Contoh Analisis Isu - (Korupsi Presdir Agung Podomoro Land) Manajemen Krisis PR

CONTOH ANALISIS ISU
KORUPSI PRESDIR AGUNG PODOMORO LAND

agung podomoro land, logo agung podomoro, lambang agung podomoro

Berikut ini adalah sebuah analisis isu berdasarkan fakta yang dikirim oleh Anggi Dwi Mulya. Semoga dapat menjadi refrensi teman - teman semua dalam mengerjakan tugas kuliah terutama mata kuliah Manajemen Krisis Public Relations

LATAR BELAKANG


Salah satu perusahaan real estate terbesar di Indonesia, PT. Agung Podomoro Land kini sedang hangat diberitakan dan telah menjadi bahan perbincangan bagi masyarakat luas akibat ulah sang presdir, Ariesman Widjaja yang diduga melakukan suap kepada Anggota Dewan Perwakilan Raykat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Mohamad Sanusi.

Dilansir oleh kompas.com keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka terkait pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Zonasi dan Pulau-pulau Kecil dan Raperda tentang Rencana Tata Ruang (RTR) Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta, setelah KPK mengggelar operasi tangkap tangan (OTT) pada Kamis 31 Maret 2016 malam di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan.

Dalam operasi tangkap tangan, KPK menyita uang tunai sebesar Rp 1.140.000.000 yang diterima Sanusi sebanyak dua kali. Sanusi sudah menerima uang dari Ariesman sebesar RP 1 miliar pada 28 Maret lalu. Atas tindak pidana yang diduga dilakukannnya, Ariesman dijerat dengan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU NO 20 Tahun 2001 junto Pasal 55 ayat 1 ke-1 junto Pasal 64 ayat 1 KUHP.


ANALISA ISU KORUDPSI PRESDIR PT AGUNG PODOMORO LAND

Jenis Isu

  1. Isu yang bersumber dari internal organisasi yang hanya diketahui oleh pihak manajemen atau anggota organisasi lainnya yang sekarang ini sudah tersebar luas diseluruh lapisan masyarakat karena korupsi merupakan salah satu tindak pelanggaran HAM.
  2. Tergolong sebagai Defensive issue karena isu ini telah mencoreng nama perusahaan PT. Agung Podomoro Land.

Tahapan Isu

  • Tahapan Orgin (Potential Stage) dapat dikatakan ke tahap orgin karena isu ini sudah berkembang di masyarakat dan ramai diberitakan baik di media elektronik maupun media cetak, sudah pasti masyarakat terus memantau tentang perkembangan dari isu tersebut.
  • Tahapan Mediation dan Amplication dapat dikatakan Tahap Medication karena isu ini telah mempunyai dukungan dan banyak pihak yang ikut memberikan perhatian pada isu tersebut.
  • Tahapan Organization dapat dikatakan Tahap Organization karena isu ini sudah didukung oleh kepolisian dan pihak KPK yang terus menerus mendalami tentang isu ini lebih lanjut.
  • Tahapan Resolution dapat dikatakan tahap Resolution karena isu tersebut sudah tersebar luas maka PT. Agung Podomoro Land pun akan melengserkan Ariesman Widjaja dari jabatannya sebagai seorang presdir.

KESIMPULAN & SARAN

Setiap perusahaan atau organisasi harus segera mengambil tindakan jika perusahaan nya terkait dengan isu yang sudah tersebar dengan luas, seperti PT. Agung Podomoro Land yang akan melengserkan Ariesman Widjaja dari jabatannya, dan berjanji akan mengikuti semua proses hukum demi terselesaikannya kasus ini.


Kasus ini bisa dijadikan pelajaran untuk kedepannya, banyak yang perlu diperhatikan jika akan membangun sebuah usaha, mulai dari perizinan, peraturan dan perundang-undangan lainnya dan tidak mengambil “jalur cepat” agar bisnis yang dibangun tidak bermasalah atau merugikan pihak manapun kedepannya.


" Contoh Analisis Isu Korupsi Presdir Agung Podomoro Land "