[ Contoh ] Makalah Komunikasi Antar Budaya - Budaya Amerika - Dunia Public Relations

Terbaru

Thursday, October 11, 2018

[ Contoh ] Makalah Komunikasi Antar Budaya - Budaya Amerika

[ CONTOH ] MAKALAH KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA
BUDAYA AMERIKA

Daftar Isi
Daftar Isi ……………………………………………………………… ..........i
Kata Pengantar …………………………………..………………………….. ii
BAB I PENDAHULUAN
Negara Amerika Serikat.......... ………………………………………............ 1-2
BAB II LANDASAN TEORI
Salam dan Etika ……………..........................………....…………………….. 3
Pakaian dan Musik …………………………...................………………….... 4
Kehidupan kampus, olahraga …………………............................................... 5
Festival dan Hari Besar Amerika …………………………………................ 6-7
Makanan ……………………………………………….................................. 8-9
BAB III PENUTUP
Kesimpulan ………................………………………………………………. 10


KATA PENGANTAR

Assalamu`alaikum Wr. Wb.


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berkat limpahan rahmat dan karuniaNya sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah Komunikasi Antar Budaya : Amerika Serikat dengan baik dan tepat waktu.

Tak lupa pula kami haturkan shalawat serta salam kepada junjungan alam Nabi Muhammad SAW yang telah membawa cahaya keimanan pada diri setiap insan. Makalah yang kami susun ini berisi tentang penjabaran rinci mengenai bagaimana hakikat, jenis, fungsi, tujuan, faktor pemicu beserta alasan-alasan pentingnya komunikasi antarbudaya untuk dilakukan.

Tak lupa pula kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini. Kami menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi penyempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini kedepannya dapat bermanfaat bagi semua pihak khususnya bagi mahasiswa lainnya.

Demikian makalah ini kami sampaikan, kurang dan lebihnya mohon maaf.
Sekian.
Depok, 25 Desember 2016


Baca : Makalah Budaya Jepang - Komunikasi Antar Budaya

BAB I

PENDAHULUAN


Negara Amerika Serikat

Amerika Serikat (United States of America - USA atau United States - U.S.) adalah sebuah republik federal yang terdiri dari 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. Kecuali Alaska (utara Kanada) & Hawaii (lautan Pasifik), 48 negara bagian lainnya serta distrik federalnya terletak di Amerika Utara. Amerika Serikat berbatasan dengan Meksiko dan Teluk Meksiko di sebelah selatan, dan dengan Kanada di sebelah utara dan barat laut (eksklave Alaska). Di sebelah barat negara ini berbatasan dengan Samudra Pasifik dan di sebelah timur dengan Samudra Atlantik. Selain itu, Amerika Serikat juga "memiliki" beberapa daerah di Karibia dan Pasifik, walaupun wilayah tersebut bukanlah bagian dari Amerika Serikat.

Negara Amerika Serikat pada awal-awal berdirinya memberlakukan kebijakan buka pintu bagi para imigran yang datang dari seluruh dunia. Para imigran yang datang ke Amerika, dan kemudian memilih untuk menetap dan menjadi warga Amerika, oleh pemerintah diminta untuk tidak meninggalkan kebudayaannya dan tetap mempraktekannya selama tinggal di Amerika. Hal tersebut membuat budaya Amerika Serikat menjadi multikultural. Berbagai macam budaya dunia bercampur, namun budaya country dan koboi umumnya menjadi salah satu lambang dan ciri khas yang terkenal di amerika.

Masyarakat Amerika Serikat mengakui mereka tidak memiliki budaya khusus turun temurun, melainkan menganggap bahwa budaya mereka adalah budaya untuk "berusaha menjadi yang terbaik". Karena tidak ada faktor kasta, agama, dan budaya yang menghalangi hal ini, masyarakat di negara tersebut mempercayai, seseorang yang berusaha untuk menjadi yang terbaik, akan dapat menjadi yang terbaik.

