[ Contoh ] Proposal PKL / Magang di Perusahaan - Dunia Public Relations

Terbaru

Friday, April 20, 2018

[ Contoh ] Proposal PKL / Magang di Perusahaan

[ CONTOH ] PROPOSAL PKL / MAGANG
DI PERUSAHAAN
PERSETUJUAN PROPOSAL
PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)






DOSEN PENASEHAT AKADEMIK


Kelas 41.5A.01
( Romi Syahril, S.Sos. MM )

Proposal Terkait lainya :

KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan Proposal Praktek Kerja Lapangan di RS. Bogor Medical Center dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Tujuan penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi pengajuan Praktek Kerja Lapangan. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian proposak PKL ini. Praktek Kerja Lapangan ini adalah salah satu syarat kelulusan yang memiliki bobot 4 sks di Program Studi Hubungan Masyarakat Akademi Komunikasi Bina Sarana Informatika (BSI).

Penulis sadar bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak yang terkait guna memperbaiki kesalahan yang ada. Penulis berharap proposal ini dapat digunakan dengan semestinya.

Bogor, 16 Oktober 2017
Penulis



DAFTAR ISI


Lembar Pengesahan............................................................................................................ i
Kata Pengantar .................................................................................................................. ii
Daftar Isi............................................................................................................................ iii

BAB I PENDAHULUAN................................................................................................. 1
1.1 Latar Belakang.............................................................................................................. 1
1.2 Maksud dan Tujuan...................................................................................................... 2
1.3 Manfaat PKL ............................................................................................................... 2
1.3.1 Manfaat bagi Mahasiswa............................................................................... 2
1.3.2 Manfaat bagi Instansi/Perusahaan.................................................................. 3
1.3.3 Manfaat bagi Perguruan Tinggi..................................................................... 3

BAB II PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA…......................................................... 4
2.1 Tempat PKL.................................................................................................................. 4
2.2 Waktu PKL.................................................................................................................... 4
2.3 Bentuk Pekerjaan yang Diinginkan............................................................................... 4

BAB III PENUTUP........................................................................................................... 5

LAMPIRAN


Download proposal ini versi microsoft word? download di Gudang Ebook

BAB I

PENDAHULUAN


1.1 LATAR BELAKANG

Akademi Bina Sarana Informatika merupakan sala satu perguruan tinggi yang mendidik serta mengajarkan para mahasiswanya agar dapat bersaing di dunia kerja dan menjadi seorang yang proofesional di bidang masing-masing salah satunya adalah di dalam bidang Komunikasi yaitu Public Rlations. Sesuai dengan kalender Akademik Ilmu Komunikasi Program Study Public Relations bahwa mengharuskan setiap mahasiswanya melakukan kuliah kerja praktek lapangan di sebuah Perusahaan, Instansi maupun Lembaga yang berkaitan dengan Ilmu Komunikasi (Humas). Dnegan melakukan program KKP ini diharapkan mahasiswa dapat mempelajari masalah yang dihadapi dalam dunia kerja dan bagaimana cara mengetahui masalah yang harus diselesaikan serta dapat turut aktif dalam melakukan kegiatan humas yang ada di dalam suatu Perusahaan atau Instansi terkait sehingga nantinya ketika terjun dalam dunia kerja mahasiswa sudah tidak merasa asing dan dapat langsung berbaur dan menyesuaikan diri.

Public Relations atau Humas merupakan salah satu bagian terpenting di dalam sebuah Peerusahaan. Dalam keadaanya humas sendiri harus menjaga identitas perusahaan serta menjaga nama baik maupun citra positif kepada publik serta mengkomunikasikan informasi kepada publiknya, agar publik menaruh kepercayaan terhadap perusahaan dan memiliki pemahaman tentang perusahaan. Humas dapat juga dikatakan sebagai jembatan penghubung atau media antara publik dan perusahaan, maka dari itu humas harus mengetahui apa yang diinginkan oleh publik terhadap perusahaan, dan perusahaa mencoba menjawab denngan program-program yang dapat di sesuaikan. Pada dasarnya aktifitas tersebut bertujuan agar dapat terciptanya hubungan yang harmonis antara perusahaan dna publik sehingga dapat menciptakan citra yang positif, saling menghargai, saling pengertian dan toleransi antara kedua belah pihak.

