[ Contoh ] Proposal Riset dalam Rangka Redesign Newsletter di Perusahaan




PROPOSAL PENGAJUAN IZIN RISET TERKAIT REDESIGN

MEDIA CETAK NEWSLETTER



SURAT IZIN RISET
 
Yang bertanda tangan dibawah ini :
  1. Nama : HANAN ( 41150178 )
  2. Nama : HANIYA ( 41150179 )
  3. Nama : MUHAMAD FAISAL ( 41150086 )
Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama :
  • Nama Lembaga : PT JALUR NUGRAHA EKAKURIR ( JNE )
  • Alamat : Jl. Tomang Raya No 11 Jakarta Barat 11440



KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan izinnya penulis dapat membuat Proposal Permohonan Riset untuk Tugas Akhir sebagai salah satu syarat untuk kelulusan pada Program Diploma III dari Bina Sarana Informatika dengan Program Study Hubungan Masyarakat.

Dalam pembuatan proposal permohanan riset ini penulis menyadari masih banyak sekali terdapat kesalahan penulisan, maka dari itu penulis mengharapkan adanya koreksi serta saran yang dapat membangun serta dapat menjadi bahan masukan yang bermanfaat untuk kedepanya.

Penulis juga menyadari, berhasilnya studi dan penyusunan permohonan riset tidak terlepas dari bantuan semua pihak yang telah memberikan kesempatan kepada penuis.

Akhir kata semoga proposal permohonan riset dapat di terima dan memberikan kesempatan kepada penulis untuk melakukan riset di tempat bapak/ibu.


Jakarta, 20 Maret 2018


Pemohon

BAB I

PENDAHULUAN


proposal riset,proposal magang, proposal riset ke perusahaan, proposal riset newsletter, proposal newsletter

1.1 Latar Belakang Penelitian
Komunikasi dalam sebuah organisasi digunakan untuk menciptakan adanya kesamaan pemahaman antara atasan dan bawahan. Melalui komunikasi yang baik, tujuan sebuah organisasi akan tercapai. Komunikasi yang efektif akan menentukan kelangsungan hidup sebuah organisasi. Organisasi tidak dapat dipisahkan dari komunikasi karena melalui komunikasi sebuah organisasi dapat melakukan interaksi, kegiatan, dan saling bergantung satu sama lain. Komunikasi menjadi inti dari organisasi sehingga penyelenggaraan komunikasi yang efektif merupakan keharusan bagi organisasi. Komunikasi yang efektif akan menciptakan suasana kondusif yang akan mendukung kinerja karyawan dari sebuah organisasi.

JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Nama resminya adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE)Berdiri pada tanggal 26 November tahun 1990, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan / impor kiriman barang /dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

Public Relations harus mampu menghubungkan manajemen dengan semua karyawan PT JNE. Komunikasi dua arah yang dapat menciptakan pengertian bersama merupakan faktor utama bagi praktisi Public Relations dalam menjalankan proses kegiatan dalam sebuah organisasi. Karyawan dalam sebuah organisasi merupakan aset yang cukup penting. Fungsi Public Relations dalam lingkup internal adalah menciptakan dan mewujudkan hubungan yang harmonis antara pemimpin organisasi dengan para karyawan.

Komunikasi digunakan untuk menjalin hubungan baik dan mencegah adanya keretakan hubungan diantara kedua pihak. Praktisi Public Relations akan berhasil dalam menjalin hubungan dengan karyawan apabila memahami kebutuhan para karyawan. Dalam menjalin hubungan komunikasi internal, praktisi Public Relations menjadi corong informasi dari karyawan kepada manajemen dan sebagai mediator manajemen terhadap para karyawan. Praktisi public relations harus mampu mempertemukan atau menyampaikan tujuan dan keinginan dari pihak karyawan maupun dari pihak manajemen sehingga komunikasi berjalan dengan efektif.

