Contoh Backgrounders Restaurant [Fiktif] - Dunia Public Relations

Terbaru

Monday, July 31, 2017

Contoh Backgrounders Restaurant [Fiktif]

CONTOH BACKGROUNDERS RESTAURANT
[FIKTIF]

For Immadiate Release
29 Maret 2016

BACKGROUNDERS
Bon Appetite Restaurant

A. Selayang Pandang

“Bon Appetite Restaurant” adalah salah satu perusahaaan yang bergerak di bidang kuliner yaitu makanan Italia. Bon Appetite kini di kenal oleh para pecinta makanan Italia dari di Indonesia hingga mancanegara. Restaurant ini didirikan oleh Haniya, selaku Direktur utama dan merangkap sebagai kepala chef, pada tanggal 22 Juni 1994 di Jalan Jendral Basuki Rahman No. 55 Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Bon Appetite Restaurant mengawali usahanya dengan membuka sebuah kedai kecil dan menyajikan beberapa menu andalannya, yaitu Fettuccine Alfredo, Ayam Parmigiana, Prosciutto, Tiramisu, dan Kopi Italia.

Seiring waktu, tingkat konsumen terhadap menu andalan yang disajikan Bon Appetite Restaurant semakin meningkat . Dan untuk menjaga dan meningkatkan tingkat konsumennya, Bon Appetite Restaurant akan melaunching 2 menu barunya dalam waktu yang bersamaan yaitu pada tanggal 25 Desember 2016 yakni linguine alle Vongole dan Pizza Margherita. 

B. Sejarah singkat perusahaan

Bon Appetite Restaurant berdiri pada pertengahan tahun 1994, tepatnya pada tanggal 22 juni 1994. Bon Appetite Restaurant sendiri ini didirikan oleh Haniya alkaff S.pd yang juga menjabat sebagai Direktur utama Restoran ini. Awalnya hanya iseng mencoba keahlianya dalam dunia kuliner yaitu mengola masakan Itali. Akhirnya haniya memberanikan diri untuk membuka kedai sederhanan di JL. Jedral Basuki Rahman No. 55 Lebak Bulus, Jakarta Selatan yang kini menjadi pusat dari Bon Appetite Restaurant itu sendiri. Restaurant ini hanya khusus menyediakan masakan Italia.

Bon Appetite itu sendiri di ambil dari bahasa italia yang berarti “selamat makan” alasan sang pemilik memberi nama itu hanya ingin membuat siapa saja yang datang memiliki kesan tersendiri, dalam mengartikan nama restorannya.
 
Tahun 1994 - 1999.
Di tahun ini Bon Appetite Restaurant Resmi dibuka pada pertengahan tahun 1994 di jalan Jendral Basuki Rahman No. 55 Lebak Bulus, Jakarta Selatan.
 
Tahun 1999 - 2004Tahun 2003 tepatnya tanggal 7 Mei prusahaan ini membuka 2 cabang, yakni di Kebayoran, Jakarta Pusat dan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Bukan hanya di dalam Nengeri Bon Appetite Restaurant juga berhasil memperkenalkan Restaurantnya sampai ke Negara tetangga, yaitu Malaysia, singapura dan Brunei Darusallam. Baik melalui media massa maupun mulut ke mulut.
 
Tahun 2004 - 2009Sukses membuka 2 cabang baru Bon Appetite Restaurant berhasil mendapatkan rekor MURI setelah berhasil mengadakan Event makanan yang di tujukan kepada 1000 anak panti asuhan dan para lansia. Event ini di buat untuk memperingati hari anak nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli, dan hari lanjut usia (lansia) yang jatuh pada tanggal 29 Mei. Karena berhasil mendapatkan Penghargaaan dari event tersebut Restoran ini terus meningkatkan Kinerjanya, ditahun 2006 Bon Appetite Restaurant Melaunching Menu barunya lagi yaitu Pasta Carbonara, di awal tahun 2007 Bon Appetite Restoran membuka Cabangnya lagi, tepatnya di jalan Mawar No. 49 lembang, Bandung Jawa Barat. Di tahun 2009 Bon Appetite Restaurant kembali membuka cabang yaitu di Georgetown, Malaysia  
 
