MPR …………………………………………………… 6
2.3.3. Rekomendasi MPR ………………...…………………………… 7
BAB III Program Marketing Publik Relations
3.1. Kegiatan/Event ............................................................................... 10
3.2. Media Publikasi .............................................................................. 12
3.2.1. Media Cetak ................................................................................ 12
3.2.2. Media Elektronik ........................................................................ 13
3.2.3. Media Digital .............................................................................. 16
3.2.4. Media Konvensional ................................................................... 16
BAB IV Penutup
Kesimpulan dan Saran ……………………………..…………………. 17

Baca juga : Perencanaan Program Marketing PR - Hotel Blue Sky

BAB I

Pendahuluan


1.1.Informasi Tentang Perusahaan

Berpengalaman di dunia clothing sejak tahun 2010. Pada saat itu kami memproduksi semua jenis garmen seperti t-shirt, sweater, seragam, gamis, kemeja, jaket, tas, topi, dan produk lainnya, namun sejak tahun 2014, konsumen mengenal kami sebagai vendor sablon dan konveksi bogor yang focus memproduksi t-shirt dan sweater berbahan katun. Agustus 2017 kami menyebut masa ini sebagai masa transisi, manajemen menyetujui dan tidak menggunakan nama atau atribut vendor lama.

Bertepatan dengan kemerdekaan Indonesia, kami hadir dengan nama baru, semangat baru, dan visi misi yang baru, yaitu, Xpertees. Xpertees adalah akronim dari expert yang berarti ahli dan tees yang berarti kaos. Istilah kami t idak hanya memproduksi kaos saja, tapi berdasarkan urutan data, memang lebih banyak yang memesan kaos (termasuk raglan, sweater, dan poloshirt) dibandingkan produk lainnya. Dukungan, dukungan, testimonial dan semangat dari konsumen setia, mendasari kepercayaan diri kami untuk memakai nama tersebut. Kedepannya, kami akan membuka varian produk (seperti seragam dan jaket) untuk kebutuhan konsumen. Semoga dengan nama itu kami mampu mengemban kepercayaan anda untuk menjadi vendor yang bisa diandalkan dalam produk produk berkualitas.


1.2.Informasi Tentang Merk Produk/Jasa

Xpertees adalah akronim dari expert yang berarti ahli dan tees yang berarti kaos. Istilah kami tidak hanya memproduksi kaos saja, tapi berdasarkan urutan data, memang lebih banyak yang memesan kaos (termasuk raglan, sweater, dan poloshirt) dibandingkan produk lainnya. Dukungan, dukungan, testimonial dan semangat dari konsumen setia, mendasari kepercayaan diri kami untuk memakai nama tersebut. Kedepannya, kami akan membuka varian produk (seperti seragam dan jaket) untuk kebutuhan konsumen.


BAB II

Rencana Marketing Public Relations


2.1. Latar Belakang

Memiliki kaos dengan kualitas yang bagus memang bisa menjadi kebanggaan tersendiri, apalagi didukung dengan desain kaos yang unik, ia akan mampu mencuri perhatian banyak orang untuk melihatnya. Hingga saat ini mungkin saja peredaran kaos sebagai busana sehari-hari memiliki jumlah yang paling besar beredar dipasaran jika dibanding dengan produk kemeja atau yang lainnya, karena kaos memang bisa dikat akan lebih fleksibel untuk dipakai untuk semua orang.baik laki-laki, perempuan, anak-anak, orang dewasa bahkan lanjut usia.

Kaos-kaos yang beredar di supermarket, distro-distro maupun pasar umum biasanya memiliki desain kaos yang beragam. Setiap produsen berlomba-lomba untuk bersaing sehingga produknya bisa menjadi yang terbaik dan diminati oleh banyak orang.Agar bisa menjadi pemimpin pasar di dunia per-kaos-an memang dibutuhkan kreativitas dan keberanian untuk membuat produk yang unik dan berbeda dengan yang lain. Produk-produk yang unik ini selain dapat dibuat dengan bahan yang berkualitas, tentu juga harus didukung dengan desain kaos yang kreatif yang tentunya diluar kebiasaan yang ada.