1.2 Maksud & Tujuan
  1. Maksud Penelitian
    • Mengembangkan wawasan dan pengalaman mahasiswa/i selama melakukan penelitian
    • Memberikan pemahaman agar dapat berfikir secara logis serta dapat menuangkannya secara sistematis dan terstruktur
    • Meningkatkan hubungan kerja yang baik antara Akademi dengan Perusahaan
     
  2. Tujuan Penelitian
    • Mengacu pada permasalahan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk :
    • Menjadi salah satu pra syarat kelulusan dan melengkapi penilaian akhir dalam penulisan tugas akhir peneliti pada jurusan Public Relations di Akademi Komunikasi Bina Sarana Informatika ( AKOM BSI )
    • Memaparkan strategi Marketing yang dilakukan oleh pihak internal perusahaan

1.3 Manfaat Penelitian
  1. Manfaat Penelitian bagi peneliti :
    • Menambah pengetahuan mengenai keilmuan di bidang Public Relations serta meningkatkan kemampuan dalam penulisan karya ilmiah.
    • Memberikan pemahaman teoritis seperti apa yang sudah dipelajari selama proses penelitian, agar dapat diterapkan sejalan dengan kegiatan praktisnya.
     
  2. Manfaat Penelitian bagi perusahaan:
    • Menampung dan menyampaikan aspirasi anggota
    • Menjaga karyawan tetap mendapat informasi strategi dan tujuan organisasi
    • Menumbuhkan self of belonging terhadap perusahaan
     
  3. Manfaat Penelitian bagi pembaca :
    • Memberikan gambaran secara umum mengenai aktivitas di dalam bidang pengiriman barang.
    • Memperluas pemahaman, mengenai Public Relations secara lebih khusus lagi.
    • Mengembangkan pengetahuan dan menambah sumber referensi bagi para pembaca untuk melengkapi penulisan karya ilmiah mengenai aktivitas Marketing Public Relations.

1.4 Metodologi PenelitianDalam memperoleh data yang penulis butuhkan, penulis menggunakan beberapa tekhnik dalam mengumpulkan data untuk menghasilkan data yang menunjang dalam penulisan riset ini. Metode Penelitian merupakan teknik maupun cara yang dapat digunakan periset untuk mengumpulkan data.
  1. Observasi
    Observasi merupakan tekhnik pengumpulan data yang dapat dilakukan secara sistematis dan sengaja melalui sebuah pengamatan dan pencatatan gejala - gejala yang diselidiki. Observasi dapat mengukur ataupun menilai sebuah proses maupun simulasi. Melalui pengamatan dapat pula diketahui bagaimana sikap dan perilakunya bahkan hasil yang akan diperoleh dari sebuah kegiatan.
     
  2. Wawancara
    Wawancara adalah sebuah proses komunikasi atau interaksi untuk mengumpulkan informasi dengan cara tanya jawab antara peneliti dengan informan atau subjek penelitian. Wawancara adalah percakapan yang dilakukan oleh dua pihak yaitu Pewawancara (interviewer) sebagai pengaju pertanyaan dan yang terwawancara (interviewee) yaitu sebagai pihak yang memberikan jawaban atas pertanyaan. Ada dua jenis Interview yaitu :
    • Keyinforman : yaitu pihak yang memberikan informasi dan yang diwawancarai.
      Informan :
      yaitu pihak yang membantu untuk mendapatkan sebuah informasi. Dalam hal ini kami melakukan wawancara kepada pihak-pihak yang terkait didalam kegiatan yang akan penulis gunakan untuk penulisan tugas akhir.
     
  3. Studi Kepustakaan
    Studi Kepustakaan digunakan sebagai sumber pendukung dalam penelitian. Peneliti melakukan dengan cara membaca kembali informasi yang berkaitan dengan judul kepenulisan dan dari sumber melalui hasil wawancara yang penulis lakukan.
     
