[ Contoh ] Strategi Komunikasi Permasalahan Pajak Google di Indonesia [ Teknik Lobi dan Negosiasi ] - Dunia Public Relations

Terbaru

Friday, April 20, 2018

[ Contoh ] Strategi Komunikasi Permasalahan Pajak Google di Indonesia [ Teknik Lobi dan Negosiasi ]

[ CONTOH ] STRATEGI KOMUNIKASI PERMASALAHAN PAJAK GOOGLE
DI INDONESIA [ TEKNIK LOBI DAN NEGOSIASI ]


TUGAS I TEKNIK LOBYING DAN NEGOSIASI

“STRATEGI GOOGLE DALAM PERMASALAHAN PAJAK

DI INDONESIA”


A. Uraian Permasalahan

Pajak merupakan upeti yang harus dibayarkan setiap warga negara kepada pemerintah, tidak hanya perseorangan saja yang diwajibkan membayarkan pajak namun perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia juga diwajibkan membayar pajak.

Google adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dengan skala multi nasional. Produk-produk dari Google yang kebanyakan diakses melalui internet dan salah satu produk yang paling dikenal adalah Google Search dimana ini merupakan mesin pencari informasi yang paling banyak digunakan saat ini.

Selain itu masih banyak lagi produk Google lainya seperti Gmail ( Google Mail), Google Adwors, Google Adsense, Google Analytics, YouTube dan masih banyak produk-produk lain yang bisa diakses secara gratis.

1. Kenapa Google Wajib bayar pajak?Penghasilan utama dari perusahaan Google adalah dari Google Adwords dimana ini merupakan produk Google yang dikhususkan untuk siapa saja yang ingin mengiklankan produk mereka di Google ataupun situs yang bekerja sama sebagai publisher dengan Google melalui Google Adsense tentu saja berbayar dan pada umumnya menerapkan sistem RPM (revenue per milion) dan juga CPC (coast per click).

Alasan kenapa pemerintah mendesak Google untuk membayar pajak tidak hanya karena kantor cabangya saja yang berada di Indonesia tapi karena Pengiklan dan juga Publisher (Penampil Iklan) yang juga banyak dari Indonesia dan tentunya terjadi banyak pertukaran rupiah disini.

Hal ini kemudian membuat Dirjen Pajak Indonesia melayangkan Surat Perintah Periksaan (SPP) tidak hanya itu Google juga dikabarkan menolak penetapan status perusahaan menjadi Badan Usaha Tetap padahal Google terdaftar sebagai sebagai badan hukum dalam negeri di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanah Abang Tiga, dengan status Penanaman Modal Asing (PMA) sejak 2011.

B. Analisis Kasus


google, google tax, pajak google, permasalahan pajak google

Berikut adalah analisis kasus yang diambil dari beberapa sumber (media online) dan juga media cetak :
  • Jenis kasus :Financial Kasus
    Adalah kasus yang berhubungan dengan masalah keuangan dimana disinisi Google diminta untuk membayar pajak kepada pemerintah Indonesia.
  • Perusahaan terkait :
    1. Google.inc
    2. Pemerintah Republik Indonesia ( Dirjen Pajak RI )
  • Tahun Sengketa : 2017

C. Strategi Komunikasi

C.1.Strategi Komunikasi
Strategi terbaik dalam permasalahan kasus ini adalah jika diposisikan sebagai Public relations dari google adalah :
  1. Mengkomunikasikan kepada pemerintah RI dengan baik bahwa kantor Google di Indonesia tidak mengurusi administrasi atau masalah keuangan melainkan kantor Administrasi Google Asia berada di Singapura.
     
  2. Menjelaskan kepada Pemerintah RI bahwa bagaimanapun juga Google tetap akan membayar pajak sebagai perusahaan yang kantor cabangnya berdiri di Indonesia namun dengan ketetapan yang disepakati kedua belah pihak seusai Undang-Undang yang berlaku.
     
  3. Mensponsori kegiatan-kegiatan atau program pemerintah untuk menjalin kembali hubungan baik antara Google dengan Pemerintah Indonesia

C.2.Implementasi Strategi Komunikasi

Menyusun tim Loby / Komunikasi dengan mengutus orang dari Indonesia untuk mendekati pemerintah dalam rangka mencari pemecahan masalah terkait pembayaran pajak Google, agar tidak mencemarkan nama baik google dan tetap menjaga hubungan baik dengan Pemerintah Indonesia.

Mengadakan jamuan makan dengan mentri Keuangan dan juga Perwakilan Dirjen Pajak RI dan juga mensponsori kegiatan-kegiatan pemerintah adalah salah satu jalan kembali mendekati pemerintah dalam rangka memperbaiki hubungan antara Google dengan pemerintah RI. 

C.3.Tujuan Komunikasi
Strategi ini memiliki tujuan sebagai berikut :
  1. Menjalin kembali hubungan baik antara perusahaan Google dengan pemerintah RI
  2. Memperjelas situasi agar tidak terjadi pemberitaan negatif di media yang dapat merusak nama baik Google
  3. Melakukan satu kesepakatan agar dikemudian hari tidak terjadi kelasah pahaman lagi antara Google denan pemerintah RI.

D. Kesimpulan

Pajak dibayar oleh rakyat demi kemakmuran bersama tidak hanya perusahaan yang untung saja namun negara juga berhak menerima pendapatan atas segala fasilitas yang negara berikan kepada rakyatnya sudah sepantasnya, Rakyat membayar pajak pemerintah juga harus memperbaiki fasilitas negara, Infra struktur, Pembangunan SDM dll.
 

E. Daftar Pustaka

Refrensi Online : https://www.merdeka.com/uang/kisah-panjang-kasus-google-hingga-akhirnya-bersedia-bayar-pajak-splitnews-3.html

Searches related to [ Contoh ] Strategi Komunikasi Permasalahan Pajak Google di Indonesia [ Teknik Lobi dan Negosiasi ]

contoh kasus lobi dan negosiasi
contoh kasus lobi perusahaan
artikel contoh kasus lobi
contoh kasus lobi politik
contoh kasus lobi yang berhasil
lobi dan negosiasi dalam komunikasi bisnis
contoh lobi dan negosiasi
contoh kasus lobby negosiasi dan diplomasi

 " [ Contoh ] Strategi Komunikasi Permasalahan Pajak Google di Indonesia [ Teknik Lobi dan Negosiasi ] "

No comments:

Post a Comment