Tahun 2009 – 2014
Di tahun ini Bon Appetite Restaurant banyak menuai kesuksesannya. Bukan hanya behasil membuka cabanngnya di Malaysia, tetapi juga berhasil mendapatkan penghargaan dari Indonesian Bisnis “The Young Bisnis” sebagai pengusaha muda sukses. Dan juga mendapatkan rekor sebagai Restaurant Italia terbesar dan terlaris di Indonesia. Setelah sukses membuka 3 cabang baik di Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan Bandung. Kini Bon Appetite Restaurant juga membuka 4 cabang lagi yakni di Bali, Yogyakarta, Solo, dan juga Padang tepatnya pada pertengahan tahun akhir tahun 2011 sampai akhir tahun 2013.
 
Tahun 2014 - sekarangPada tahun ini Bon Appetite Retaurant memperingati telah berdirinya restaurantnya selama 20 tahun ini, tepatnya pada tanggal 22 Juni 2014. Selain itu juga pada awal tahun 2015 restaurant ini berhasil meraih penghargaanya sebagai restaurant Italia Tertua di Indonesia, dan pada tahun 2016 Bon Appetite Restaurant berencana akan memperkenalkan 2 menu barunya yaitu linguine alle Vongole dan Pizza Margherita, dan akan menluncurkan menu barunya pada tanggal 22 April 2016 bertempat di Denpasar, Bali.

C. Kampanye dan Event

Berbagai kampanye dan Event yang dilakukan oleh Restoran Bon Appetit :

Selama 22 tahun berdiri Restaurant Bon Appetite telah banyak melakukan kegiatan dan menghasilkan penghargaan. Dan berikut kegiatan yang dilakukan oleh Restaurant Bon Appetite:
  1. Awal di resmikannya Bon Appetite Restaurant, tanggal 22 Juni 1994 di Jalan Jendral Basuki Rahman No. 55 Lebak Buluk, Jakarta Selatan. Bon Appetite Restaurant berhasil memperkenalkan menu andalannya yaitu Fettuccine Alfredo, Ayam Parmigiana, Prosciutto, Tiramisu, dan Kopi Italia. Tak di sangka menu adalannya berhasil menuai pujian dari para pelangan karena rasa yang dan tampilannya. Sukses membuka cabang baru tahun 2003, Bon Appetite Restaurant mengadakan event makan gratis untuk satu hari itu. Event ini di tujukan untuk orang – orang yang berulang tahun pada hari yang sama.
     
  2. Di tahun 2004 Bon Appetite Restaurant kembali mengadakan Event makan yang ditujukan kepada 1000 anak panti asuhan dan para lansia. Event ini di buat untuk memperingati hari anak nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli, dan hari lanjut usia (lansia) yang jatuh pada tanggal 29 Mei. Di tahun yang sama Restaurant ini mendapatkan rekor MURI, karena event tersebut. Sukses dengan eventnya pada tahun 2006 Bon Appetite Restaurant juga melaunching menu barunya yaitu Pasta Carbonara. Peluncuran menu barunya ini disambut meriah oleh para pecinta makanan Italia.
     
  3. Tepat di tahun 2007 Bon Appetite Restaurant membuka cabangnya kembali, kali ini kota Bandung pilihanya bertempat di jalan Mawar No. 49 Lembang, Bandung Jawa Barat. Untuk meresmikan cabang barunya Bon Appetite Restaurant mengadakan promosi dengan cara mengajak para pelangan untuk mengikuti lomba makan, siapa saja yang bisa menghabiskan makanan dala waktu 10 menit, dialah pemenangnya, dari kegiatan tersebut sebagian uang yang Bon Appetite Restaurant dapatkan akan di bagikan kepada anak panti asuhan, anak jalanan, pengamen dan pengemis.
     
  4. Demi meningkatkan minat orang – orang terhadap makanan Italia, Restoran ini mencoba keberuntungannya dengan membuka cabangnya yakni di Malaysia tepatnya pada tahun 2009. Selain di mancanegara Restaurant ini kembali membuka cabang di 4 kota lainnya yakni Bali, Yogyakarta, Solo, dan juga Padang tepatnya pada akhir tahun 2013 sampai awal tahun 2013. Di tahun 2016 Bon Appetite Restaurant berencana akan memperkenalkan 2 menu barunya yaitu linguine alle Vongole dan Pizza Margherita, dan akan menluncurkan menu barunya pada tanggal 22 April 2016 bertempat di Denpasar, Bali.

