Sejarah & Perkembangan Google - Sejarah Google - Dunia Public Relations

Terbaru

Wednesday, May 9, 2018

Sejarah & Perkembangan Google - Sejarah Google

SEJARAH & PERKEMBANGAN GOOGLE


google, lambang google, logo googleGoogle adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa internet dengan basis multinasional. Google yang kebanyakan kita tahu adalah sebuah Search enggine yang memenuhi segala kebutuhan suatu pencarian di Internet.


Google pertama didirikan pada tahun 1998, Selain Search enggine Google juga mempunyai produk – produk lain seperti Google Adwords, Google Adsense dan juga Google Admob yang juga bergerak pada bidang pelayanan online terutama untuk urusan periklanan, Google menawarkan iklan tertarget yang memungkinkan pengiklan mendapatkan audiens yang sesuai / tertarget.

SEJARAH GOOGLE


Pertama kali diperkenalkan 4 Septermber 1998, Google didirikan oleh 2 mahasiswa aktif Universitas Stanford bernama Larry Page dan Sergey Brin yang saat itu di jadikan sebagai perusahaan swasta. Misi awal dari perusahaan ini adalah mengumpulkan informasi dari berbagai belahan dunia agar bisa di akses oleh semua orang.

Tampil dengan desain yang sederhana dan simple serta responsif ternyata membuat Search Enggine ini sangat disukai oleh penggunanya hingga pada Februari 2003 perusahaan ini kemudian membeli situs layanan hosting internet geratis yaitu Blogger yang kala itu dimiliki oleh Pyra Labs.
Langkah ini menjadi pengukuh misi mereka dalam menjadi agen pengumpul informasi terbaik yang memberikan layanan hosting berbasis Blog yang dapat di nikmati secara geratis ini semakin membuat konten – konten informasi di internet menjadi semakin beragam.
Produk Google

Mungkin bagi sebagian orang memang lebih mengenal Google hanya lewat mesin pencarinya namun tahukah anda bahwa Google juga mempunyai produk lain yang juga berbasis internet dan saat ini masih mereka juga masih terus menciptakan dan mengembangkan produk – produknya, seperti sebagai berikut :

PRODUK GOOGLE

  •  Google AdsenseProduk Google yang satu ini merupakan project yang menyediakan layanan khusus kepada pemilik blog ataupun website yang ingin menjadi penayang (Publisher) yang ingin menampilkan iklan dari google di situs mereka. Dengan menjadi publisher ini mereka juga akan mendapatkan fee atau upah atas iklan yang tampil di situs publisher.Google adsense ini cukup populer dan diminati termasuk di Indonesia juga banyak yang menjalankan bisnis berbasis online ini.
  • Google AdwordsBerbeda atau kebalikan dari Google adsense, produk yang satu ini adalah produk khusus bagi pengiklan yang ingin mengiklankan produk mereka melalui Google. Ilan – iklan dari pemilik akun Google Adwords inilah yang kemudian akan di iklankan oleh publihser Adsense.
  • Google AdmobHamir mirip dengan Google Adsense yang dikhususkan untuk publisher namun khusus untuk Google Admob ini publiser hanya menayangkan iklan dari pengiklan di Aplikasi yang dimiliki oleh publiser yang biasanya berada di Smartphone berbasis Android maupun iOS.

MANFAAT GOOGLE BAGI DUNIA INTERNET & INFORMASI

Google yang kita tahu selama ini mungkin hanya sebuah mesin pencari saja, namun tidak, didalamnya masih terdapat layanan lain yang bisa kita manfaatkan untuk keperluan Bisnis, Marketing, Media Sosial, Akses Informasi dll.
Dengan adanya mesin pencari dan juga produk – produk dari Google ini memang membawa pengaruh besar bagi dunia Internet yang daulunya hanya dimanfaatkan untuk kepentingan militer sekarang sudah bebas dan dapat kita akses secara geratis namun kita sebagai pengguna internet sendiri seharusnya agar lebih bijaksana dalam menggunakanya karena dari pihak Google sendiri tidak akan menyaring pencarian – pencarian bersifat negatif ataupun berbau unsur dewasa jadi pastikan kita mengakses informasi yang memang layak kita akses bukan untuk hal – hal negatif. (A-H)


" Sejarah & Perkembangan Google "

No comments:

Post a Comment