Contoh makalah Analisa Isu Kasus Obat KAdaluarsa BPOM - Manajemen Krisis Public Relations - Dunia Public Relations

Terbaru

Thursday, April 12, 2018

Contoh makalah Analisa Isu Kasus Obat KAdaluarsa BPOM - Manajemen Krisis Public Relations

CONTOH MAKALAH ANALISA ISU KASUS OBAT KADALUARSA BPOM
MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS


Latar Belakang Isu :

Obat merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses penyembuhan penyakit, pemulihan kesehatan dan juga pencegahan terhadap suatu penyakit. Obat yang sudah melewati masa kadalursa dapat membahayakan karena berkurangnya stabilitas obat tersebut dan dapat mengakibatkan efek toksik (racun). Hal ini dikarenakan kerja obat sudah tidak optimal dan kecepatan reaksinya telah menurun, sehingga obat yang masuk kedalam tubuh hanya akan mengendap dan menjadi racun. Sebenarnya obat yang belum kadaluarsa juga dapat menyebabkan efek buruk yang sama, hal ini disebabkan karena penyimpanannya yang salah yang menyebabkan zat di dalam obat tersebut rusak.

Pendektisian yang di lakukan secara rutin oleh Lembaga Konsumen Indonesia (LKI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan adanya berbagai obat-obatan yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat, dengan itu BPOM segera melakukan sidak dadakan ke berbagai Apotek dan toko obat dari hasil sidak dadakan itu BPOM mendapatkan info bahwa obata-obatan kadaluarsa ini ternyata sudah tersebar secara luas di pasaran.

Analisa Isu :

 
analisa isu, analisis isu, makalah analisa isu, contoh analisa isu, analisa isu bpom, analisa isu obat
Menurut dari aspek dampaknya isu ini termasuk kedalam Defensive Issues, karena isu ini dapat menimbulkan ancaman bagi organisasi. Organisasi yang dimaksud kan adalah produsen-produsen dari berbagai obat kadaluarsa yang disita oleh BPOM. Jika menurut aspek dari keluasan isu maka ini termasuk kedalam isu-isu universal, yaitu isu-isu yang mempengaruhi banyak orang secara langsung.

Tahapan-tahapan isu :

  • Tahap Origin (Potential Stage)
    Orang-orang yang tidak bertanggung jawab mengambil keuntungan dari obat yang tidak layak jual dan dapat merugikan masyarakat luas, walaupun BPOM sudah melakukan sidak dadakan ke berbagai Apotek dan toko-toko obat di Indonesia tapi semestinya BPOM dan LKI bisa lebih teliti lagi dalam peredaran obat di Indonesia sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat luas.
     
  • Tahap Mediation and Amplification
    Isu semakin berkembang dengan didukung oleh berbagai lembaga yang ikut peduli terhadap isu ini, seperti Lembaga Konsumen Indonesia, Badan Pengawasan Obat dan Makanan, Dinas Kesehatan Kota dan juga Kementrian Kesehatan. Yang bersama-sama ingin memberantas peredaran obat kadaluarsa.
     
  • Tahap Organzation
    Dengan adanya kasus ini masyarakat menjadi lebih teliti dan kritis dalam memilih atau membeli sebuah produk obat untuk menghindari dikonsumsinya suatu produk yang sebenarnya sudah tidak layak dikonsumsi.
     
  • Tahap Resolution
    Produsen obat ikut bertanggung jawab dengan menarik peredaran obat-obatan yang sudah kadaluarsa atau obat yang sudah rusak.

Kesimpulan :

Badan Pengawasan Obat dan Makanan dan Dinas Kesehatan Daerah harus melakukan razia besar-besaran di seluruh pasar yang menjual obat-obatan. Pengawasan juga harus diperketat dan ditingkatkan lagi, juga mencabut izin bagi pemiliknya yang kedapati menjual obat-obatan kadaluarsa.

Masyarakat juga harus ikut ambil andil dalam hal ini dengan lebih teliti dalam membeli sebuah produk obat, karena jika hal ini terus berlanjut maka akan berdampak besar pada kesehatan masyarakat luas yang mengkonsumsi obat yang sudah kadaluarsa ini.

Contoh analisa isu lain :

Searches related to Contoh makalah Analisa Isu Kasus Obat KAdaluarsa BPOM - Manajemen Krisis Public Relations

contoh kasus public relations perusahaan atau organisasi
kasus public relations 2017
contoh kasus manajemen krisis dalam perusahaan
penanganan krisis pizza hut
contoh kasus humas dan solusinya
press conference pizza hut kadaluarsa
kasus public relations garuda indonesia
contoh kasus manajemen krisis public relations

 " Contoh makalah Analisa Isu Kasus Obat KAdaluarsa BPOM - Manajemen Krisis Public Relations "

No comments:

Post a Comment