1.2 MAKSUD DAN TUJUAN PKL

Secara umum pelaksanan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam bidang Kehumasan. Selain itu PKL juga mempunyai tujuan khusus agar mahasisqa mempunyai kemampuan untuk:
  • Mengembangkan wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam melakukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki.
  • Agar mahasiswa dapat memperoleh keterampilan dan pengalaman kerja praktis sehingga secara langsung dapar memecahkan permasalahan yang ada dalam bidangnya. 
  • Mengaktualisasikan diri dalam berprilaku professional dalam lingkungan kerja. 
  • Agar mahasiswa dapat melakukan dan membandingkan penerapan teori yang diterima di jenjang akademik dengan praktek yang di lakukan di lapangan. 
  • Meningkatkan pemahaman mahasiswa antara hubungan teroi denga penerapannya sehingga dapat memeberi ekal ke pada mahasiswa untuk terjun ke masyarakat. 
  • Meningkatkan hungungan kerja sama yang baik antara perguruan tinggi dengan perusahaan.

1.3 MANFAAT PKL
1.3.1 Manfaat bagi mahasiswa

  • Sebagai sarana latihan dan penerapan ilmu pengetahuan selama masa perkuliahan
  • Dapat mengenal dunia kerja secara langsung
  • Melatih dan membuka wawasan mahasiswa dalam memahami dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada yang berkaitan dengan bidang keahliannya.
  • Berlatih berkomunikasi dengan masyarakat luas
  • Memberikan peningkatan keahlian profesi sehingga menumbuhkan kepercayaan
  • Menambah pengetahuan, pengalaman, dan wawasan mahasiswa saat berada di lapangan kerja yang sebenarnya khususnya dalam bidang kehumasan.
  • Belajar secara langsung bagaimana cara menjadi professional PR

1.3.2 Manfaat bagi Instansi/ Perusahaan
  • Merupakan sarana penghubung antara instansi dan lembaga pendidikan tinggi.
  • Sebagai sarana pelatihan bagi mahasiswa untuk pelaksanaan tugas dan tanggung jawab operasional.
  • Memberi kontribusi dalam pelaksanaan pengembangan dan peningkatan Sumber daya manusia yang berdaya saing.
  • Memberi masukan kompetensi yang sesuai, sehingga akan membantu meningkatkan kemampuan lulusan yang dibutuhkan dunia kerja/instansi yang terkait.
1.3.3 Manfaat bagi Instansi Pendidikan
  • Sebagai sarana promosi mengenai keberadaan Akademi Komunikasi Bina Sarana Informatika (BSI) sebagai lembaga penyelenggara pendidikan.
  • Memperoleh masukan kompetensi yang diperlukan Instansi atau Perusahaan terhadap tenaga Diploma Tiga (D3) khususnya program studi Public Relations. Dari masukan ini dapat memperbaiki kurikulum dan silabus agar menghasilkan lulusan yang sesuai, sehingga terjadi "Link and Match".
  • Sebagai masukan, guna pengembangan kurikulum yang sesuai atau sepadan dengan kebutuhan lapangan kerja.

BAB II

PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA

proposal magang, proposal pkl, pengajuan pkl, pkl kampus, magang kampus

2.1 TEMPAT PKL
Bertempat di RS Bogor Medical Center (BMC) di Jl. Jl. Pajajaran Indah V No.5, Baranangsiang, Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16143.

2.2 WAKTU PKL
Praktek kerja lapangan akan dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan Novermber selama 1 bulan. Adapun waktu kerjanya dalam 1 minggu 3 kali pertemuan di hari Akademi Komunikasi Bina Sarana Informatika dalam kurun waktu selama 1 bulan atau lebih di hari Senin ( pukul 08.00 – 16.00 ), Rabu (pukul 08.00 – 16.00 ), Jum’at ( pukul 11.00 – 17.00 ), dan Sabtu (pukul 08.00 – 16.00 ).

