Contoh Kerangka Riset Humas - Kerangka Penelitian Komunikasi



KERANGKA PENELITIAN I

A. Judul Penelitian
“ Pengaruh Weblog PT. Unilaver Indonesia dalam membangun citra perusahaan dimata Komsumen “
Unilever merupakan perusahaan Multinasional yang juga memiliki kantor cabang di Indonesia, Dalam membangun komunikasi serta hubungan yang baik dengan publiknya, Perusahaan ini juga membangun Weblog Korporat yang memiliki beragam fungsi dan juga tersedia dalam berbagai bahasa.

B. Rumusan Masalah
a)      Mengapa Weblog menjadi aspek yang berpengaruh bagi Unilever dalam membangun citra perusahaan?
b)      Bagaimana pengaruh Weblog Unilever dalam membangun citra perusahaan ?
c)      Bagaimana membangun Weblog yang mampu membawa citra positif perusahaan dimata Konsumen?
d)     Apa hambatan yang dialami PT Unilever dalam membangun citra melalui Weblog?


C. Landasan Teori
v  Teori 1 : Strategi E-PR
Menurut Bob Julius Onggo (2004) dalam bukunya Cyber Public Relations) strategi Cyber Public Relations untuk meningkatkan brand di publik meliputi:
1)      Website Perusahaan Website resmi (Official Site) dibangun sendiri oleh perusahaan dan disesuaikan dengan kebutuhan publikasi informasi perusahaan. Dengan website resmi, perusahaan dapat menyajikan informasi-informasi terkait dengan perusahaan secara keseluruhan, baik berupa profil perusahaan, berita terkini, katalog produk/jasa, dan lain-lain. Sehingga brand awereness konsumen dapat meningkat.
2)      Publisitas Situs Pencari (Google/ Yahoo) Search Engine (media pencari) adalah perangkat yang paling umum digunakan oleh para PR, apalagi seorang E-PR dalam kaitannya untuk membangun dan mempertahankan merek yang diembannya.
v  Teori 2 : Pengaruh E-PR Terhadap Brand Awarness
E-PR adalah satu-satunya cara untuk membangun brand di dunia maya, mengingat internet telah menghadirkan dunia maya disamping dunia nyata, demikian yang dikatakan oleh David Philips dan Philip Young dalam mendefinisikan E-PR dalam buku Online Public Relations. Begitu juga didukung oleh Watson & Noble (2007: 198) dalam buku Etika PR dan E-PR yang berpendapat bahwa PR online sebagai suatu cara 31 untuk mempersuasi publik untuk memiliki pendapat positif tentang organisasi dengan merubah awareness dan sikap publik.
Dan didukung dengan pendapat menurut Bob Julius Onggo dalam bukunya Cyber Public Relations yang mengungkapkan strategistrategi E-PR/ Cyber Public Relations (kata-kata E-PR yang dipakai oleh Bob Julius Onggo) dalam meningkatkan brand di publik. Sehingga dari teori-teori yang diungkapkan oleh para ahli penulis menyimpulkan adanya pengaruh strategi E-PR terhadap peningkatan brand awereness yang akan diteliti dalam penelitian ini.




KERANGKA PENELITIAN II
A. Judul Penelitian
“Strategi Komunikasi Partai Golkar dalam meningkatkan Kredibilitas & Citra Calon Pilkada”
Masing-masing partai Politik memiliki stratrgi komunikasi masing-masing dalam rangka meningkatkan kredibititas dan juga citra para calong kepala daerahnya dalam rangka menuju singgah sananya.
Begitu pula dengan Partai Golkar ( Golongan Karya ) yang juga memiliki strategi komunikasi tersendiri dalam dalam memenangkan pemilu.

B. Rumusan Masalah
1)      Strateggi seperti apa yang efektif dalam meningkatkan Kredibiitas dan Citra Calon Pilkada?
2)      Bagaimana Partai Golkar bekerja menerapkan strategi Komunikasi dalam membangun Citra & Kredibilitas Calon Pilkada?