Berangkat dari hal itu kami membuat rancangan program Marketing Public Relation untuk perusahaan Xpertees untuk mewujudkan bukti rasa kepedulian Xpertees terhadap kreatifitas setiap konsumennya, dalam mencoba untuk mendesain kaos idaman mereka sendiri dengan mengadakan event perlombaan membuat desain kaos semenarik mungkin.


2.1.1. Analisa Produk/Jasa

Xpertees adalah akronim dari expert yang berarti ahli dan tees yang berarti kaos. Istilah kami tidak hanya memproduksi kaos saja, tapi berdasarkan urutan data, memang lebih banyak yang memesan kaos (termasuk raglan, sweater, dan poloshirt) dibandingkan produk lainnya.Khusus untuk program marketing public relation kali ini, Xpertees akan lebih menekankan pada produk kaos yang akan diperlombakan desainnya kepada semua konsumen.

Nantinya desain-desain kreatif yang sudah masuk dan diperlombakan ke social media Xpertees akan dinilai. Hasil desain dari pemenang akan menjadi hak milik Xpertees dan diproduksi untuk menjadi produk terbaru Xpertees.


2.1.2. Analisa Publik/Target Sasaran

A. Segmenting
segmentasi memungkin perusahaan untuk lebih fokus dalam mengalokasikan sumber daya. Dengan membagi pasar menjadi segmen-segmen akan memberikan gambaran bagi perusahaan untuk menetapkan segmen mana yang akan dilayani. Dalam event ini segmentasi pasar Xpertees akan terbuka bagi seluruh masyarakat, khususnya para remaja yang memiliki ide-ide kreatif yang ingin mengikuti perlombaan, baik itu dari konsumen tetap maupun mereka yang belum pernah membeli produk Xpertees sama sekali.

B. Targeting
Tindakan mengevaluasi keaktifan daya tarik setiap segmen pasar dan memilih salah satu atau lebih dari segmen pasar tersebut untuk dimasuki. Dalam hal ini Target pasar yang akan dimasuki oleh Xpertees adalah para remaja yang tentunya memiliki idea idea kreatif yang tak terbatas, bahkan mungkin bisa membuat sesuatu desain yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

C. Positioning
Tindakan untuk menempatkan posisi bersaing produk dan bauran pemasaran yang tepat pad a setiap pasar sasaran. Dengan menempatkan produk Xpertees yang utamanya adalah kaos bagi para remaja, yang tentunya pada zaman ini sudah terampil dalam menggunakan teknologi gadget khususnya dalam memanipulasi gambar, maka kemungkinan program ini berjalan dengan lancar akansangat besar.

D. Segmentasi Demografis
  • Gender : Pria; perempuan
  • Umur : 13-17 thn; 18-24 thn; 25-34 thn; dan sebagainya.
  • Segmentasi Psycography
Pembeli akandibagi menjadi kelompok yang berbeda berdasarkan kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian. Untuk program ini sendiri tentunya akan menuntut ke golongan orang-orang yang memiliki kepribadian kreatif dan selalu ingin sesuatu yang berbeda dari yang lainnya.

D. Segmentasi Geografis
Untuk program ini, nantinya tidak akan ada batasan asal peserta perlombaan desain, karena nanti ketentuan dalam mendaftar akan dilakukan secara online melalui akun social media Xpertees. Desain yang sudah peserta buat nantinya diarahkan untuk di daftarkan secara dirct massage ke akun instagram Xpertees untuk di nilai sehingga tidak akan ada peserta lain yang mencotek desain peserta lain.

E. Segmentasi Behaviour
Membagi konsumen ke dalam kelompok berdasarkan penggunaan, loyalitas, atau pembelian terhadap suatu produk/merek. Dalam hal ini Xpertees tidak membataskan peserta yang mengikuti program event baik itu pelanggan lama, pembeli yang baru pertama kali, maupun konsumen biasa bisa mengikuti program ini.

2.1.3. Analisa Lingkungan

A. PEST
  1. Political
    Sesuai dengan peraturan pemerintah di Indonesia untuk mendukung gerakan masyarakat yang kreatif, maka diharapkan program ini dapat dilaksanakan disetiap tahun.
     