2.3 BIDANG PEKERJAAN YANG DIINGINKAN
Dalam melakukan kegiatan magang kali ini saya berharap dapat di tempatkan sesuai dengan jurusan saya saat ini yaitu Public Relations ataupun yang berhubungan dengan kegiatan dari seorang humas yang ada di RS BMC seperti :
  1. Membuat kesan (image), yaitu gambaran yang diperoleh seseorang tentang suatu fakta sesuai dengan tingkat pengetahuan dan pengertian mereka (terhadap suatu produk, orang, atau situasi).
  2. Pengetahuan dan pengertian, humas memiliki peran penting dalam membantu menginformasikan pada publik internal (dalam organisasi) dan publik eksternal (luar organisasi) dengan menyediakan informasi akurat dalam format yang mudah dimengerti sehingga ketidak-pedulian akan suatu organisasi, produk, atau tempat dapat diatasi melalui pengetahuan dan pengertian. 
  3. Menciptakan ketertarikan, humas juga harus dapat menciptakan ketertarikan publik dalam suatu situasi atau serial situasi, yang bisa jadi berpengaruh besar dalam suatu organisasi atau sekelompok orang. 
  4. Penerimaan, masyarakat mungkin bersikap melawan pada sebuah situasi karena mereka tidak mengerti apa yang sedang terjadi, atau mengapa hal tersebut terjadi. Profesi humas mempunyai peran kunci untuk menjelaskan sebuah situasi atau kejadian dengan sejelas-jelasnya sehingga ketidak-pedulian, dan bahkan sikap menentang, yang menjadi atmosfer disekelilingnya dapat diputar menjadi pengertian dan penerimaan. 
  5. Simpati, dengan mengemukakan informasi secara jelas dan tidak bias, umumnya merupakan cara yang berhasil untuk meraih simpati.
Adapun cangkupanya meliputi :
  • Siaran pers yaitu informasi yang mengandung nilai berita dan disampaikan oleh publik melalui media massa.
  • Latar belakang (Backgrounder) 
  • Media internal
  • Advetorial
  • Profil perusahaan
  • Lembaran berita (Newsletter)
  • Penulisan komentar pembaca
  • Penulisan naskah pidato
  • Iklan layanan masyarakat
  • Ikut berkontribusi dalam sebuah event

BAB III

PENUTUP

Demikianlah proposal ini saya susun sebagai pelengkap permohonan pengajuan Praktek Kerja Lapangan di Instansi/Perusahaan Bapak/Ibu. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan dengan harapan proses Praktek Kerja Lapangan ini dapat terealisasikan sesuai rencana.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan, rahmat, serta karunia-Nya kepada kita semua.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

A. Biodata Mahasiswa
  • N.I.M : 41150173
  • Nama Lengkap : Siti Balqis Fatmazuhria 
  • Tempat & Tanggal Lahir : Bogor, 23 Juli 1995 
  • Alamat lengkap : Cilendek Indah Blok B GG. V No. 8 RT 001 RW 006 Cilendek Barat, Kota Bogor 16112
  • No. Telpon : (0251) 8315897
B. Riwayat Pendidikan Formal
  • SDN Semeru 1 Bogor (tahun 2001 – 2007)
  • SMP Negeri 3 Bogor (tahun 2007-2010)
  • SMA Plus YPHB Bogor (tahun 2007-2013)

Bogor, 16 Oktober 2017


Searches related to [ Contoh ] Proposal PKL / Magang di Perusahaan

contoh proposal pengajuan magang di perusahaan
contoh proposal magang pdf
contoh proposal magang mahasiswa manajemen
contoh proposal magang mahasiswa akuntansi
contoh proposal magang mahasiswa ekonomi
contoh proposal pengajuan magang di bank
contoh proposal magang mahasiswa akuntansi pdf
contoh proposal pengajuan pkl


No comments:

Post a Comment