Bahaya Radiasi Handphone Bagi Kesehatan - Tips Mengatasi Radiasi - Dunia Public Relations

Terbaru

Saturday, May 12, 2018

Bahaya Radiasi Handphone Bagi Kesehatan - Tips Mengatasi Radiasi

BAHAYA RADIASI HANDPHONE BAGI KESEHATAN


radiasi, radiasi akibat handphone,Sekarang ini adalah era digital dimana peranan handphone atau ponsel sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Bahkan ponsel sudah menjadi kebutuhan primer. Tidak memandang kalangan atas atau yang biasa kita sebut sebagai orang kaya, pebisnis atau mahasiswa, sekarang bahkan anak anak sekolah dasar juga sudah tak asing lagi dengan alat tersebut. Ponsel sudah menjadi barang yang sangat dibutuhkan setiap saat. Sekarang alat yang ditemukan oleh Dr Martin Cooper, mantan karyawan Motorola, pada tahun 1973 ini sudah ditempatkan diurutan pertama sebagai “daftar barang penting”, karena sebagian besar masyarakat memilih lebih baik tidak membawa dompet dari pada tidak membawa ponsel.

Harus diakui ponsel memang dapat mempermudah segala urusan manusia. Sebagai fungsi utama nya sebagai alat komunikasi, setelah munculnya smartphone, ponsel juga bisa membantu menyelesaikan segala tugas kita apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat belakangan ini. Namun tak bisa dipungkiri, dibalik segala keunggulan dari ponsel, pasti terdapat beberapa dampak buruk yang ditimbulkan. Salah satunya adalah dampak radiasi ponsel yang bahaya bagi kesehatan manusia.

Mungkin sering kita dengar bahwa radiasi dari sinyal yang ditimbulkan oleh ponsel sangat berbahaya, bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari sakit kepala sampai penyakit mematikan seperti tumor dan kanker otak. Radiasi sendiri adalah pancaran energy melalui suatu materi atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik atau cahaya (foton) dari sumber radiasi. 


EFEK RADIASI HANDPHONE BAGI KESEHATAN


Berikut adalah hasil dari beberapa penilitian yang dilakukan oleh para ahli mengenai dampak radiasi ponsel bagi kesehatan yang dikutip dari berbagai sumber :

Kanker Otak

World Health Organization (WHO) mengungkapkan radiasi ponsel dapat menyebabkan kanker otak. Radiasi ponsel dikategorikan sama dengan zat karsinogetik berbahaya seperti timbal, asap knalpot, dan kloroform. Penelitian yang dilakukan oleh 31 ilmuwan dari 14 negara ini telah menemukan cukup bukti untuk mengkategorikan radiasi ponsel sebagai sejenis zat berbahaya bagi manusia. Mereka menemukan bukti peningkatan glioma dan peningkatan resiko kanker otak akustik neuroma bagi pengguna ponsel yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker atau tumor.

Menggangu Kehamilan
Penelitian yang dilakukan oleh Yale School of Medicine, paparan radiasi selama kehamilan akan mempengaruhi perkembangan otak janin sehingga menyebabkan hiperaktif. Radiasi yang dihasilkan dari ponsel pada waktu yang lama akan memberikan efek buruk apalagi jika anda biasa meletakkan ponsel di dekat rahim.

Kanker Payudara
Kebiasaan menaruh ponsel di dalam saku baju juga memicu adanya paparan radiasi yang dapat mengembangkan sel-sel kanker, termasuk sel kanker payudara. Hal ini dipicu karena adanya radiasi microwave yang akan memasuki jaringan jaringan lemak pada payudara anda.

Merusak Sel Sperma
Selain kebiasaan menaruh ponsel di saku baju, banyak juga yang mempunyai kebiasaan menaruh ponsel di dalam saku celana, terutama bagi para pria. Ternyata kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan kerusakan sel sperma yang lebih tinggi dibandingkan pria yang tidak menaruh ponsel dalam saku celana. Pusat Reproduksi di Klinik Cleveland, Ohio telah meneliti bahwa bahaya radiasi ponsel bagi pria akan menurunkan jumlah sperma yang menyebabkan terjadinya infertilitas atau mandul.

Sering Lupa
Jika anda salah satu yang termasuk sering menggunakan ponsel untuk melakukan panggilan dalam waktu yang relatif lama, sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut. Karena radiasi yang dipancarkan oleh ponsel akan mengganggu daya ingat anda. Jika anda menggunakan ponsel secara langsung maka telinga anda akan terpapar langsung dengan radiasi.

Gangguan Penglihatan
Jangan menggunakan ponsel di tempat gelap. Karena pada saat lampu dimatikan, cahaya pada layar ponsel akan sangat terang. Cahaya ponsel yang terang bila masuk ke mata melebihi 30 menit maka akan menyebabkan kerusakan pada bagian macula lutea (bagian dari retina) yang berdampak pada penurunan penglihatan yang cukup drastis. Gejala penyakit macula lutea umumnya terjadi pada orang tua, tetapi belakangan ini terdapat pasien yang berusia muda.