  2. Economic
    Dimana nantinya desain hasil dari pemenang perlombaan ini akandigunakan sebagai salah satu dari desain yang akan diproduksi oleh Xpertees. Dan pemenang pertama perlombaan tersebut akan mendapatkan hadiah senilai Rp. 750.000,- beserta satu kaos edisi khusus, yaitu kaos edisi cetakan pertama dari hasil desainnya secara gratis.
     
  3. Social
    Sudah menjadi sifat manusia yang saling membutuhkan dan saling bersosial, Xpertees dapat mewujudkan bukti rasa social dalam diri setiap masyarakat dengan memudahkan mereka dalam mengekspresikan kreatifitas mereka dalam membuat suatu desain baju melalui program marketing ini.
  4. Technology
    Dengan kecanggihan teknologi masa kini, khususnya kemudahan dalam program memanipulasi suatu gambar menjadi desain desain tertentu, dan sudah hampir setiap orang mampu menguasai program tersebut.Tentunya semakin memudahkan program ini berjalan dengan lancar.
B. SWOT
  1. Strenght (S)
    Di zaman yang sudah serba canggih seperti saat ini, terutama kemudahan dalam membuat suatu desain baju yang diinginkan, terlebih banyaknya orang yang sudah menguasai program tersebut. Terlebih semakin banyaknya ide ide kreatif yang bermunculan tentunya diharapkan program ini dapat berjalan dengan lancar sehingga tujuan awal dari program ini terwujud yaitu memasarkan produk Xpertees lebih luas lagi dan memudahkan setiap orang dalam menyalurkan ide-ide kreatifnya.
     
  2. Weakneses (W)
    Tidak semua konsumen memiliki keinginan yang besar untuk sekedar menyalurkan ide ide kreatifnya yang terpendam dan cenderung membiarkannya begitu saja, sehingga mungkin saja program ini tidak bisa merealisasikan target yang sudah ditentukan.
     
  3. Opportunity (O)
    Program ini diharapkan dapat menjadi wadah kreatifitas setiap konsumen dan secara tidak langsung dapat menjadi ajang bagi Xpertees dalam mempeta-petakan seperti apa desain kaos yang sedang diinginkan oleh pasar pada saat ini.Serta dapat memiliki keuntungan besar dari hasil penjualanan produk dari hasil desain dari perlombaan tersebut.
     
  4. Threats (T)
    Adanya kemungkinan kesamaan program Marketing Pulik Relation sejenis dengan perusahaan atau instansi lain tetapi akan terlihat perbedaannya nanti dimata konsumen.

2.2. Market Goal

Dalam event ini market goal dari Xpertees akan terbuka bagi seluruh masyarakat, khususnya para remaja yang memiliki ide-ide kreatif yang ingin mengikuti perlombaan, baik itu dari konsumen tetap maupun mereka yang belum pernah membeli produk Xpertees sama sekali.

2.3. Rencana MPR

Untuk program Marketing Public Relation ini, nantinya Xpertees akan mengadakan suatu perlombaan mendesain sebuah kaos dan tidak akan ada batasan asal peserta perlombaan desain.karena nanti ketentuan dalam mendaftar akan dilakukan secara online, melalui akun social media Xpertees. Desain yang sudah peserta buat nantinya diarahkan untuk di daftarkan secara dirct massage ke akun instagram Xpertees untuk di nilai sehingga tidak akan ada peserta lain yang mencotek desain peserta lain.

Dimana nantinya desain hasil dari pemenang perlombaan ini akan digunakan sebagai salah satu dari desain yang akan diproduksi oleh Xpertees. Dan pemenang perlombaan tersebut akan mendapatkanhadiah senilai Rp. 750.000,- beserta satu kaos edisi khusus, yaitu kaos edisi cetakan pertama dari hasil desainnya secara gratis.


2.3.1. Sasaran MPR

Target program ini yang akan dimasuki oleh Xpertees adalahpara remaja yang tentunya memiliki idea idea kreatif yang tak terbatas, bahkan mungkin bisa membuat sesuatu desain yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.


2.3.2. Strategi MPR

Xpertees akan mengadakan suatu perlombaan mendesain sebuah kaos. Bagi para peserta ketentuan dalam mendaftar akan dilakukan secara online, melalui akun social media Xpertees. Desain yang sudah peserta buat nantinya diarahkan untuk di daftarkan secara dirct massage ke akun instagram Xpertees untuk di nilai sehingga tidak akan ada peserta lain yang mencotek desain peserta lain.