BAB II 

LANDASAN TEORI


Kebudayaan Negara Amerika Serikat

  1. Salam
    Mengucapkan salam di Amerika Serikat cenderung informal, pastikan Anda tersenyum dan memanggil seseorang dengan menggunakan nama pertama mereka. Selain itu, Jika Anda sedang bersama teman-teman Anda, jangan lupa untuk saling memperkenalkan mereka. Jabat tangan dan ucapan "Hello" merupakan hal yang umum dipergunakan untuk memulai percakapan. Warga Amerika cenderung berbicara terbuka apa adanya. Jangan tersinggung dengan ucapan mereka, karena mereka pada dasarnya tidak menyukai obrolan yang sekedar basa basi.
  2. Etika
    Acara makan malam di Amerika Serikat cenderung santai dan informal sehingga janganlah kaget bila Anda menghadiri suatu perjamuan makan malam dimana para hadirin berpakaian santai. Yang harus diingat disana adalah mulailah makan ketika sudah dipersilahkan oleh sang Tuan Rumah.
  3. Pakaian ( Fashion )
    Kota New York, yang terkenal sebagai pusat mode di dunia. Di New York juga terdapat Broadway, yang terkenal akan produksi teaternya, yang selalu mengadakan tur keliling kota. Penduduk di bagian timur cenderung berpakaian lebih formal dibanding di daerah barat. Mahasiswa disana cenderung untuk memakai sesuatu yang nyaman dan cenderung kasual. Bila Anda menghadiri interview, tentunya Anda tetap harus hadir dalam pakaian yang lebih formal.
  4. Musik
    Industri musik di Amerika merupakan industri musik kedua terbesar di dunia. Musik di Amerika Serikat adalah refleksi dari populasi multi-etnis dengan berbagai gaya bermusiknya. Musik di Amerika Serikat adalah campuran dari musik yang terpengaruh dari (antara lainnya) Afrika Barat, Irlandia, Skotlandia, Meksiko, dan Musik Kuba. Musik Amerika Serikat yang paling terkenal secara internasional adalah jazz, blues, country, bluegrass, rock, rhythm & blues, ragtime, hiphop, pop, dance, dan rock and roll.
     
  5. Kehidupan Kampus
    Amerika Serikat juga menjadi pusat pendidikan yang berkualitas tinggi. Negara Amerika Serikat memiliki lebih dari 1.500 universitas, kolese, dan berbagai institusi pendidikan, beberapa di antaranya terkenal di seluruh dunia. Di Amerika Serikat banyak terdapat tempat-tempat berjudi seperti di kota Las Vegas yang dikenal sebagai Sin City (Kota Penuh Dosa).

    Kehidupan kampus di Amerika Serikat sangat berbeda dengan yang biasa Anda rasakan. Disana, suasana belajar cenderung santai dan informal. Di Amerika, tidak perlu malu untuk bertanya. Para staf kampus cukup dekat dengan para mahasiswa, dimana para mahasiswa selalu didorong untuk datang ke kantor dan mendiskusikan apa saja, dari kesulitan dalam belajar hingga masalah pribadi. Mayoritas kampus juga menyediakan perkumpulan mahasiswa dan pelayanan khusus untuk mahasiswa internasional.
     
  6. Olahraga
    Amerika terkenal akan banyak hal, tetapi olahraga, musik dan seni memegang peranan penting dalam kebudayaan disana. Olahraga yang paling populer di amerika adalah American Football, baseball, bola basket dan ice hockey. Amerika Serikat telah banyak memenangkan medali emas dan meraih berbagai penghargaan di pertandingan Olimpiade. Olahraga college juga berperan penting dalam kebudayaan olahraga di Amerika.
     
  7. Festival dan Hari Libur Amerika

    • HalloweenOrang akan berlomba untuk berpesta kostum. Hari Halloween selalu jatuh pada tanggal 31 Oktober. Asal mula Halloween adalah dari Irlandia, yakni dari kebudayaan Gael. Pada masa lampau tersebut, orang menggunakan topeng berpura-pura sebagai roh jahat dan berdamai dengan roh-roh jahat pada suatu hari khusus dimana pembatas dunia orang mati dan hidup terbuka.
      Pada pesta Halloween di Amerika, anak-anak biasanya akan berkeliling dari rumah ke rumah dan meminta permen atau coklat. Rumah-rumah biasanya dihiasi dengan symbol-simbol yang menyeramkan. Simbol utama dalam perayaan Halloween adalah labu, biasanya labu diukir menjadi bentuk wajah menakutkan dan disinari lampu dari dalam. Di kota New York, biasanya ada pawai kostum yang sangat ramai. 
       
    • Thanksgiving
      Adalah hari pengucapan syukur dalam tradisi orang Amerika. Hari thanksgiving selalu jatuh pada hari Kamis minggu keempat di bulan November dan menjadi hari libur resmi. Thanksgiving sendiri merupakan hari untuk mengucapkan syukur dan memuji Tuhan atas panen yang diberikan, jadi terjadi di akhir musim panen.

      Unsur keagamaan sekaligus menjadi tradisi dalam perayaan ini. Pada perayaan thanksgiving, seluruh keluarga dan sanak saudara berkumpul bersama. Hidangan yang wajib dalam perayaan.

