[ Contoh ] Tugas Pembuatan Program Corporate Social Responsibility ( CSR ) - Lazada - Dunia Public Relations

Terbaru

Monday, April 23, 2018

[ Contoh ] Tugas Pembuatan Program Corporate Social Responsibility ( CSR ) - Lazada

[ CONTOH ] TUGAS PEMBUATAN PROGRAM 
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ( CSR ) - LAZADA

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena kami mampu menyelesaikan Proposal perancangan program CSR Lazada Indonesia.

Didalam Proposal ini dijelaskan mengenai detail rancangan master plan program CSR bagi Lazada Indonesia, dimana kami mencoba memaparkan pemikiran kami untuk membuat suatu program CSR yang inovatif dan berbeda dengan perusahaan lain.

Kami mengucapkan terimakasih kepada Dosen Pembimbing atas bimbingannya selama ini. Proposal ini tidak sempurna, oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun sangat kami butuhkan.

12 November 2017,



Penulis
Baca juga :

A. Kesesuaian program CSR pada suatu perusahaan tersebut

Sebagai perusahaan jasa, Lazada ingin memberdayakan masyarakat sekitar Perusahaan untuk dapat berkembang dengan memanfaatkan teknologi bagi usahanya. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan ekonomi masyarakat dapat meningkat.

B. Analisis situasi dengan SWOT

  • Strenght (S)
    Pentingnya pemerataan ekonomi bagi masyarakat merupakan tolak ukur kekuatan dari program CSR ini, dimana kondisi ekonomi yang belum berimbang dan merata menjadi kepedulian tersendiri bagi program CSR Perusahaan.
     
  • Weaknesses (W)
    Tidak semua masyarakat mampu menerima perkembangan jaman khususnya dalam bidang teknologi.
     
  • Opportunity (O)
    Program ini diharapkan mampu membuka pola pikir dan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran teknologi bagi kemajuan usaha mereka.
     
  • Threats (T)
    Adanya kemungkinan kesamaan program CSR sejenis dengan perusahaan atau instansi lain tetapi akan terlihat perbedaannya nanti di mata masyarakat.

C. Merumuskan tujuan program CSR tersebut

Untuk mendukung peningkatan kualitas perekonomian bagi masyarakat, dimana nantinya program ini akan berkelanjutan ke wilayah-wilayah lain di Indonesia.

D. Merumuskan target sasaran

Target dari program CSR ini adalah untuk anak muda, masyarakat umum dan orang tua yang nantinya usaha mereka akan kami berdayakan dengan pengenalan dan pemahaman program komputerisasi agar mereka mengerti tentang peran teknologi bagi kemajuan usahanya.

CSR, program csr, pembuatan program csr, contoh csr, contoh program csr,


KONSEP PERANCANGAN PROGRAM CSR

  1. Tanggung Jawab Ekonomi
    Dimana nantinya diharapkan program ini tentunya dapat memberikan perkembangan bagi usaha kecil maupun menengah.
     
  2. Tanggung Jawab Hukum
    Sesuai dengan Peraturan Pemerintah tentang pemerataan perekonomian dan program kewirausahaan, maka diharapkan program ini dapat memberikan solusi bagi perkembangan kemajuan usaha kecil maupun menengah.
     
  3. Tanggung Jawab Etis
    Pengenalan kepada masyarakat pelaku usaha kecil dan menengah mengenai teknologi khususnya sistem komputerisasi dalam menunjang usahanya.
     
  4. Tanggung Jawab Filantropis
    Lazada tidak hanya memberikan pengenalan, pemahaman dan pemberdayaan dalam bidang teknologi khususnya komputerisasi melainkan lebih ditekankan pada itikad baik Lazada untuk membantu pemerintah melakukan pemerataan ekonomi di Indonesia.

A. Merumuskan strategi dan taktik

  • Strategi
    Melakukan upaya untuk menjaring masyarakat sekitar dengan program pelatihan komputerisasi dan pemberdayaan usaha dengan memaksimalkan peran teknologi.
     
