Kepemimpinan dalam Komunikasi Organisasi

KEPEMIMPINAN DALAM
KOMUNKASI ORGANSASI


Arti Pemimpin - Pemimpin adalah seseorang yang menduduki suatu posisi di kelompok, mempengaruhi orangorang dalam kelompok itu sesuai dengan ekspektasi peran dari posisi tersebut dan mengkoordinasi serta mengarahkan kelompok untuk mempertahankan diri serta mencapai tujuannya (Raven).

Kepemimpinan pada dasarnya berhubungan dengan keterampilan, kecakapan, tingkat pengaruh yang dimiliki seseorang

Artikel terkait lainya :


ARTI PEMIMPIN

pemimpin, arti pemimpin,pemimpin organisasi


  1. Pemimpin adalah seseorang yang mempunyai pengikut (Drucker).
  2. Pemimpin adalah seorang yang memulai suatu tindakan, memberi arah, mengambil keputusan, menyelesaikan perselisihan di antara anggota kelompok, memberi dorongan, menjadi panutan, dan berada di depan dalam aktivitasaktivitas kelompok (Sears).
  3. Kepemimpinan adalah suatu proses yang kompleks di mana seseorang mempengaruhi orang-orang lain untuk mencapai suatu misi, tugas, atau suatu sasaran, dan mengarahkan organisasi dengan cara yang membuatnya lebih kohesif dan masuk akal.
  4. Proses memengaruhi orang lain di mana seorang pemimpin mengajak anak buahnya secara sukarela berpartisipasi guna mencapai tujuan (Kreiner).
  5. Usaha untuk memengaruhi individu atau kelompok dengan memadukan unsur kekuatan diri, wewenang yang dimiliki, ciri kepribadian, dan kemampuan sosial untuk bisa memengaruhi perilaku orang lain (Hersey).
  6. Kemampuan membujuk, meyakinkan, memotivasi, menginspirasi serta menggunakan kekuasan dengan bernar untuk mengubah orang lain (Center For Creative Leadership).


Makna dan Tujuan Kepemimpinan


  • Membantu orang untuk menegakkan kembali, mempertahankan dan meningkatkan motivasi mereka.
  • Membantu orang-orang lainnya untuk memperoleh hasil yang diinginkan.
  • Pemimpin bertindak dengan cara-cara yang memperlancar produktivitas, moral tinggi, resons yang energik, kecakapan kerja yang berkualitas, komitmen, efisiensi, sedikit kelemahan, kepuasan, kehadiran, dan kesinambungan dalam organisasi. 

Teori-Teori Kepemimpinan

1. Teori Sifat
Pemimpin itu dilahirkan, bukannya dibuat Seseorang yang dilahirkan sebagai pemimpin akan menjadi pemimpin tanpa memperhatikan apakah ia mempunyai sifat atau tidak mempunyai sifat sebagai pemimpin. 

2. Teori Kelompok
Memiliki dasar perkembangan yang berakar pada psikologi sosial. Agar kelompok bisa mencapai tujuantujuannya, harus terdapat suatu pertukaran yang positif di antara pemimpin dan pengikut-pengikutnya.

3. Teori Situasional
Pembawaan yang harus dimiliki seorang pemimpin adalah berbeda-beda, tergantung dari situasi yang sedang dihadapinya. 

Seseorang yang menjadi pemimpin tidak berkaitan dengan kepribadiannya, melainkan sangat berkaitan dengan berbagai faktor seperti rentetan kejadiankejadian dan keadaan-keadaan yang mengelilingi kelompok itu.

4. Teori Interaksional
Ciri-ciri individual dan situasi tempat kelompok berada, kedua-duanya menentukan siapa yang menjadi pemimpin.

Pemimpin-pemimpin itu terlahir (born) dan terbentuk (made), karena pemimpin itu memerlukan kemampuan dan keterampilan tertentu, tetapi bila situasi dan kebutuhan kelompok berubah, demikian pula orang yang diterima sebagai pemimpin juga berubah.

5. Teori Kontijensi (Kontingensi)
Menghubungkan efektivitas seorang pemimpin dengan aspek-aspek situasi tempat kelompok itu bekerja, sehingga faktor-faktor tertentu seperti struktur tugas, hubungan personal antara pemimpin dengan kelompok serta basis/dasar kekuasaan saling berinteraksi menentukan gaya kepemimpinan mana yang efektif bagi situasi itu. 

6. Teori Jalan-Tujuan
Efektivitas seorang pemimpin didasarkan atas kemampuannya di dalam menimbulkan kepuasan dan motivasi para anggota kelompok, dengan menggunakan rancangan insentif untuk ganjaran dan hukuman bagi mereka yang berhasil atau gagal dalam mencapai tujuan kelompok. 

7. Teori Kepemimpinan Karismatik
Pengikut memberikan atribut-atribut heroik atau kemampuan kepemimpinan yang luar biasa nila mereka mengamati perilaku-perilaku para pemimpin itu. 

8. Teori Kepemimpinan Transformasional
Pemimpin membimbing atau memotivasi pengikutnya ke arah tujuan yang telah ditentukan dengan cara menjelaskan ketentuanketentuan tentang peran dan tugas. 


KOMPONEN KEPEMIMPINAN



  • Komponen Strategi
  • Komponen Tindakan
  • Komponen kebudayaan
  • Kelompok Sosial-Politik
  • Komponen Moral
  • Komponen Manajemen Kepemimpinan
Gaya Kepemimpinan



  1. Gaya Kepemimpinan KontinumMemiliki dua bidang pengaruh, yaitu bidang pengaruh pimpinan dan kebebasan bawahan.
  2. Gaya Managerial GridPemimpin berhubungan dengan dua hal, yakni produksi di satu pihak dan orang-orang di pihak lain.
  3. Gaya Tiga DimensiGaya kepemimpinan yang yang cocok dan yang mempunyai pengaruh terhadap lingkungannya.
  4. Gaya Empat Sistem ManajemenKeberhasilan pemimpin adalah jika berorientasi pada bawahan, dan mendasarkan pada komunikasi. 

Gaya Kepemimpinan yang Paling Efektif

1. Gaya Terbaik-Tunggal
Orientasi dan keahlian orang yang mempengaruhi menghasilkan perbedaan. Bila akan membantu orang lain untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan, menggunakan kepemimpinan, maka akan paling efektif bila menggunakan gaya yang mempunyai peluang tertinggi untuk ditanggapi secara positif.

2. Gaya Terbaik-Bersyarat
Gaya pemimpin yang menggunakan kombinasi perilaku komunikatif yang berbeda ketika menaggapi keadaan sekelilingnya, dalam keadaan tersebut pemimpin berusaha membantu yang lainnya untuk mencapai hasil yang diinginkan

Kepemimpinan dalam Komunikasi Organisasi "