[ Contoh ] Kerangka Penelitian Kualitatif di bidang Kehumasan + Press Release - Dunia Public Relations

Terbaru

Monday, September 24, 2018

[ Contoh ] Kerangka Penelitian Kualitatif di bidang Kehumasan + Press Release

[ CONTOH ] KERANGKA PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG KEHUMASAN
+ PRESS RELEASE
kerangka penelitian komunikasi,riset komunikasi, contoh kerangka riset komunikasi
A. Judul Penelitian
STRATEGI HUMAS POLRI DALAM MENGUATKAN TIM
MEDIA SOSIAL DAN MEDIA ONLINE

B. Latar BelakangPolri adalah alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri (Undang-Undang Nomor 2/2002 Pasal 5 ayat (1) Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia).

Dalam meningkatkan pengayoman keoada masyarakat Polri sendiri memiliki Tim khusus untuk Media Sosial dan Media Online diama tim ini bertugas memanajemen keamanan media seperti media Sosia dan media Online.

Strategi dalam sebuah perusahaan sangat diperlukan supaya langkah-langkah yang aka dilakukan demi kepentingan perusahaan lebih terarah dan mencapai hasil yang diinginkan. Menurut Onong Uchjana Effendi dalam buku berjudul “Dimensi-dimensi Komunikasi” menyatakan bahwa : “Strategi komunikasi merupakan panduan dari perencanaan komunikasi (communication planning) dan manajemen (communications management) untuk mencapai suatu tujuan.

Dalam hal ini peran Humas Polri sangat penting dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pelatihan maupun workshop yang bersifat membangun dan memperkuat publik internal khususnya tim media sosial dan media online.

Hal inilah yang telah dilakukan oleh Divisi Humas Polri Wilayah Hukum Polda Kalimantan Barat pada 7 Agustus 2018 seperti di lansir dari http://tribratanews.polri.go.id dan hal inilah yang kemudian menarik minat penulis untuk melakukan riset dengan judul :

strategi humas polri dalam menguatkan tim
Media sosial dan media online

C. Rumusan Masalah

“BAGAIMANA STRATEGI HUMAS POLRI DALAM MENGUATKAN TIM
MEDIA SOSIAL DAN MEDIA ONLINE DAPAT DIKATAKAN EFEKTIF?”

D. Metode Pengumpulan Data

Dalam penelitian kualitatif pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer, sumber data sekunder dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi, wawancara mendalam (in depth interview). Dan berikut metode penelitian yang akan digunakan dalam riset tersebut :
  1. Observasi
    Observasi atau pengamatan adalah kegiatan keseharian manusia dengan menggunakan pancaindra mata sebagai alat bantu utamanya, disamping indra lainnya seperti telinga, hidung, mulut, dan kulkit. Karena itu, observasi adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan pengamatannya melalui hasil kerja pancaindra mata serta dibantu dengan panca indra lainnya. Bungin (2013:142).

    Dalam hal ini penulis akan mengadakan pengamatan terhadap efektifitas dari diadakanya workshop penguatan tim media sosial dan media online tersebut seperti apakah pemberirtaan Hoax sudah menurun? Aoakah solidaritas Tim media sosial dan media online semakin meningkat? 
  2. WawancaraWawancara mendalam adalah suatu teknik dalam penelitian kualitatif, di mana seorang responden atau kelompok responden mengkomunikasikan bahan-bahan dan mendorong untuk didiskusikan secara bebas (Dun 2014:163).

    Pada saat proses penelitian, beberapa kali dilakukan wawancara dengan pihak Humas dari Polda Kalimantan Barat serta peserta workshop yang hadir.

E. Pendekatan Penelitian Kualitatif

Analisis data kualitatif adalah upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensistesiskannya, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. (Bogdan & Biklen dalam Ibrahin 2015:107).

Dari definisi di atas dapat dipahami bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang di alami subjek penelitian misalnya perilaku, ucapan, tulisan, dan lain-lain dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif.

F. Konsep Konsep Terkait Judul Penelitian

Dalam penelitian ini penulis berusaha menjelaskan tentang “Strategi humas polri dalam menguatkan tim Media sosial dan media online” yang merupakan konsep dalam penelitian ini. Seperti yang sudah dijelaskan diatas tentang strategi komunikasi maka peneliti akan mengaitkan dengan konsep atau judul yang telah dibuat.

PRESS RELEASE

Press realese
Pontianak, 07 Agustus 2018

HUMAS POLRI MELAKSANAKAN
WORKSHOP PENGUATAN TIM MEDIA SOSIAL DAN MEDIA ONLINE

Pontianak, 07/08/2018 Divisi Humas Polri adakan Workshop Media Sosial dan Media Online demi tingkatkan kualitas manajemen media, bertempatdi Ballroom Hotel Kapuas Palace Pontianak, acara ini juga dihadiri oleh Karo Multemedia Divisi Humas Polri Brigjen Pol.Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum beserta Tim dan Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Pol Sri Handayani serta Pejabat Utama Polda Kalbar atau yang mewakili dan diikuti oleh seluruh Jajaran Polda Kalbar.
Wakapolda Kalbar.berpendapat “Guna meningkatkan kualitas manajemen media , dapat mengawasi dimedia-media konvensional melalui jalur internet sehingga masyarakat terhindar dari berita hoax atau menjadikan sebagai bahan provokator yang mengakibatkan perpecahan,”

Acara tersebut selain demi meningkatkan kualitas manajemen media juga merupakan amanah tugas Polri untuk menjadi kemitraan mainstream maupun media sosial demi mengurangi kejahatan di dunia online dan media massa.

Contac person :
  • Humas Polda Kalbar
    Jl. Ahmad Yani Pontianak, Kalbar 78124
  • Telp. (0561) 000 000
  • Email : kalbar@polri.go.id 
  • https://kalbar.polri.go.id/
 " [ Contoh ] Kerangka Penelitian Kualitatif di bidang Kehumasan "

No comments:

Post a Comment