Dan nantinya desain hasil dari pemenang perlombaan ini akan digunakan sebagai salah satu dari desain yang akan diproduksi oleh Xpertees. Dan pemenang perlombaan tersebut akan mendapatkan satu kaos edisi khusus berupa kaos edisi pertama dengan hasil desainnya secara gratis.

2.3.3. Rekomendasi MPR

  1. Pesan
    Dengan diadakannya program marketing Publik Relation oleh Xpertees berupa perlombaan membuat desain kaos semenarik mungkin, diharapkan dapat menimbulkan suatu rasa percaya diri dari setiap orang dalam mengekspresikan setiap ide ide kreatif mereka masing-masing. Selain itu diharapkan pula dapat menimbulkan pesan positif dari setiap konsumen kepada Xpertees bahwa tidak hanya desain dari perusahaan saja yang dibuat, namun Xpertees menerima pula desain desain dari setiap konsumen.
     
  2. Media
    Program ini nantinya akan disebarkan infonya melalui beberapa media seperti:

    - Media Cetak
    • skrip naskah advetorial pada koran
    • Poster
    • Framepress

    - Media Elektronik
    • Radio
    • Media Digital
    • Akun sosial media instagram Xperteesid
     
  3. Program
    Untuk program Marketing Public Relation ini, nantinya Xpertees akan mengadakan suatu perlombaan mendesain sebuah kaos dan tidak akan ada batasan asal peserta perlombaan desain. karena nanti ketentuan dalam mendaftar akan dilakukan secara online, melalui akun social media Xpertees. Desain yang sudah peserta buat nantinya diarahkan untuk di daftarkan secara dirct massage ke akun instagram Xpertees untuk di nilai sehingga tidak akan ada peserta lain yang mencotek desain peserta lain.

    Dimana nantinya desain hasil dari pemenang perlombaan ini akan digunakan sebagai salah satu dari desain yang akan diproduksi oleh Xpertees. Dan pemenang pertama perlombaan tersebut akan mendapatkan hadiah senilai Rp. 750.000,- beserta satu kaos edisi khusus, yaitu kaos edisi cetakan pertama dari hasil desainnya secara gratis.
     
  4. Kalender kegiatan
     
  5. EvaluasiProgram ini dikatakan berhasil jika sudah dibuktikan dengan banyaknya konsumen yang mengikuti program ini dan mendaftarkan hasil desain mereka. Hingga sampai akhirnya terpilih tiga pemenang dan menciptakan suatu keuntungan bagi Xpertees dari hasil penjualanan desain baju tersebut.

BAB III

Program Marketing Publik Relation



3.1. Kegiatan/Event

  1. Nama dan tema EventPelombaan membuat desain kaos sekreatif mungkin. “Maximum Your Creativity”.
  2. Latar Belakang EventKaos-kaos yang beredar di supermarket, distro-distro maupun pasar umum biasanya memiliki desain kaos yang beragam. Setiap produsen berlomba-lomba untuk bersaing sehingga produknya bisa menjadi yang terbaik dan diminati oleh banyak orang.Agar bisa menjadi pemimpin pasar di dunia per-kaos-an memang dibutuhkan kreativitas dan keberanian untuk membuat produk yang unik dan berbeda dengan yang lain. Produk-produk yang unik ini selain dapat dibuat dengan bahan yang berkualitas, tentu juga harus didukung dengan desain kaos yang kreatif yang tentunya diluar kebiasaan yang ada.

    Berangkat dari hal itu kami membuat rancangan program Marketing Public Relation untuk perusahaan Xpertees untuk mewujudkan bukti rasa kepedulian Xpertees terhadap kreatifitas setiap konsumennya, dalam mencoba untuk mendesain kaos idaman mereka sendiri dengan mengadakan event perlombaan membuat desain kaos semenarik mungkin.
     
  3. Waktu dan tempat
    Perlombaan akan berlangsung dari tanggal 1 sampai 28 Januari 2018 di sosial media instagram Xperteesid.
     
