Apa Itu Hippie? - Kilas Balik Gaya Hidup Ala Hippies - Dunia Public Relations

Terbaru

Monday, May 14, 2018

Apa Itu Hippie? - Kilas Balik Gaya Hidup Ala Hippies

APA ITU HIPPIE
KILAS BALIK GAYA HIDUP ALA HIPPIES


Hanan | 2016 ) Apa itu Hippie? Hippies atau Hippy yang merupakan variasi dari kata “hipster” dan menyebar pertama kali dari Amerika merupakan sebuah kultur budaya yang muncul sekitar tahun pertengahan 1960an yang di pelopori oleh anak – anak muda pada saat itu.  Pada saat itu hippie dibentuk untuk menentang semua bentuk yang terorganisir dan berharap adanya perubahan dalam bidang sosial dan politik.

Gerakan protes ini terjadi di Amerika khususnya di kota San Fransisco negara bagian California yang mereka rasa bersinggungan dengan konsep perdamaian. “Make love not war” merupakan semboyan mereka, seiring berjalannya waktu mereka berkembang dan bebas. 

Dimana kolumnis koran lokal Herb Caen menyebut mereka sebagai Flower Generation (Generasi Bunga). Flower generation merepresentasikan “fight with flower” lawanlah dengan bunga yang berarti hentikan kekerasan dan lawanlah dengan kelembutan. Komunitas ini sangat anti tindakan kekerasan, mereka hidup dalam bentuk kekeluargaan non-tradisional seperti dalam commune (komunitas kehidupan bersama dalam kelompok). Seks, substance, dan tampil urakan, sudah bukan hal yang aneh bagi mereka.
Budaya mereka yang mulai diserap oleh masyarakat luas membuat para Hippies mengembangkan aliran baru, terutama dibidang fashion, seni dan musik. walaupun secara ideologi memang hippies bisa dibilang sudah mati namun secara lifestyle tidak.

     1.      Pakaian (Fashion)


Penampilan mereka identik dengan rambut panjang, janggut, pakaian eksentrik. Dan juga dengan kombinasi t-shirt tie dye, cutbray, terusan vintage, headband dan akesori tumpuk berupa gelang dan kalung dengan logo perdamaian  (peace/love) tersebut menjadi perubahan besar terutama pada dunia fashion. Terlihat hingga kini, banyak gaya hippie yang menjadi inspirasi para designer untuk jadi acuan para style – setter untuk terlihat lebih stylish.
Bahaya radiasi Handphone bagi kesehatan + Tips Mengatasinya
                                                                                              

     2.      Musik Rock dan Folk


Musik rock dan folk merupakan bagian integral dari budaya hippie. Sejenis musik rock yang mencoba menggambarkan orang yang sedang kecanduan. Serta group seperti The Beatles, Led Zeppelin, The Doors, Pink Floyd, The Rolling Stones merupakan musisi rock yang ikut muncul bersama dengan gerakan tersebut. 
Di Indonesia sendiri, musik ala The Beatles yang sempat masuk ke Indonesia seperti Koes Plus, The Tielman Brothers dan band lainnya sempat menjadi trend, meskipun mendapatkan perlawanan keras dari pemerintah.

Industri Film Dewawa Jepang kekurangan Aktor Pria, terancam bangkrut?

    3.      Substance


Para hippie biasa mendengarkan lagu psychedelic rock sambil mengkonsumsi LSD (Lysergic acid diethylamide), sejenis narkoba yang biasa kini disebut tiket 12 jam ke Disney Land, karena dapat memberikan mereka efek terbang dan halusinasi sehingga merangsang imajinasi. Gambaran imajinasi itu terlihat seperti corak dari baju - baju tie dyeLSD berbentuk Kertas/koyo yang diletakkan di lidah disobek kecil – kecil dengan motif efek psychedelic.


Ketika hippies hidup berpedoman pada kebebasan, dimana Ganja, LSD dan seks adalah suatu hal yang biasa. Masih terdapat juga Hippies yang hidup bebas tanpa ber-substance-ria. Namun tidak sedikit pula yang kini hanya sekedar mengikuti tren tanpa tau sejarah hippies sebenarnya.

Hippies bukan seberapa bebas menjatuhkan nama baik, bukan sekedar mabuk, dan bukan sekedar hidup bebas. Tapi, hippies dinilai dari seberapa beraninya perlawanan untuk mengubah dunia dengan cara mereka sendiri. Dengan semangat yang tetap ada di hati anak muda yang kritis.





Searches related to Apa Itu Hippie? - Kilas Balik Gaya Hidup Ala Hippies

komunitas hippies indonesia
komunitas hippies jakarta
hippie indonesia
hippies adalah
kaum hippies di bali
hippies store indonesia
kata kata hippie
cara menjadi hippie

" Apa Itu Hippies? Kilas Balik Gaya Hidup Ala Hippies "

No comments:

Post a Comment