Body Positivity Campaign - Siapa Si Pembuat Kecantikan?? - Dunia Public Relations

Terbaru

Tuesday, April 17, 2018

Body Positivity Campaign - Siapa Si Pembuat Kecantikan??

SIAPA SI PEMBUAT STANDAR KECANTIKAN??? 
“Sebenarnya ada gak sih standar kecantikan untuk perempuan?”

“Definisi cantik itu seperti apa sih??”

“ Gimana sih perempuan bisa dibilang cantik?”


Dan masih banyak lagi pertanyaan yang sering perempuan lontarkan untuk sekedar tahu bagaimana Standar Kecantikan. Pada dasarnya mereka ingin terlihat maksimal dan menarik dengan melakukan berbagai cara hanya untuk dapat memenuhi kriteria ‘cantik’. Bicara soal standar kecantikan tidak bisa menyalahkan individu-individu tertentu, karena hal ini sebenarnya hasil akumulasi persepsi masyarakat yang sudah ada.

Dengan kata lain standar kecantikan sebenarnya dibuat oleh lingkungan, baik lingkungan keluarga, lingkungan pertemanan, lingkungan kantor, atau lingkungan secara luas sekalipun. Selain faktor lingkungan, media massa pun memegang peranan penting dalam hal pembentukan standar kecantikan. Kenapa??

Sadar atau tidak, media massa selalu menampilkan gambaran-gambaran perempuan cantik dengan karakteristik tertentu. Misalnya seorang model dengan tubuh ramping, rambut panjang hitam berkilau, kulit putih, kaki jenjang, dan sebagainya. Seringnya gambaran-gambaran ini ditampilkan maka masyarakat dapat menyimpulkan bahwa cantik adalah sesuai dengan apa yang ditampilkan oleh media massa.

Selain itu banyak juga produk-produk kecantikan yang menggunakan model dengan karakteristik tertentu, sehingga konsumen memiliki kesimpulan bahwa jika Ia menggunakan produk tersebut maka dirinya akan terlihat cantik sesuai dengan model yang Ia lihat. Sebaliknya jika Ia tidak menggunakan produk tersebut Ia akan terlihat tidak menarik. Pada dasarnya mereka akan selalu melakukan pengidentifikasian agar dirinya terlihat sama dengan cara melakukan apapun.

Maraknya isu citra tubuh di masyarakat kemudian lahirlah istilah Body Positivity yang mana itu adalah sebuah pemahaman atau konsep dimana kita sebagai makhluk sempurna bisa menerima dan memahami segala bentuk perubahan yang ada pada tubuh. Karena perubahan tubuh bukan sesuatu yang dikehendaki bisa karena faktor genetik, hormon, atau yang sifatnya accidentally. 

Body Positivity tidak hanya soal tubuh/fisik seseorang, jauh dari itu Body Positivity mencakup pikiran dan jiwa yang positif. Kekuatan maha dahsyat untuk menerapkan Body Positivity adalah pikiran yang positif. Karena pikiran bisa mempengaruhi apapun. Ketika pikiran kita sudah diatur sedemikian rupa untuk tetap berpikir positif , dan dibiasakan untuk melihat hal baik dari apapun maka hidup kita pun akan jauh lebih baik. Sebaliknya, ketika kita berpikiran negatif, justru melahirkan perasaan dan tindakan yang jauh lebih negatif.

Dan kunci utama dari Body Positivity adalah acceptance atau penerimaan. Tapi penerimaan disini tidak berarti kita tidak memiliki perasaan negatif, pun ketika kita memiliki perasaan itu wajar. Setidaknya kita mencoba untuk menerima keadaan kita sekarang. Dengan menerima kita lebih bisa menjalani dan menanggapi respon orang lain dengan santai/bijak. Misal, ketika ada orang yang body shaming entah bercanda atau sengaja, ketika kita bisa menerima diri kita apa adanya kita akan lebih bisa mengontrol respon kita terhadap perkataan mereka, mengontrol perasaan, dan pikiran kita.

Kita terlalu sibuk dengan standar kecantikan yang sebetulnya tidak pernah ditetapkan. Lupa bahwa setiap perempuan dititipkan pesona yang berbeda. Terlalu fokus untuk memenuhi kriteria kecantikan yang dibuat oleh lingkungan dan stigma yang sudah ada sampai lupa bahwa dirinya sudah cantik dengan caranya masing-masing sesuai pemberian Tuhan.



Love Your Self with Body Positive
Is The Greatest Revolution



Contact Us:


Instagram : @bodygoals.off
Blog : Bodygoalspositivity.blogspot.co.id
Email : bodypositive9@gmail.com

Body Positivity Campaign - Buat Bahagia Versi Kamu


Body Positivity Adalah kampanye yang di jalankan oleh mahasiswa Semester 4,  Prodi Ilmu Komunikasi Jurusan Public Relations Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Kampanye ini menyuarakan gerakan mencintai diri sendiri yang dikhususkan untuk semua perempuan.

Pengen acara / kampanye kamu kamu di Publish di Dunia Public Relations seperti ini? silahkan kunjungungi halam Media Partner kami, acara kamu akan kami publish disini secara Gratis!!

 " Body Positivity Campaign - Siapa Si Pembuat Kecantikan?? "

No comments:

Post a Comment