  4. Syarat dan Ketentuan
    • Tema desain “maximum your creativity” terkait kreatifitas konsumen dalam mengekspresikan diri.
    • Desain dikirim secara Direct Massage ke instagram @Xperteesid dalam format PNG, JPEG, dan CDR/AI/PSD.
    • Desain adalah hasil karya sendiri dan orisinil, bukan hasil menjiplak atau kombinasi dari hasil karya lain.
    • Hasil desain belum pernah dilombakan sebelumnya.
    • peserta wajib memfollow akun Instagram @Xperteesid.
    • Hak cipta desain dari pemenang akan menjadi milik Xperteesid.
    • Karya desain dikirim paling lambat 20 Januari 2018 ke Instagram @Xperteesid.
    • Pemenang akan diumumkan pada 26-28 Januari 2018 melalui website dan Instagram Xperteesid.
Menangkan hadiah :
  • Juara 1 : Rp. 750.000,- + 1 pieces kaos hasil desainnya
  • Juara 2 : Rp. 500.000,-
  • Juara 3 : Rp. 250.000,-
 
5. Susunan panitia
1.      Ketua panitia   : 1 orang
2.      Sekretaris        : 1 orang
3.      Bendahara       : 1 orang
4.      Humas             : 3 orang
5.      Juri lomba        : 3 orang

6. Anggaran


·                     Hadiah juara 1 : Rp. 750.000,- + 1 baju @Rp. 46.000,-
Juara 2 : Rp. 500.000,-
Juara 3 : Rp. 250.000,-                                    +
Total hadiah                                                                            Rp.1.546.000,-
·                     Media Cetak
-          Poster                          Rp. 15.000,- /100 lmbr. @artpaper
-          Framepress                  Rp. 259.000,- / 1 bingkai
-          Advetorial koran         Rp. 70.000,- / 1 halaman +
Total media cetak                                                                    Rp. 334.000,-
·                     Media Elektronik
-          Iklan di Radio Lesmana FM. 1” – 30”                                               Rp. 130.000,-
·                     Media Digital
-          Paket internet 1 bulan                                                                                     Rp. 60.000,- +
Total                                                                                        Rp. 2.070.000,-

3.2. Media Publikasi

3.2.1. Media Cetak

Maximum Your Creativity

Jakarta, 01 Januari 2018 – Berpengalaman di dunia clothing sejak tahun 2010. Pada saat itu kami memproduksi semua jenis garmen seperti t-shirt, sweater, seragam, gamis, kemeja, jaket, dll. Namun sejak tahun 2014, konsumen mengenal kami sebagai vendor sablon dan konveksi bogor yang fokus memproduksi t-shirt dan sweater berbahan katun. Agustus 2017 bertepatan dengan kemerdekaan Indonesia, kami hadir dengan nama baru, semangat baru, visi misi yang baru yaitu Xpertees. Xpertees adalah akronim dari expert yang berarti ahli dan tees yang berarti kaos. Jadi istilah kami tidak hanya memproduksi kaos saja, tapi berdasarkan urutan data, memang lebih banyak yang memesan kaos dibandingkan produk lainnya.

Untuk program marketing PR ini, pada senin (1/1) Xpertees akan mengadakan perlombaan mendesain kaos dan tidak akan ada batasan asal peserta perlombaan desain. Perlombaan ini diharapkan dapat menimbulkan rasa percaya diri dari setiap orang.

Dan juga nantinya ketentuan dalam mendaftar akan dilakukan secara online, melalui akun social media Xpertees. Dimana nantinya hasil desain dari pemenang perlombaan ini akan digunakan sebagai salah satu dari desain yang akan diproduksi oleh Xpertees. Proses penilaian hasil desain akan dilakukan pada tanggal 21-25 Januari 2018 & (26-28/1) pengumuman pemenang perlombaan melalui website dan instagram Xperteesid.
  • Juara I dari pemenang masing-masing lomba tersebut berhak mendapatkan Rp.750.000,- + 1 piece kaos hasil desainnya.
  • Juara II dari pemenang masing-masing lomba tersebut berhak mendapatkan Rp.500.000,-
  • Juara III dari pemenang masing-masing lomba tersebut berhak mendapatkan Rp.250.000,-
Dengan adanya acara ini dapat mendukung gerakan masyarakat lebih kreatif dan yang pasti akan dilaksanakan setiap tahun, khususnya memudahkan dalam program memanipulasi suatu gambar menjadi desain dan semakin memudahkan program ini berjalan dengan lancar.


