PROGRAM SIARAN - Broadcasting TV - Dunia Public Relations

Terbaru

Monday, August 14, 2017

PROGRAM SIARAN - Broadcasting TV

PROGRAM SIARAN
BROADCASTING TV
Program Siaran - Program siaran dapat didefinisikan sebagai :
satu bagian atau segment dari isi siaran radio/tv secara keseluruhan. Perencanaan program menjadi tanggung jawab manajemen puncak pada stasiun penyiaran terutama manajer program. Departemen program memiliki kedudukan yang sangat strategis dalammenunjang keberhasilan stasiun penyiaran Program acara merupakan unsur yang sangat penting untuk menarik perhatian audience.
 

Management strategic program siaran

Management strategic program siaran terdiri dari :

A. Perencanaan program
B. Produksi dan akuisisi program
C. Eksekusi atau penayangan program
D. Pengawasan dan evaluasi program

Perencanaan program
  1. Program planning involves the development of
  2. short,medium and long range plans to permit the
  3. station to attain its programming and financial
  4. objectives (Pringle star,104)
Hal ini berarti:
Perencanaan program mencakup pekerjaan mempersiapkan rencana jangka pendek,menengah dan jangka panjang yang memungkinkan stasiun penyiaran untuk mendapat tujuan program dan tujuan penyiarannya.
 
Pada stasiun radio komersial pengelola program berupaya mengidentifikasi audience yang spesifik dan menyiarkan program kepada audience yang spesifik sepanjang siarannya.

Perencanaan program dalam stasiun radio mencakup pemilihan format dan isi program yang dapat menarik dan memuaskan kebutuhan audience yang terdapat pada satu segmentasi audience berdasarkan demografi tertentu,
 
perencanaanya mencakup mencari penyiar yang memiliki kepribadian dan gaya sesuai format sta. Radio yang bersangkutan.

Analisa dan strategi program


Perencanaan program pada dasarnya bertujuan memproduksi atau membeli program yang akan ditawarkan pada audience. Jika ingin berhasil maka harus mempunyai strategic marketing plan yang berfungsi sebagai panduan dalam penggunaan SDM yang dimiliki

Strategi pemasaran ditentukan berdasarkan analisa situasi , analisa ini terdiri atas analisa peluang dan analisa kompetitif

Analisa peluang
Analisa yang cermat terhadap pasar audience akan memberikan peluang bagi setiap penayangan program untuk diterima audience.
 
Analisa Kompetitif
Dalam mempersiapkan strategi dan rencana program pengelola harus melakukan analisa secara cermat terhadap persaingan stasiun penyiaran dan persaingan program yang ada pada suatu segmen pasar audience. Menurut Peter Pringle keberhasilan suatu program tv dalam melaksanakan programnya sangat bergantung pada 3 hal :

A. The ability to produce or buy programs with audience appeal ( kemampuan untuk memproduksi atau membeli program yang memiliki daya tarik bagi audience)

B. Air them at times when they can seen by the audience to which they appeal ( menayangkan pada waktu yang dapat dilihat oleh audience yang menjadi sasaran)

C. Build individual programs into a schedule that encourages viewers to tune to the station and remain with it from one program to another ( membangun sejumlah program individu ke dalam suatu jadwal yang dapat mendorong audience untuk menonton tv dan tetap pada salurannya dari satu program ke program berikutnya).
 
Sta. Tv komersial pengelola akan mengarahkan programnya untuk menarik audience spesifik diantara sejumlah besar audience umum. 
 
Pengelola sta tv menargetkan suatu audience umum dan berupaya untuk memberikan respon atas kesukaan orng-orang yang menonton.

Faktor yang mempengaruhi keputusan perencanaan program
1. Audience
2. Pengelola/pemilik
3. Pemasang iklan/sponsor
4. Regulator(peraturan pemerintah)

· Hal yang harus diputuskan dalam perencanaan program
1. Keputusan target audience
2. Keputusan target pendapatan

· Hal yang diperhatikan setiap pengelola media penyiaran ketika membuat perencanaan
1. Target audience
2. Target pendapatan
3. Tujuan Program
4. Mendapat sebanyak mungkin audience tertentu
5. Prestise
6. Penghargaan
7. Kepentingan publik
 
" PROGRAM SIARAN - Broadcasting TV "

No comments:

Post a Comment