[ Contoh ] Kerangka Penelitian Kualitatif di Bidang HUMAS & Press Release - Dunia Public Relations

Terbaru

Wednesday, September 26, 2018

[ Contoh ] Kerangka Penelitian Kualitatif di Bidang HUMAS & Press Release

[ CONTOH ] KERANGKA PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG HUMAS
& PRESS RELEASE


“ Strategi Humas Bank Indonesia dalam Peluncuran Kartu Debit Berlogo Gerbang Pembayaran Nasional “


A. Latar Belakang

Strategi merupakan bagian dari hidup manusia. Strategi itu sendiri lahir dari logika manusia yang menginginkan segala sesuatunya berjalan sesuai dengan apa yang telah ia rencanakan. Demikian pula dengan strategi Public Relations (PR) yaitu bagaimana merancang mengatasi kendala-kendala yang akan dihadapi oleh masyarakat maupun instansi. Tujuan sentral Public Relations adalah mengacu kepada kepentingan pencapaian sasaran (target) yaitu masyarakat.

Kartu debit adalah sebuah kartu pembayaran secara elektronik yang diterbitkan oleh bank. Kartu ini dapat berfungsi sebagai pengganti pembayaran dengan uang tunai. Kartu ini mengacu pada saldo tabungan bank anda di bank penerbit tersebut. Fungsi dari kartu debit adalah untuk memudahkan pembayaran ketika berbelanja tanpa harus membawa uang tunai. Dalam beberapa kasus, nomor rekening primer diberikan secara eksklusif untuk digunakan di Internet dan tidak ada kartu fisik. Di banyak negara, penggunaan kartu debit telah menjadi begitu luas karena dapat menggantikan pembayaran melalui cek ataupun uang tunai. Tidak seperti kartu kredit dan kartu bayar, pembayaran menggunakan kartu debit langsung ditransfer dari rekening bank pemegang kartu, bukan mereka membayar kembali uang tersebut di kemudian hari.

Sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain. Untuk mencapai tujuan tersebut Bank Indonesia didukung oleh tiga pilar yang merupakan tiga bidang tugasnya. Ketiga bidang tugas ini adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia. Ketiganya perlu diintegrasi agar tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Salah satu cara Bank Indonesia dalam mencapai tujuan dari tugasnya untuk menjaga kelancaran sistem pembayaran yaitu dengan cara Meluncurkan Kartu Debit Berlogo Gerbang Pembayaran Negara.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh Strategi Humas Bank Indonesia dalam Peluncuran Kartu Debit Berlogo Gerbang Pembayaran Nasional.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
  1. Bagaimana Strategi Humas Bank Indonesia dalam Peluncuran Kartu Debit Berlogo Gerbang Pembayaran Negara.
  2. Tujuan Bank Indonesia meluncukan Kartu Debit Berlogo Gerbang Pembayaran Negara.
  3. Manfaat bagi Masyarakat jika menggunakan Kartu Debit Berlogo Gerbang Pembayaran Negara.


C. Teknik pengumpulan data

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik Observasi. Yaitu dengan cara mengumpulkan data dari beberapa sumber halaman web mengenai kasus yang sedang di teliti.

D. Metode analisa data

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisa data berupa penarikan kesimpulan. Yaitu dengan cara menarik kesimpulan dari isi artikel beberapa halaman web mengenai kasus yang sedang di teliti.

E. Konsep-konsep yang berkaitan dengan judul penelitian

Dalam penelitian ini, konsep konsep yang terkait dalam judul penelitian adalah :
  • Strategi humas bank Indonesia
  • Peluncuran kartu debit berlogo GPN

Press Release

3 Mei 2018
PRESS RELEASE


Bank Indonesia dan Perbankan Meluncurkan Kartu Berlogo GPN

Bank Indonesia dan Perbankan meluncurkan Kartu Berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sebagai wujud interoperabilitas (saling dapat dioperasikan) secara penuh dalam ekosistem pembayaran retail, pada hari ini (03/05) di Jakarta. Acara peluncuran Kartu Berlogo GPN dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo, bersama dengan Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sosial Idrus Marham, Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Heru Kristiyana dan Ketua Umum Perbanas Kartika Wirjoatmodjo.

GPN telah diimplementasikan secara penuh dan digunakan secara luas oleh masyarakat berkat kerjasama yang harmonis dan sinergis antara Bank Indonesia dengan Pemerintah, OJK serta industri perbankan dan sistem pembayaran. GPN menjadi langkah terobosan dalam rangka menghilangkan fragmentasi layanan pembayaran retail sehingga masyarakat dapat mengakses layanan sistem pembayaran yang lebih efisien melalui interkoneksi dan interoperabilitas. Demikian disampaikan Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo dalam sambutannya.

Penggunaan kartu berlogo GPN memberikan kemanfaatan bagi masyarakat luas. Masyarakat dapat menggunakan kartu ATM/debet dengan logo GPN di seluruh ATM dan terminal pembayaran dalam negeri. Selanjutnya, masyarakat dapat bertransaksi menggunakan kartu berlogo GPN dengan biaya lebih rendah. Bahkan, khusus bagi penerima bantuan sosial pemerintah, tidak dikenakan biaya pada saat melakukan pencairan. Bagi bank, kehadiran GPN dapat memperluas akseptasi nasabah melalui kemudahan akses terhadap seluruh kanal pembayaran. Bank tidak perlu berkompetisi dalam menyediakan infrastruktur kanal pembayaran, sehingga dapat lebih leluasa dan fokus dalam meningkatkan kualitas layanan kepada nasabahnya.

Untuk mendukung implementasi GPN, pada kesempatan tersebut, juga disampaikan pernyataan komitmen dari 3 Lembaga GPN, yaitu Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) yang bertugas sebagai lembaga standar kartu ATM/Debet dan uang elektronik; Artajasa, Rintis, Alto dan Jalin yang bertugas menyelenggarakan pemrosesan data transaksi pembayaran domestik secara aman dan efisien sebagai Lembaga Switching; serta PT Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN) sebagai Lembaga Services yang bertugas antara lain untuk menjaga keamanan transaksi pembayaran dan kerahasian data nasabah, mengembangkan sistem untuk pencegahan fraud serta menangani perselisihan transaksi pembayaran dalam rangka perlindungan konsumen.

###

Jakarta, 3 Mei 2018

Departemen Komunikasi


Agusman
Direktur Eksekutif

Contact Center BICARA : (62 21) 131 e-mail : bicara@bi.go.id

Baca : Contoh proposal riset program marketing ke Perusahaan

Penelusuran yang terkait dengan Kerangka Penelitian Kualitatif

kerangka penelitian kualitatif dan kuantitatif
pengertian kerangka penelitian
contoh penelitian kualitatif
contoh kerangka penelitian sederhana
kerangka penelitian ilmiah
kerangka penelitian pdf
uraikan metode kualitatif menurut pendapatmu
kerangka penelitian sosiologi

" [ Contoh ] Kerangka Penelitian Kualitatif di Bidang HUMAS & Press Release "

No comments:

Post a Comment