Contoh Master Plan Corporate Social Responsibility (CSR) - Di Bidang Pendidikan

CONTOH MASTER PLAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)
DI BIDANG PENDIDIKAN

Master Plan CSR - Adalah sebuah rancangan (plan) kegiatan CSR yang disusun berdasarkan isu-isu tertentu disebuah komunitas/masyarakat.

Silahkan gunakan contoh Master Plan ini sebagai refrensi buka untuk Di-Copas tapi ambil ilmunya saja. Ingat!! pintar itu tidak selalu memiliki nilai tinggi, kejujuran lebih penting.

KATA PENGANTAR 
Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena kami mampu menyelesaikan Paper Master Plan desa Cimarangih “School for the Children and Guidance for Parents”.

Didalam paper ini dijelaskan mengenai detail rancangan master plan bagi desa Cimarangih, dimana kami mencoba memaparkan pemikiran kami untuk mengatasi masalah yang terjadi di desa Cimarangih.

Kami mengucapkan terimakasih kepada Dosen Pembimbing atas bimbingannya selama ini. Paper ini tidak sempurna, oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun sangat kami butuhkan.

19 Oktober 2017,
Penulis

PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia, karena melalui pendidikan dapat membentuk manusia yang berkualitas dan mampu bertahan hidup dalam menghadapi era globalisasi seperti sekarang ini. Pendidikan membentuk dasar manusia berkaitan dalam pertumbuhan ekonomi, sosial, politik dan perkembangan masyarakat pada umumnya. Pendidikan pertama kali yang kita dapatkan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Permasalahan yang dihadapi oleh Desa Cimarangih adalah dimana penduduknya berkisar 200 penduduk. Penduduk desa tersebut bermata pencarian rata-rata sebagai petani. Desa tersebut memiliki permasalahan, dimana tingginya angka putus sekolah yang terjadi pada tataran SD. Hampir 75% tidak tamat sekolah SD. Hal ini terjadi dikarenakan letak antara desa Cimarangih
dengan SD terdekat berjarak 10 km dan tidak ada transportasi umum melewati desa Cimarangih dengan SD terdekat. Sehingga banyak anak tidak lanjut bersekolah di karenakan sulitnya medan yang harus di tempuh untuk menuju SD. Sementara itu orang tua dari anak-anak yang putus sekolah ini, rata-rata sanggup menyisihkan uang untuk membeli rokok sebesar 2000 rupiah per-hari.

Dengan masih rendahnya tingkat pendidikan di desa Cimarangih maka kami berinisiatif untuk turut serta berpartisiasi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidkan bagi anak dan pengetahuan bagi orang tua.

Master Plan CSR Desa Cimarangih



“School for the Children and Guidance for Parents”  
  • Nama kegiatan CSR : School for the Children and Guidance for Parents
  • Tujuan kegiatan CSR :
Membangun sekolah
Dari data yang diperoleh hampir 75% anak-anak tidak tamat SD karena letak SD terdekat yang berjarak 10 km, tidak ada transportasi umum yang melewati desa dan sulitnya medan yang harus ditempuh untuk menuju SD terdekat. Pembangunan SD dilokasi terdekat dirasa sangat tepat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar sehingga nantinya setiap anak dapat bersekolah dan tamat SD. Hal ini selaras dengan program pemerintah dalam bidang pendidikan melalui Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2014 agar setiap anak wajib belajar 12 tahun yang dimulai sejak Juni 2015.
Pengarahan bagi orang tua
  1. Perlunya menjelaskan kepada orang tua akan pentingnya pendidikan bagi anak agar anak memiliki bekal di masa depan, sehingga dapat memperbaiki ekonomi keluarga dengan mendapatkan pekerjaan yang lebih layak sesuai kemampuan dan keahliannya masing-masing.
  2. Memberikan pengarahan akan bahaya rokok, sehingga diharapkan orang tua tidak lagi merokok dan uang yang disisihkan untuk membeli rokok dapat digunakan untuk keperluan lain yang lebih berguna.
Goal kegiatan CSR :
  1. Peningkatan tingkat kelulusan SD dan kualitas para peserta didik.
  2. Memberikan kesadaran kepada orang tua akan pentingnya pendidikan dan bahaya merokok.
Tolak ukur keidealan program CSR :
Program CSR yang kami lakukan sesungguhnya harus mampu mengubah perilaku masyarakat di desa Cimarangih. Dimana membangun sekolah sangat diperlukan dan memberikan pengarahan kepada orang tua agar dapat merubah pola pikir mereka.
Analisis kegiatan CSR : Kegiatan CSR yang kami lakukan termasuk jenis voluntary, dimana kami dengan sukarela ingin membantu mengatasi permasalahan yang terjadi.

Kebutuhan pendidikan yang sangat mendesak bagi anak-anak di desa Cimarangih merupakan hal yang sangat penting, oleh karena itu kami berupaya untuk membangun SD sebagai bentuk langkah nyata untuk menindak lanjuti masalah yang terjadi.
Bentuk media komunikasi penyebaran kegiatan CSR :
  • Pemanfaatan website sebagai media komunikasi CSR Perusahaan.
    Masyarakat umum dapat dengan mudah mengakses setiap program CSR yang telah kami lakukan sehingga tidak ada batasan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
     
  • Press statement
    Kegiatan ini sangat penting agar pers dan masyarakat umum dapat mengetahui sejauh mana kami melakukan program CSR yang bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.


PENUTUP

Kesimpulan

Kegiatan CSR merupakan wujud nyata kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar, dimana kegiatan CSR di bidang pendidikan merupakan salah satunya. Dengan membangun SD bagi anak-anak dan memberikan pengarahan kepada orang tua di desa Cimarangih diharapkan mampu mengurai permasalahan yang terjadi.

Setiap kegiatan tentunya diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat, agar masyarakat semakin sadar akan pentingnya pendidikan.

" Contoh Master Plan Corporate Social Responsibility (CSR) - Di Bidang Pendidikan "