[ Contoh ] Kerangka Riset Humas Upaya Peningkatan Pelayanan Kelurahan di Jakarta

[ CONTOH ] KERANGKA RISET HUMAS UPAYA
PENINGKATAN PELAYANAN KELURAHAN DI JAKARTA


A. Latar Belakang Masalah

Kelurahan adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia di bawah kecamatan. Dalam konteks otonomi daerah di Indonesia, Kelurahan merupakan wilayah kerja Lurah sebagai Perangkat Daerah Kabupaten atau kota. Kelurahan juga memeliki tugas pokok yaitu menyelenggarakan urusan pemerintahaan, pembangunan dan kemasyarakatan serta urusan yang dilimpahkan oleh Walikota sesuai dengan kebutuhan kelurahan dengan memperhatikan prinsip efisiensi dan peningkatan akuntabilitas. Karena tugas Kelurahan bersangkutan dengan pelayanan masyarakat sudah seharusnya pihak Kelurahan memberikan pelayanan yang terbaik.

Tetapi melihat pelayanan yang diberikan oleh beberapa kelurahan di Jakarta ternyata masih banyak yang menyulitkan masyarakat atau bahkan menelantarkan seperti yang dikutip oleh poskotanews.com Pelayanan perizinan di kantor kelurahan dan kecamatan belum efektif. Birokrasi yang berbelit menyebabkan warga masih harus menunggu waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan segala urusannya.

Hal tersebut diakui Plt Gubernur DKI, Ahok yang menilai pelayanan di kantor Camat belum seterampil seperti petugas di bank. Padahal di kantor kelurahan dan kecamatan itu terdapat banyak loket pelayanan. Tapi petugas yang terlihat sibuk di satu loket. Sehingga tidak heran masih kerap terjadi antrean. “Mestinya loket yang lain itu bisa ikut membantu melayani warga. Supaya masyarakat tidak terlalu lama menunggu,” ungkap Ahok, Rabu (11/6).

Menurut Ahok sampai saat ini, petugas hanya melayani warga sesuai dengan tugasnya saja. Namun tidak memiliki inisiatif membantu petugas di loket lain yang telah disesaki warga. Seperti loket pengurusan perizinan yang memang setiap harinya dipadati warga yang mengajukan permohonan. Seperti untuk loket Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B), ketenagakerjaan, perdagangan terlihat santai.

Untuk itu dia meminta lurah dan camat mampu mengontrol kinerja bawahannya. Jika ada loket yang menganggur tapi di loket lain tidak sangat sibuk dia bisa menyuruh anak buahnya turun tangan. “Kalau perlu dia langsung turun tangan, agar warga tidak ada lagi terbengkalai,” sebutnya

Untuk itulah sangat penting bagi kelurahan untuk memperbaiki kinerjanya dalam melayanai masyarakat.

pelayanan kelurahan, pelayanan masyarakat, upaya peningkatan pelayanan


B. Rumusan Masalah

Bagaimana penempatan Kelurahan dimata masyarakat?

C. Landasan Teori

  1. Employee Relations
    Kegiatan employee relations bertujuan antara lain: mendapatkan saling pengertian antara pegawai, ataupun antara pimpinan dengan semua pegawai dalam sebuah organisasi; Mendapatkan data-data yang lengkap tentang sikap dan tingkah laku pegawai. Data ini diperlukan dalam rangka pembinaan, pengorganisasian, kerjasama, koordinasi dan evaluasi terhadap pegawai; Menciptakan kerjasama yang serasi antara pegawai; Menanamkan rasa damai kepada pegawai; Menanamkan rasa sukses kepada pegawai sehingga mereka merasa diberi kesempatan untuk maju dalam mengembangkan kariernya; Menanamkan loyalitas para pegawai; Menanamkan rasa tanggungjawab kepada para pegawai; Menciptakan adanya semangat kerja yang tinggi; Kegiatan employee relations.

    Sebagai fungsi manajemen, tentu Humas harus mampu proses komunikasi organisasi. Dalam kaitan ini, Humas harus merancang sistem komunikasi yang bisa digunakan, berikut media komunikasi apa yang bisa menyentuh seluruh lapisan manajemen. Dalam beberapa organisasi/perusahaan, Humas menyelenggarakan penerbitan berkala dalam wujud inhouse journal yang memuat informasi mengenai kegiatan-kegiatan manajemen. Belakangan ini, banyak pula organisasi yang menggunakan media online. Penerbitan inhouse magazine seperti itu sangat relevan untuk mendistribusikan pesan-pesan manajemen. Namun demikian, hal yang penting adalah konsistensi penerbitannya. Sebuah media komunikasi yang diterbitkan secara konsisten tentu akan mendukung citra positif organisasi.

    Selain merancang media komunikasi, hal yang tidak kalah pentingnya juga adalah merancang sistem komunikasi yang melibatkan partisipasi semua pihak dalam manajemen. Pihak Humas harus mampu menawarkan pilihan-pilihan forum komunikasi, yang memungkinkan seluruh anggota manajemen terlibat dan berpartisipasi. Sebagai contoh, memanfaatkan hari ulang tahun perusahaan, hari-hari besar keagamaan merupakan kesempatan yang tepat untuk seluruh manajemen berkumpul dan berkomunikasi. Humas harus mampu menggali dan merencanakan forum dan media komunikasi untuk seluruh anggota perusahaan berkumpul dan menyampaikan gagasannya.
     
  2. Customer Relation
    Strategi organisasi dalam mengelola hubungannya dengan pelanggan, mulai dari strategi penjualan, pemasaran, dan pelayanan terintegrasi, hal ini berarti mencakup proses mengidentifikasi pelanggan, menciptakan pengetahuan tentang pelanggan, membangun hubungan dengan pelanggan, dan membentuk pendapat pelanggan tentang organisasi dan produknya dengan melibatkan semua staf yang berhubungan dengan pelanggan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan akhirnya dapat meningkatkan pendapatan organisasi. Peran teknologi informasi dalam CRM adalah sebagai ‘IT Enabled’ bagi strategi bisnis yang memungkinkan proses dapat terdefinisi dan dikendalikan dengan jelas serta membuat staf yang berhubungan dapat berfungsi secara optimal. Istilah ‘bisnis’, ‘konsumen’, dan ‘profit’ dapat disesuaikan sesuai dengan konteks kerja masing-masing organisasi. 

Baca juga :

Searches related to Contoh Kerangka Riset Humas

contoh kasus riset public relation
contoh proposal riset public relations
makalah riset dalam humas
jurnal riset pr
contoh riset public relations
proposal penelitian public relations
makalah riset public relations

" Contoh Kerangka Riset Humas Upaya Peningkatan Pelayanan Kelurahan di Jakarta "