Mengganggu Siklus Tidur
Alat-alat elektronik seperti komputer, laptop, tab dan ponsel cenderung mengeluarkan cahaya biru yang dapat mengganggu hormon alami, seperti melatonin, yaitu hormon yang membantu kita untuk tidur. Berdasarkan penelitian dari Mayo Clinic di Arizona menghimbau agar anda melakukan pengaturan cahaya pada layar ponsel anda dan memegangnya sekitar 14cm dari wajah.
Industri Film dewasa jepang kekurangan pemai pria terancam bangkrut?

TIPS MENGURANGI EFEK RADIASI HANDPHONE


Meskipun sudah banyak dilakukan penelitian terhadap radiasi dari ponsel, tetap saja kita tidak bisa mengindari penggunaan ponsel di kehidupan sehai-hari. Maka dari itu sangat penting bagi kita utuk mencegah banyaknya terkena radiasi dari ponsel. Berikut adalah beberapa tips mengurangi bahaya radiasi ponsel bagi kesehatan:


radiasi, bahaya radiasi hanphone
1. Aktifkan Speaker

Memakai speaker saat melakukan panggilan akan menguragi energy atau tingkat bahaya radiasi dari ponsel. Demikian juga, semakin jauh anda dari antenna ponsel, akan semakin rendah tingkat radiasinya. Kabel headset pada banyak ponsel juga bisa bertindak sebagai antenna, dan dapat mengirimkan sejumlah radiasi elektromagnetik langsung ke pengguna ponsel. Karena itu bijaksanalah dalam memakai headset.

2. Lebih baik SMS

Kabar baik bagi anda yang lebih sering melakukan SMS dari pada telepon. Karena mengirim teks melalui SMS akan mengurangi durasi paparan bahaya radiasi dari ponsel dan menjaga jarak ponsel dari kepala dan tubuh kita.

3. Setting ke mode off line

Ketika ponsel sedang tidak digunakan, lebih baik untuk mematikannya. Atau setting menjadi mode offline yang akan mematikan transmitter-nya namun anda masih bisa menggunakan ponsel kecuali untuk berkomunikasi atau browsing di internet.

4. Jauhkan ponsel dari tubuh anda

Jangan terlalu sering menaruh ponsel berdekatan dengan organ-organ tubuh yang fatal seperti ginjal, jantung atau di kantung celana. Jika ponsel melekat seharian di tubuh anda, letakkan ponsel dengan posisi layar menghadap ke dalam. Tapi akan jauh lebih baik jika anda menyiman ponsel di dalam tas atau dompet.

5. Memakai telinga secara bergantian

Jika anda sedang melakukan panggilan yang berlangsung lama, lebih baik lakukan dengan menggunaka telinga kiri dan kanan secara bergantian secara berulang kali. Hal ini bisa membantu membatasi paparan radiasi ponsel pada satu sisi kepala saja, yang sering dikaitkan dengan meningkatnya resiko tumor atau kanker otak.

6. Kurangi pemakaian SmartPhone

Perangkat smartphone menghasilkan emisi yang lebih tinggi dari ponsel biasa, yang berarti akan menghasilakan lebih banyak gelombang radiasi dari pada ponsel biasa.

7. Jangan tempelkan ponsel di telinga jika koneksi belum teersambung

Ketika sedang menunggu panggilan terhubung, tunggu beberapa saat sampai indicator tersambung. Karena saat itu, ponsel sedang mengirimkan sinyal sekuat-kuatnya karena sedang berusaha terkoneksi.

8. Matikan ponsel ketika tidur

Ketika anda akan tidur, lebih baik matikan ponsel anda. Tetapi jika ponsel harus tetap menyala, maka simpanlah ponsel jauh dari tubuh anda. Akan lebih baik jika anda tidak menyimpan nya di ruangan yang sama dengan tempat anda tidur.

9. Hindari ruangan sempit

Sebaiknya hindari menggunakan ponsel jika anda sedang berada di ruang yang sempit seperti lift, kereta atau mobil. Lagi pula mengendarai mobil sambil menelepon akan membahayakan nyawa anda sendiri dan pengguna jalan raya lainnya.


Walaupun sampai sekarang masih ada beberapa instansi yang menyatakan bahwa radiasi ponsel tidak begitu membawa pengaruh negative bagi kesehatan manusia, tetapi tak ada rugi nya jika kita tetap menjaga diri dari kemungkinan terburuk yang dihasilkan oleh ponsel. Karena mau bagaimana pun, di dalam era globalisasi seperti sekarang ini kita tidak dapat menghindari penggunaan ponsel untuk menunjangan kehidupan seharai-hari, maka dari itu bijak lah dalam penggunaan ponsel anda. ( Anggi Dwi Mulya | 2016 )



" Bahaya Radiasi Handphone Bagi Kesehatan "

No comments:

Post a Comment