[ Contoh ] Makalah Perspektif Komunikasi & Tipe-tipe Komunikasi - Dunia Public Relations

Terbaru

Monday, October 29, 2018

[ Contoh ] Makalah Perspektif Komunikasi & Tipe-tipe Komunikasi

[ CONTIH ] MAKALAH PERSPEKTIF KOMUNIKASI
& TIPE-TIPE KOMUNIKASI

Berikut ini adalah sebuah Makalah tentang Perspektif & Tipe-tipe Komunikasi yang dikirim oleh Nabiilah Syafira Aziz. Semoga dapat menjadi refrensi teman - teman semua dalam mengerjakan tugas kuliah terutama mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi
 

Perspektif Komunikasi


tipe komunikasi, perspektif komunikasi
Baca: Pengertian dan Makna Proses Komunikasi
Komunikasi pada dasarnya dapat dilihat dari berbagai perspektif, yakni komunikasi sebagai proses, komunikasi sebagai simbolik, komunikasi sebagai sistem, komunikasi sebagai transaksional, komunikasi sebagai aktivitas sosial, komunikasi sebagai multidimensional.

1. Komunikasi Sebagai Proses
Komunikasi dipandang sebagai proses adalah suatu kegiatan yang berlangsung secara dinamis. Dalam komunikasi antarpribadi, contoh proses adalah kegiatan pengiriman pesan dari seseorang kepada orang lain. Sedangkan pada komunikasi massa contohnya adalah dimulai dari kegiatan pengumpulan, pengolahan dan penyebaran berita dari penerbit kepada khalayak.

2. Komunikasi Sebagai Simbolik
Komunikasi dipandang sebagai simbolik adalah suatu kegiatan yang membawa pernyataan dan diberi arti oleh penerima. Contohnya polisi lalu lintas yang tidak bisa berdiri terus di persimpanagan jalan, maka lampu lalu lintas yang mengganti peran polisi tersebut.

3. Komunikasi Sebagai Sistem
Komunikasi dipandang sebagai sistem adalah suatu kegiatan yang dimana seperangkat komponen saling bergantung satu sama lain. Contohnya adalah sebuah mesin tidak boleh salah satu komponennya tidak berfungsi dengan baik, karena mesin tersebut secara otomatis tidak dapat berjalan secara normal.

4. Komunikasi Sebagai Transaksional 
 Komunikasi dipandang sebagai transaksional adalah suatu kegiatan yang tidak akan pernah terjadi tanpa melibatkan orang lain. Makna lain adalah pengiriman dan penerimaan pesan yang berlangsung secara terus menerus dalam sebuah episode komunikasi.

5. Komunikasi Sebagai Aktivitas Sosial
Komunikasi dipandang sebagai transaksional adalah suatu kegiatan yang menjembatani untuk para pengambil kebijakan. Contohnya adalah dalam konteks bisnis diperlukan aktivitas komunikasi periklanan dalam mempersuasi masyarakat untuk membeli barangnya.

6. Komunikasi Sebagai Multidimensional
Komunikasi dipandang sebagai multidimensional adalah suatu kegiatan yang dibangun lebih dari satu hubungan. Makna lain adalah sebuah elemen bisa saja memengaruhi dan dipengaruhi oleh satu unsur atau lebih, jadi sumber tidak hanya memengaruhi pesan, namun juga bisa memengaruhi saluran dan penerima.

Tipe-Tipe Komunikasi

1. Komunikasi Diri Sendiri
Komunikasi diri sendiri adalah proses komunikasi dengan dirinya sendiri. Terjadinya proses ini karena seseorang telah memberikan arti terhadap suatu objek yang diamatinya. Objek tersebut bisa seperti benda, peristiwa atau pun pengalaman yang mengandung arti bagi seseorang tersebut.

Setelah itu, objek yang diamati mengalami proses pengembangan dalam pikiran manusia setelah mendapat rangsangan dari panca inderanya. Hasil dari proses tadi akan memberi pengaruh pada pengetahuan, sikap dan prilaku.

2. Komunikasi Antar Pribadi
Komunikasi antar pribadi adalah proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara tatap muka. Komunikasi antar pribadi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu komunikasi diadik dan kelompok kecil. Komunikasi diadik adalah proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang secara tatap muka.

Komunikasi berlangsung dalam suasana bersahabat, informal dan dalam situasi yang intim, dalam serta personal. Sedangkan komunikasi kelompok kecil adalah proses komunikasi yang berlangsung antara tiga orang atau lebih namun masih dalam kelompok kecil yang tatap muka dan saling berinteraksi.

3. Komunikasi Publik
Komunikasi publik adalah komunikasi yang menunjukan suatu proses komunikasi yang pesan-pesannya disampaikan oleh pembicara dalam situasi tatap muka di depan khalayak. Ciri komunikasi publik adalah pesan yang disampaikan tidak spontanitas namun terencana dan disiapkan dari awal. Contohnya khotbah, rapat akbar, kuliah umum, pengarahan.

4. Komunikasi Massa
Komunikasi massa adalah proses komunikasi yang pesannya dikirim dari sumber yang melembaga kepada khalayak yang sifatnya massal melalui alat seperti radio, televisi, surat kabar. Ciri komunikasi massa adalah sifat pesannya terbuka dengan khalayak yang variatif seperti dari segi usia, agama, suku, atau pun pekerjaan.

Source : Buku Pengantar Ilmu Komunikasi oleh Prof. Dr. H. Hafied Cangara, M.Sc.

Baca juga:Memahami Komunikasi dalam Kelompok dan Organisasi

Penelusuran yang terkait dengan [ Contoh ] Makalah Perspektif Komunikasi & Tipe-tipe Komunikasi

makalah komunikasi pdf
makalah komunikasi doc
makalah ilmu komunikasi pdf
makalah yang berhubungan dengan ilmu komunikasi
makalah komunikasi umum
makalah proses komunikasi
kata pengantar makalah komunikasi
makalah teori komunikasi massa

 " [ Contoh ] Makalah Perspektif Komunikasi & Tipe-tipe Komunikasi "

No comments:

Post a Comment