  • Taktik
    Dengan cara memperkenalkan dan memberikan pelatihan mengenai komputerisasi melalui formulasi tertentu, misalnya dengan mengadakan pelatihan yang menyenangkan, sehingga target tidak merasa tertekan, justru sebaliknya merasakan kenyamanan saat pelaksanaan edukasi karena dikemas secara menarik.


B. Merumuskan pesan yang hendak disampaikan

Pada media publikasi akan kami sampaikan kalimat ajakan bagi masyarakat untuk mengikuti pelatihan komputerisasi bagi pemberdayaan usaha mereka.


C. Menetapkan media publikasi untuk menyampaikan pesan

Program CSR Lazada ini akan menggunakan media publikasi berupa banner dan spanduk dengan menggunakan kalimat yang mudah di pahami bagi masyarakat karena target dari program ini adalah bagi masyarakat pelaku usaha kecil dan menengah.


D. Bentuk realisasi program CSR

Akan ada beberapa tahap yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjalankan program CSR nya, adapun tahapan nya adalah sebagai berikut :
  • Menemui pemangku jabatan di wilayah yang akan kami berdayakan (RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan untuk mendapatkan ijin dan data berapa jumlah pelaku usaha kecil dan menengah di wilayah tersebut).
     
  • Memulai pelaksanaan program ditempat yang telah ditentukan, dimulai dari pengenalan, pemahaman, pemberian materi bahasan sampai pada praktek langsung di komputer, agar masyarakat tidak hanya dibekali teori saja tetapi lebih ditekankan pada prakteknya agar mereka lebih mahir menggunakan teknologi bagi kemajuan usahanya.

E. Menentukan program evaluasi program CSR

Standar segmentasi
Dari segi demografis, psikografis dan geografis, program CSR yang kami rancang sangatlah tepat bagi masyarakat di wilayah yang telah kami tentukan.
  • Skala prioritas
    Sasaran primer program CSR kami adalah pelaku usaha kecil dan menengah di wilayah yang telah kami tentukan.
     
  • Penelitian tentang needs, desires, wants, dan interest komunitas
    1. Needs = masyarakat sangat butuh akan pengetahuan yang lebih mengenai sistem komputerisasi, karena wilayah yang menjadi sasaran kami termasuk dalam skala yang kurang bahkan tidak paham dengan sistem komputerisasi.
    2. Desires = perkembangan jaman dan kemajuan teknologi tentunya tidak dapat dibendung dan dihindari, oleh sebab itu masyarakat suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, dihadapkan pada permasalahan ini sehingga mereka tidak akan menolak program yang kami jalankan.
    3. Wants = keinginan untuk memajukan usaha yang mereka jalani tentunya selaras dengan program CSR yang telah kami rancang ini, dimana dengan teknologi khususnya komputerisasi akan semakin memudahkan mereka menjalankan usahanya.
    4. Interest = dengan program ini kami ingin membuat masyarakat menjadi perhatian akan pentingnya sistem komputerisasi dan menumbuhkan minat mereka.
     
  • Dialog dengan opinion leader
    Meminta data secara detail mengenai jumlah pelaku usaha kecil dan menengah kepada [ Contoh ] Tugas Pembuatan Program Corporate Social Responsibility ( CSR ) - Lazadaterkait seperti RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan.

F. Pelaporan

Keika semua proses tahapan realisasi program 1, 2 dan 3 diatas telah selesai, tim yang terjun di lapangan akan memberikan semua data didalam rapat internal perusahaan dan perusahaan siap melakukan pelaksanaan program CSR yang telah dirancang.

Searches related to [ Contoh ] Tugas Pembuatan Program Corporate Social Responsibility ( CSR )

contoh csr
10 contoh csr
csr adalah
contoh csr perusahaan unilever
contoh penerapan csr pada perusahaan
program csr
contoh implementasi csr
contoh kasus csr di indonesia

 " [ Contoh ] Tugas Pembuatan Program Corporate Social Responsibility ( CSR ) - Lazada "

No comments:

Post a Comment