  4. Dokumentasi
    Menurut Meleong yang diterjemahkan oleh Herdiansyah (2010:143) mengemukakan ada dua bentuk dokumen yaitu :
    • Dokumen Harian, yaitu sebuah catatan atau karangan seseorang secara tertulis tentang tindakan, pengalaman, dan kepercayaan.
    • Dokumen Resmi, yaitu sebuah dokumen yang dipandang mampu memberikan gambar mengenai aktivitas, keterlibatan individu pada suatu komunitas tertentu dalam setting social.

BAB II

PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA

1.5 Tempat Penelitian
  • Nama Lembaga : PT Jalur Nugraha Ekakurir ( JNE )
  • Alamat : Jl. Tomang Raya No. 11. Jakarta Barat 11440
  • Bidang : Jasa pengiriman barang
1.6 Waktu & Tanggal
Waktu untuk melakukan penelitian adalah setelah penulis mendapat izin dari pihak humas JNE. Sedangkan, pelaksanaan Penelitian Tugas Akhir saya dilaksanakan selama bulan April – Mei dan Jika penulis sudah disetujui oleh pihak humas JNE, waktu penelitian dapat disesuaikan dengan jadwal yang ditentukan oleh instansi / perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

1.7 Bidang pekerjaan yang diinginkan
Dalam melakukan kegiatan riset kali ini saya berharap dapat di tempatkan sesuai dengan jurusan saya saat ini yaitu Public Relations ataupun yang berhubungan dengan kegiatan dari seorang humas yang ada di JNE agar dapat mengumpulkan data dalam perancangan ulang layout Newsletter JNEWS.

1.8 Data – data yang di perlukan
  1. Profil JNE
  2. Sejarah perkembangan JNE
  3. Visi dan Misi perusahaan
  4. Struktur Organisasi 
  5. Data peserta nominasi penghargaan
  6. Opini Karyawan 
  7. Informasi mengenai kegiatan yang sudah ataupun yang sedang dilakukan
  8. Informasi program CSR ( jika ada )
  9. Dokumentasi 
  10. Dll.

BAB III

PENUTUP

Demikian proposal permohonan riset yang penulis buat. Besar harapan penulis untuk dapat melakukan riset di JNE yang dapat bermanfaat dalam menambah pengetahuan serta wawasan penulis. Atas kerjasama dan izin dari berbagai pihak penulis mengucapkan terima kasih.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

A. Biodata Mahasiswa

Bio data 1
  1. NIM : 41150178
  2. Nama Lengkap : HANAN 
  3. Tempat & Tanggal Lahir : Jeddah, 14 Juni 1997 
  4. Alamat lengkap : Jl. Tole Iskandar 66 perum. Mutiara Depok blok FC.5, RT. 004 / RW. 013 16412
  5. No. Telpon : 081218218***
Bio data 2
  1. NIM : 41150179
  2. Nama Lengkap : HANIYA
  3. Tempat & Tanggal Lahir : Palembang, 20 Agustus 1996 
  4. Alamat lengkap : Jl. Tole Iskandar 66 perum. Mutiara Depok blok LA.1, RT. 008 / RW. 013 16412
  5. No. Telpon : 082297372***
Bio data 3
  1. NIM : 41150085
  2. Nama Lengkap : MUHAMAD FAISAL
  3. Tempat & Tanggal Lahir : Bogor, 28 April 1996 
  4. Alamat lengkap : JL. Raya Puncak, Cisarua Bogor. Kp, Citeko RT.01 / 04, N0. 13 16750
  5. No. Telpon : 083841570***

Contoh proposal riset lainya :
 

Searches related to [ Contoh ] Proposal Riset dalam Rangka penyusunan newsletter

contoh proposal penelitian dosen pemula 2017
contoh maksud dan tujuan proposal
contoh proposal penelitian dosen pemula dikti pdf
contoh maksud dan tujuan dalam makalah
contoh maksud dan tujuan skripsi

" [ Contoh ] Proposal Riset dalam Rangka Redesign Newsletter di Perusahaan "