3.2.2. Media Elektronik


SKRIP SIARAN RADIO

Hallo... selamat pagi para pendengar setia LesmanaFM yang mungkin sedang duduk santai di rumah atau yang lagi ada di jalan ke kantor maupun sekolah, ada event seru nih yang bisa kalian ikutin di awal tahun baru 2018 nanti khususnya buat pendengar setia dari Bogor.

Xpertees akan mengadakan lomba mendesain kaos mereka yang akan dimulai dari tanggal 1 januari nanti, kenapa kalian harus ikut banget event ini, karena kalian akan memperebutkan hadiah sebesar 750 ribu rupiah plus 1 kaos hasil desain kalian secara gratis. Khususnya buat yang suka mendesain baju dan menyalurkan ide ide kreatif kalian baik itu dari kalangan remaja maupun sampai yang sudah berumur kalian bisa ikutan lomba ini.

Caranya gampang banget kalian tinggal daftarkan diri kalian beserta hasil desain kalian ke intagram resmi Xperteesid dari tanggal 1 januari 2018 nanti dan pendaftaran paling lambat di tanggal 20 januari. Informasi lebih lengkap bisa kalian lihat di instagram resmi di @xperteesid, inget ya pakai @. Lets maximum your creativity.

3.2.3. Media Digital




3.2.4. Media Konvensional



BAB IV

Penutup



Kesimpulan

Dalam sebuah kalimat. Kata “Desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja “Desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan objek baru”. Sebagai kata benda, “desain digunakan untuk menyebut hasil ahir dari sebuah proses kreatif. Baik itu berwujud sebuah rencana,proposal ,atau berbentuk benda nyata. Arti kata dari fashion itu sendiri memiliki banyak sisi. Menurut Troxell dan Stone dalam bukunya fashion merchandising. Fashion didefinisikan sebagai gaya yang diterima dan digunakan oleh mayoritas anggota kelompok dalam satu waktu tertentu.


Saran

Karena desain fashion merupakan bagian penting seseorang dan memiliki makna dalah sebuah seni itu sendiri. Maka dari itu desain dan fashion harus ada dalam kehidupan. Jika tidak ada fashion maka seseorang terlihat polos saja tidak memiliki seni. Dan jika tidak ada desain maka semua terlihat tidak menarik. Oleh karna itu,desain dan fashion harus dikembangkan dan dipertahankan untuk menambah nilai seni yang indah

Daftar Referensi
https://www.instagram.com/xperteesid/
https://xpertees.co.id/tentang/





HASIL PENILAIAN PRESENTASI
RENCANA MARKETING PUBLIC RELATIONS

MAHASISWA PUBLIC RELATION AKOM BSI JAKARTA;
Kampus                       :
Kelas                           :
Nama Kelompok         :
Anggota Kelompok     :
            No       NIM                NAMA
            1.         41150097        TEGAR TRISNA BIMBIANA
            2.         41150198        ANINDYA NUR ALIFA
            3.         41150148        RIA DEWI

PERUSAHAAN/INSTANSI :
Nama Perusahaan        :
Nama Poduk/Jasa        :
Nama Penilai               :
Jabatan                        :
CATATAN HASIL PRESENTASI (KRITIK/SARAN) :
1.
2.
3.

Bogor,                                     2017




(                                                           )

Catatan : dibubuhi stempel perusahaan pada Ttd









Penelusuran yang terkait dengan [ Contoh ] Perencanaan Program Marketing Public Relations Lomba Mendesain Baju

strategi marketing public relations dalam membentuk citra perusahaan
strategi marketing public relations dalam mempertahankan loyalitas pelanggan
strategi marketing public relations dalam meningkatkan jumlah customer
strategi marketing public relations dalam meningkatkan brand awareness
jurnal marketing public relations
contoh kasus marketing public relations
contoh iklan marketing public relations
contoh program marketing public relations

" [ Contoh ] Perencanaan Program Marketing Public Relations Lomba Mendesain Baju "

No comments:

Post a Comment