      Thanksgiving adalah seekor kalkun panggang dengan saus kranberi. Karena asal Thanksgiving dari kaum Pilgrim, maka hidangannya juga dibuat dari bahan makanan asli Amerika Utara yang dulu pernah diberikan oleh suku Indian kepada kaum Pilgrim.
       
    • Christmast
      Setelah dua hari libur di atas, tibalah perayaan hari Christmast atau sering dikenal dengan hari Natal. Hari Christmast merupakan hari raya keagamaan Kristen dan Katolik, untuk merayakan lahirnya Juru Selamat yakni Yesus Kristus. Hari raya Natal jatuh pada tanggal 25 Desember. 

      Saat-saat menjelang Christmast, orang akan menghiasi rumah mereka dengan pohon Natal, lampu-lampu, tulisan Merry Christmast, bahkan boneka salju karena Christmast di Amerika jatuh pada musim dingin. Pada malam sebelum Christmast, orang Kristen akan pergi ke gereja. Hari raya ini juga dijadikan sebagai waktu untuk berkumpul dan makan malam bersama keluarga.
     
  8. Makanan
    • Burger
      Menjadi salah satu makanan paling terkenal dari Amerika yang telah mendunia. Burger merupakan perpaduan dua buah roti bulat yang ditengahnya disisipi dengan berbagai macam bahan. Bahan untuk mengisi burger adalah daging bisa daging sapi maupun ayam, keju umumnya keju mozzarella yang meleleh, sayuran seperti selada, tomat, paprika maupun ketimu ditambah dengan bumbu mayonese dan saos tomat atau saos sambal. Burger adalah masakan Amerika yang praktis untuk dibuat.
       
    • Fried chicken
      Adalah sajian ayam yang diberi tepung dengan bumbu lalu digoreng dalam minyak panas. Fried chicken juga merupakan masakan popular yang mendunia. Ciri khas fried chicken Amerika adalah tepungnya yang kering, krispi dan berwarna coklat serta berbumbu khas. Biasanya fried chicken disajikan dengan kentang goreng atau nasi dan dipilih sebagai makanan berat yang mengenyangkan.
       
    • Succotash
      Adalah sajian dengan bahan utama jagung dan berbagai kacang-kacangan. Pelengkap succotash yang lain adalah tomat, paprika merah atau hijau dan berbagai macam sayuran. Masakan Amerika ini relatif murah dan bahannya mudah didapat.  

BABIII

PENUTUP

Kesimpulan

Amerika adalah sebuah negara multikultural, artinya banyak kebudayaan yang memepengaruhi peradabannya hingga sekarang. Ada sisi positif dan negatif hingga menjadikan budaya Amerika sebagai momok bagi bangsa timur, khususnya Indonesia. Nilai positifnya adalah Amerika memiliki budaya kerja keras dan menjadi lebih baik. Dimana mereka selalu bekerja keras untuk mencapai segala sesuatunya. Mereka selalu ingin lebih baik dari hari ke hari.

Salah satu ciri kebudayaan Amerika Serikat adalah menjunjung tinggi kebebasan, dimana semua orang berhak melakukan sesuatu selama tidak ada paksaan dan mentaati hukum. Contohnya, perjudi dan pelacuran diperbolehkan. Tapi mereka melakukan itu harus memenuhi syarat, baru bisa melakukan bisnis itu. Seperti contohnya pelacuran, mereka bebas menjadi pelacur selama mereka di atas 18 tahun, kurang dari itu, tidak boleh. Dan sisi negatif dari budaya kebebasan ini hasilnya adalah free-sex (seks bebas). Apalagi setelah era globalisasi dimana setiap orang bisa mengakses situs porno dengan mudah, hingga banyak dari generasi Indonesia yang terjerumus ke seks bebas.

Baca juga : Makalah Perbedaan Komunikasi Budaya [ Jawa - Kalimantan ]

Penelusuran yang terkait dengan [ Contoh ] Makalah Komunikasi Antar Budaya - Budaya Amerika

makalah komunikasi lintas budaya pdf
makalah komunikasi antar budaya dalam kehidupan sehari-hari
makalah komunikasi antar budaya dalam bisnis
makalah lintas budaya pdf
contoh komunikasi antar budaya
contoh fenomena komunikasi lintas budaya
contoh kasus komunikasi lintas budaya di indonesia
makalah komunikasi lintas budaya doc

" [ Contoh ] Makalah Komunikasi Antar Budaya - Budaya Amerika "

No comments:

Post a Comment