Contoh Resume Kegiatan CSR - PT Pertamina [Pemberdayaan Ekonomi Terpadu Kelurahan Tanjung Rhu, Riau] - Dunia Public Relations

Terbaru

Sunday, November 19, 2017

Contoh Resume Kegiatan CSR - PT Pertamina [Pemberdayaan Ekonomi Terpadu Kelurahan Tanjung Rhu, Riau]

CONTOH RESUME KEGIATAN CSR PT PERTAMINA
[PEMBERDAYAAN EKONOMI TERPADU KELURAHAN TANJUNG RHU, RIAU]


A. Deskripsi Kegiatan/Program CSR
Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumu Negara (Pertamina) baru-baru ini melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) mereka pada Kmais (14/09/2017) yang dilaksanakan di Terminal BBM Sei Siak dengan Melakukan Pemberdayaan Ekonomi Terpadu untuk masyarakat Kelurahan Tanjung Rhu Kecamatan Luma Puluh, Kota Pekan Baru Riau.

Jenis kegiatan yang dilakukan dalam rangka pemberdayaan ekonomi tersebut diantaranya adalah Pelatihan Budidaya ikan Lele, Ternak Bebek Telur, Pemberdayaan di bidang otomotif seperti Bengkel las dan juga pengolahan pupuk enceng gondok.

Kedepanya program ini membawa harapan agar nantinya dapat membantu pemerintah dalam menangani masalah sosial yaitu pengurangan angka pengangguran, slain itu, program ini juga diharapkan akan dapat meningkatkan jumlah pengusaha di kawasan Pekan Baru dan kedepanya Program ini akan dijalankan secara berkelanjutan hingga masyarakat setempat dapat mandiri dalam masalah ekonomi.

Sumber : http://www.pertamina.com/social-responsibility/berita-csr/pemberdayaan-ekonomi-terpadu-untuk-masyarakat-kelurahan-tanjung-rhu/ 
 


B. Analisis Kegiatan CSR


B.1. Stakeholder Tekait Program

Ada 2 kategori Stakeholder menurut Jones (1995) yaitu : Inside Stakeholder dan Outside Stakeholder. Dalam hal ini kegiatan CSR yang dilakukan oleh Pertamina trmasuk kedalam kategori yang dikhususkan untuk pemanggku kepentingan dari luar yaitu Oustide Stakeholder diama sasaran kegiatan CSR tersebut bukanlah public dari dalam perusahaan melainkan dari pihak luar yaitu Pemberdayaan Ekonomi Terpadu untuk masyarakat Kelurahan Tanjung Rhu Kecamatan Luma Puluh, Kota Pekan Baru Riau.

B.2. Jenis Tanggung Jawab

Menurut Post dalam Ismail solihin (2008,3) perusahaan akan secara simultan menjalankan tiga jenis tanggung jawab kepada stakeholder, dan tiga jenis ini harus di jalankan dengan berimbang, yaitu:
  • Economic Responsibility
  • Legal Responsibility 
  • Social Responsibility
Dapat kita lihat disini bahwa pertamina melakukan kegiatan CSR yang merupakan tanggung jawab dibidang Ekonomi dimana bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah pemberdayaan ekonomi dengan maksud untuk membentuk kemandirian sehingga menciptakan Wirausahawan baru dan juga membantu pemerintah mengurangi masalah pengangguran.

B.3. Tujuan CSR Pertamina

Kegiatan perusahaan yang masuk kedalam kategori kegiatan Corporate Social Responsibility adalah kehiatan yang sifatnya kontinuitas atau berkesinambungan dalam artian dengan tujuan membentuk suatu kemandirian public.

Dalam hal ini terkain CSR yang dilakukan Pertamina ini sejalan dengan pendapat Jalal dalam tulisannya yang berjudul “Mengakhiri Debat Definisi CSR” (2008) mengemukakan bahwa “CSR adalah kontribusi perusahaan untuk pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan”

Hal ini dapat kita lihat dari tujuan CSR yang dilakukan oleh pertamina yaitu suatu pemberdayaan masyarakat setempat atau khususnya masyarakat Kelurahan Tanjung Rhu Kecamatan Luma Puluh, Kota Pekan Baru Riau. Yang pada kali ini mendapat pelatihan Budidaya ikan Lele, Ternak Bebek Telur, Pemberdayaan di bidang otomotif seperti Bengkel las dan juga pengolahan pupuk enceng gondok.

Sehingga nantinya masyarakat setempat dapat mandiri dari ilmu yang mereka dapatkan dari Kegiatan tersebut dan tercapailah tujuan dari CSR tersebut yaitu membentuk masyarakat Ekonomi Terpadu atau kemandirian di bidang ekonomi.

C. Keimpulan

Kegiatan CSR merupakan suatu bentuk tanggung jawab yang menunjukan keperdulian suatu perusahaan terhadap isu tertentu seperti masalah social mupun ekonomi, namun kegiatan CSR yang bagus seharuanya memperhatikan releavansi antara kegiatan csr dan juga perusahaan.

Sehingga selain program CSR itu dapat membantu visi perusahaan, dalam hal ini CSR yang dilakukan perusahaan menurut penulis kurang relevan dengan perusahaan yang bergerak di sector industri pertambangan.

Namun kegiatan ini sekiranya dapat menunjukan bahwa pertamina merupakan suatu perusahaan yang memiliki rasa tanggung jawab di bidang ekonomi.

" Contoh Resume Kegiatan CSR - PT Pertamina [Pemberdayaan Ekonomi Terpadu Kelurahan Tanjung Rhu, Riau] "

No comments:

Post a Comment