Iklim Komunikasi Organisasi - Definisi & Pokok Persoalan - Dunia Public Relations

Terbaru

Friday, March 10, 2017

Iklim Komunikasi Organisasi - Definisi & Pokok Persoalan

IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI
DEFINISI & POKOK PERSOALAN


Definisi Iklim Organisasi - Menurut Tagiuri (1968) iklim organisasi adalah kualitas yang relatif abadi dari lingkungan internal organisasi yang dialami oleh anggota-anggotanya, mempengaruhi tingkah laku mereka serta dapat diuraikan dalam istilah nilai-nilai suatu set karakteristik tertentu dari lingkungan.

Menurut Payne dan Pugh (1976), iklim organisasi adalah suatu konsep yang merefleksikan isi dan kekuatan dari nilai-nilai umum, norma, sikap, tingkah laku, dan perasaan anggota terhadap suatu sistem sosial.

Artikel terkait :


DIMENSI IKLIM ORGANISASI

definisi organisasi, komunikasi organisasi

Dimensi iklim organisasi menurut Litwin dan Stringers (1968) :
  • Rasa tanggung jawab
  • Standar atau harapan tentang
  • Kualitas pekerjaan
  • Ganjaran atau reward
  • Rasa persaudaraan
  • Semangat tim
Iklim organisasi dapat dipelajari dengan mengobservasi jumlah otonom secara individual, kebebasan yang dialami oleh individu, tingkat dan kejelasan struktur dan posisi yang dibebankan kepada pekerja, orientasi ganjaran dari organisasi dan banyaknya sokongan serta kehangatan yang diberikan kepada pekerja.

IKLIM KOMUNIKASI

Ada hubungan yang sirkuler antara iklim organisasi dengan iklim komunikasi. Tingkah laku komunikasi mengarahkan pada perkembangan iklim organisasi.

5 Dimensi iklim komunikasi menurut Redding (goldhaber 1986) :
  • Supportiveness atau bawahan mengamati bahwa hubungan komunikasi mereka dengan atasan membantumereka membangun dan menjaga perasaan diri berharga dan penting.
  • Partisipasi membuat keputusan
  • Kepercayaan, dapat dipercaya dan dapat menyimpan rahasia
  • Keterbukaan dan keterusterangan
  • Tujuan kinerja yang tinggi, pada tingkat mana tujuan kinerja dikomunikasikan dengan jelas kepada anggota organisasi.
Gibbs menegaskan bahwa tingkah laku komunikasi tertentu dari anggota organisasi mengarahkan pada iklim supportiveness. Di antara tingkah laku tersebut adalah :
  1. Deskripsi
  2. Orientasi masalah
  3. Spontanitas
  4. Empathi
  5. Kesamaan
  6. Provosionalism


POKOK PERSOALAN UTAMA DARI IKLIM KOMUNIKASI

  • Persepsi mengenai sumber komunikasi dan hubungannya dalam organisasi 
  • Persepsi mengenai tersedianya informasi bagi anggota organisasi
  • Persepsi mengenai organisasi itu sendiri.
Kepuasan Komunikasi Organisasi
Adalah tingkat kepuasan seorang karyawan dalam mempersepsikan lingkungan secara keseluruhan. Iklim mencakup kepuasan anggota organisasi terhadap informasi yang tersedia.

Iklim komunikasi jelas dipengaruhi oleh persepsi bagaimana baiknya aktivitas komunikasi dari suatu organisasi memuaskan tuntutan pribadi. Kepuasaan komunikasi tidaklah terikat kepada konsepsi efektivitas pesan.

Hubungan Komunikasi Organisasi dengan Kepuasan Kerja.
Kepuasan kerja merupakan respons seseorang terhadap bermacam-macam lingkungan kerja yang dihadapinya. Hasil penelitian Navy O’Reily dan Robert mendukung dengan kuat bahwa ada hubungan kualitas dan kuantitas komunikasi dengan kinerja organisasi. Pemimpin sebagai orang yang bertanggung jawab dalam organisasi dapat memberikan kontribusi dalam organisasinya.

Dengan melakukan hal-hal yang merupakan tanggung jawabnya, berarti pemimpin secara tidak langsung ikut membantu karyawan dalam mencapai kepuasan kerjanya, antara lain :
  1. Semua pimpinan haruslah menetapkan tujuan bagi karyawannya.
  2. Semua pimpinan harus melatih karyawannya dan membantu mereka menjadi lebih efektif dalam pekerjaannya
  3. Semua pimpinan harus meninjau kemajuan karyawannya dalam bentuk hasil dan tujuan yang telah dicapainya dan tidak menghargai kegagalan tapi hasil nyata dari tujuan mereka.
  4. Semua pimpinan harus memberikan bimbingan
  5. Semua pimpinan hendaklah menggunakan metode baru dalam kelompok dan bidang mereka untuk membuat anggota kelompok terus menarus menjadi lebih efektif
  6. Pimpinan harus membuat perencanaan untuk masa datang
  7. Pimpinan harus mengembangkan kemampuan orangorangnya.
  8. Memberikan standar sosial dan finansial dalam menghargai prestasi karyawan.
Implikasi Iklim Komunikasi Organisasi Bagi Pengembangan Karir.
Organisasi dapat menentukan keahlian yang mesti diambil dari dalam dan luar organisasi dan yang dapat dikembangkan pada karyawannya. Informasi ini dapat dikomunikasikan kepada karyawan sehingga mereka tahu mengembangkan diri mereka sendiri dan bagaimana organisasi memajukannya.

Langkah-langkah Menuju Pengembangan Karier
  • Organisasi membuat suatu analisis tenaga kerja dari personel yang sekarang untuk menentukan ketersediaan sumber daya manusia dalam organisasi.
  • Organisasi menentukan kebutuhan tenaga kerjanya dari proyeksi tujuan dan objektif.
  • Organisasi membuat rencana jangka panjang yang memuat garis besar tujuan khusus dan objektif.
  • Organisasi menerima permohonan dan menginterviu, menyaring dan mempersiapkan daftar yang siap untuk membantu dan merencanakan pengembangan karier menurut kebutuhan organisasi dan kebutuhan kemajuan karyawan.
  • Organisasi mengkomunikasikan tenaga kerja yang diperlukan dan persyaratan pendidikan bagi semua personel dalam organisasi.
  • Organisasi menentukan pendidikan yang dibutuhkan untuk memajukan personel mengisi kategori pekerjaan yang diperlukan atau mulai meneliti secara eksternal untuk mengisi pekerjaan yang dibutuhkan.
  • Organisasi menghitung perbedaan di antara sumber daya manusia yang ada dengan yang dibutuhkan pada tiap-tiap kategori pekerjaan yang utama.
Iklim Komunikasi Organisasi - Definisi & Pokok Persoalan "

No comments:

Post a Comment