D. Mitra Kerja

Restaurant kami telah menjalin hubungan dengan berbagi mitra. Upaya ini di lakukan untuk kepentingna restaurant kami. Berikut adalah daftar mitra kerja di restaurant kami :
  • Pada tahun 1995 “Bon Appetite Restaurant” menjalin hubungan dengan PT. Lazmuse Indonesia sebagai supplier bahan-bahan pokok yang dibutuhkan oleh restaurant.
  • Pada akhir tahun 1995 Bon Appetite Restaurant mendapatkan label halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).
  • Pada tahun 1996 Bon Appetite Restaurant mendapatkan izin BP POM RI dan juga YLKI (yayasan lembanga kesehatan Indonesia)
  • Pada tahun 1997 kami menjalin hubungan dengan PT. Spezia Condimento, perusahaan ini bergerak dalam bidang bumbu bumbu khusus masakan italia.
  • Pada tahun 1999 Bon Appetite Restaurant bekerjasama dengan Hotel venezuela sebagai penyedia menu utama yaitu Alfredo, Ayam Parmigiana, Prosciutto, dan Tiramisu.

E. Biografi singkat

Haniya AlkaffBeliau adalah pendiri Bon Appetite Restaurant, yang juga menjabat sebagai Direktur Utama. Beliau lahir di Aceh 22 Desember 1972, menyelesaikan pendidikan terakhir diperguruan tinggi ternama di Canada Universitas of Santiaco. Sebelum meneruskan pendidikan S2 di Canada beliau pernah berkuliah di univesitas Negeri Malaysia jurusan kuliner Academy. Selain itu beliau juga pernah bekerja di restaurant internasional di Canada sebagai asisten chef. Beliau sosok pemimpin tegas, pekerja keras, bertanggung jawab, namun di balik ketegasanya beliau sosok seorang wanita yang baik hati dan juga lemah lembut. Di bawah kepemimpinannya, Bon Appetite Restaurant banyak menerima penghargaan. Bukan hanya penghargaan yang Bon Appetite Restaurant dapatkan tetapi karena kerja kerasnya kini Bon Appetite Restaurant berhasil membuka 7 cabangnya.

Hanan
Lahir di Bandung 1 januari 1986, kulah S1 di Universitas Bali jurusan Ilmu Komunikasi, dan menyelesaikan pendidikan terakhir disalah satu Universitas ternama di Rusia jurusan Public Relation. Beliau adalah Manajer PR di Bon Appetite Restaurant. Beliau bekerja dan bergabung di restaurants ini sejak 7 tahun yang lalu. Selama menjabat sebagai Manajer PR, Ia telah berhasil membuat inovasi baru bagi Bon Appetite Restaurant karena ide - ide yang kreatifnya jugalah Bon Appetite dapat di kenal bukan hanya di Indonesia tetapi juga di Macanegara. Karena itupula omset yang di dapat Bon Appetite Restaurant melebihi target yang sudah di tentukan.

F. Implikasi Ke Masa Depan

Kami berharap semoga Restaurant kami yang sudah berdiri hampir 23 tahun ini menjadi Restaurant yang akan terus berjaya sampai tahun yang akan datang dan dapat menghasilkan inovasi baru dalam mengkreasikan masakannya. Selain itu juga dapat membuat menu-menu barunya lagi dan dapat di kenal sampai ke mancanegara. Di akhir tahun 2016 tepatnya pada tanggal 22 Desember Bon Appetite Restaurant berencana memperkenalkan dan melaunching menu barunya yaitu linguine alle Vongole dan Pizza Margherita. Sekaligus Restaurant kamipun siap untuk bersaing sehat dengan restaurant lainnya tanpa meberi kesan buruk kepada saingan kami.

###

CP :
Agelica Sharon
Asisiten Manajer “Bon Appetite Restaurant”
Telp : 089796540214
Email : sharonAgelica214@gmail.co.id
 
" Contoh Backgrounders Restaurant [Fiktif] "

No comments:

Post a Comment