C. Landasan Teori
Menurut Frank Jeffkins (2004: 65) mengemukakan bahwa ruang lingkup tujuan PR itu ternyata sangat luas. Melalui serangkaian pembahasan yang mendalam, maka beberapa di antaranya yang pokok adalah sebagai berikut :
1)      Untuk mengubah citra umum di mata khalayak sehubungan dengan adanya kegiatankegiatan baru yang dilakukan perusahaan.
2)      Untuk menyebarluaskan cerita sukses yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakat dalam rangka mendapatkan pengakuan.
3)      Untuk meningkatkan bobot kualitas calon pegawai.
4)      Untuk memperbaiki hubungan antara perusahaan itu dengan khalayaknya, sehubungan dengan telah terjadinya suatu peristiwa yang mengakibatkan kecaman, kesangsian, atau salah paham di kalangan khalayak terhadap niat baik perusahaan.
5)      Untuk mendidik para pengguna atau konsumen agar mereka lebih efektif dan mengerti dalam memanfaatkan produk-produk perusahaan.
6)      Untuk mendukung keterlibatan perusahaan sebagai sponsor dari penyelengaraan suatu acara.
7)      Untuk memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas,serta membuka pasarpasar ekspor baru. 16
8)      Untuk mempersiapkan penerbitan saham tambahan atau karena adanya perusahaan yang go public.
9)      Untuk meyakinkan khalayak bahwa perusahaan mampu bertahan atau bangkit setelah krisis.
10)  Untuk meningkatkan kemampuan dan ketahanan perusahaan dalam rangka menghadapi risiko pengambil alihan.
11)  Untuk menciptakan identitas perusahaan yang baru.
12)  Untuk menyebarluaskan informasi mengenai aktivitas dan partisipasi para pimpinan perusahaan organisasi dalam kehidupan sosial sehari-hari.
13)  Untuk memastikan para politisi bener-benar memahami kegiatan-kegiatan atau produk perusahaan yang positif, agar perusahaan yang bersangkutan terhindar dari peraturan, undang-undang, dan kebijakan pemerintah yang merugikan.
14)  Untuk menyebarluaskan kegiatan-kegiatan riset yang telah dilakukan perusahaan.










KERANGKA PENELITIAN III
A. Judul Penelitian
“Efektifitas Bantuan Google Adsense dalam membantu pemecahan masalah bagi Publisher Iklan Google”
Google Adsense merupakan salah satu Produk Google yang menyediakan fasilitas layanan iklan bagi Publisher (pemasang) iklan yang ingin memasang iklan di situs mereka dengan mengharapkan Fee (imbalan). Demi meningkatkan kualitas layanan iklanya Google Adsense juga menyediakan layanan Bantuan Google Adsense yang berupa artikel dan juga video.
Bantuan Google Adsense ini dikhususkan untuk Publisher Adsense yang mengalami masalah-masalah dalam mengakses fasilitas dari Google Adsense.

B. Rumusann Masalah
1)      Masalah apa yang dapat atau tidak dapat dipecahkan dengan Bantuan Google Adsense?
2)      Apakah para Publisher dapat memecahkan masalah mereka setelah membaca Bantuan Google Adsense?
3)      Mengapa Publisher lebih memilih Bantuan Google Adsense untuk memecahkan masalah dibanding mencari solusi lain?

C. Landasan Teori
Tugas Public Relations, menurut Rumanti, Maria Assumpta (2002: 39) terbagi dalam lima tugas pokok Public Relations sehari-hari, yaitu :
1)     Menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas penyampaian informasi secara lisan, tertulis, melalui gambar (visual) kepada publik, supaya publik mempunyai pengertian yang benar tentang organisasi atau perusahaan, tujuan, serta kegiatan yang dilakukan
2)     Memonitor, merekam, dan mengevaluasi tanggapan serta pendapat umum atau masyarakat
3)     Memperbaiki citra organisasi Bagi Public Relations, menyadari citra yang baik terletak pada :
a.      Bagaimana organisasi dapat mencerminkan organisasi yang dipercayai, memiliki kekuatan, mengadakan perkembangan secara berkesinambungan yang selalu terbuka untuk dikontrol dan dievaluasi
b.     Dapat dikatakan bahwa citra tersebut merupakan gambaran komponen yang kompleks.
4)     Tanggung jawab sosial Public Relations merupakan instrument untuk bertanggung jawab terhadap semua kelompok yang berhak terhadap tanggung jawab tersebut. Terutama kelompok publik sendiri, publik internal, dan pers. Penting diusahakan bahwa seluruh organisasi bersikap terbuka dan jujur terhadap semua kelompok atau publik yang ada hubungannya dan memerlukan informasi. Suatu organisasi mempunyai kewajiban adanya usaha untuk pelayanan sosial yang harus menjadi tanggung jawab, “pintu terbuka”. 15
5)     Komunikasi Public Relations mempunyai bentuk komunikasi yang khusus, komunikasi timbal-balik, maka pengetahuan komunikasi menjadi modalnya. Dalam fungsinya, komunikasi itu sentral.