Cyber Marketing Public Relations - Marketing PR

CYBER MARKETING PUBLIC RELATIONS
MARKETING PR

Cyber Public Relations - Internet adalah saran yang ampuh untuk melakukan one-to one relations yang dapat dibangun secara simultan karena sifatnya yang interaktif. Hal ini berarti internet akan menjadi alat ampuh bagi sebuah dunia bisnis.

Cyber Public relations disingkat E-PR adalah inisiatif PR atau public relation yang menggunakan internet sebagai sarana publisitasnya.

E-PR dapat diartikan sabagai berikut :
E adalah Electronic. ”e” didalam E-PR sama halnya dengan “e” sebelum kata mail atau commerce yang mengacu pada media elektronik internet. P adalah Public dan R adalah Relations.

Artikel terlait :


MANFAAT MEDIA INTERNET BAGI PR

internet pr, marketing pr

Manfaat Media Internet bagi pelaku PR diantaranya adalah :
  1. Komunikasi konstan
  2. Respon yang cepat
  3. Pasar global
  4. Interaktif
  5. Komunikasi dua arah
  6. Hemat

FUGSI MEDIA INTERNET BAGI PR


  • E-PR mendukung offline PR dan 
  • Departemen Pemasaran Sebagai sebuah tim, dengan dukungan Offline PR dan departemen pemasaran dapat menghasilkan 3 R bagi suatu perusahaan yaitu :
  1. Relations
  2. Reputasi
  3. Relevansi

FOKUS UTAMA E-PR

Fokus uatam E-PR adalah membidik media online. Misalnya media berita tradisional yang juga memiliki situs online tersohor dan publikasi berorientasi web. Fokus lain E-PR adalah agar produk atau bisnis perusahaan disebutkan dibagian artikel editorial yang ada di situs web atau ezine lain yang terkenal.

E-PR DAN NEWSGROUP
Newsgroups dibuat sebagi sarana kumpul-kumpul online untuk bertukar informasi atas suatu minat tertentu dan membentuk suatu komunitas atas dasar minat tersebut. Setiap pengunjung newsgroup tersebut dapat memilih jenis komunitas tertentu berdasarkan topik dan minat masing-masing

Manfaat newsgroups bagi E-PR:
  1. Menjangkau calon pelanggan yang prospektif.
  2. Dapat berkomunikasi dan memupuk hubungan positif dengan publik.
  3. Riset pasar.
  4. Membangun reputasi .
  5. Traffic meningkat.
E-PR DAN MILLIS
Milis adalah istilah singkatan dari mail list artinya daftar alamat email. Memiliki milis akan mempercepat pengiriman infromasi kepada sekumpulan orang.

Berikut beberapa hal yang harus diingat jika bergabung sebagai anggota milis :
  1. Pastikan pesan sesuai dengan pokok yang sedang dibicarakan.
  2. Harus menjadi kontributor ide yang baik sebelum akhirnya pesan-pesan komersial kita ditanggapi dengan baik.
  3. Promosi dalam bentuk advertorial akan lebih disukai daripada yang terus terang.
  4. Advertorial ini akan lebih dihargai apabila kita bertindak sebagai orang ketiga dan bukan pemilik dari promosi tersebut.
  5. Periksa dan evaluasi milis mana yang mendatangkan lebih banyak respon dan kunjungan ke situs web serta mendatangkan hasil yang diharapkan.
  6. Pesan email harus berisi desakan atau dorongan agar mereka bertindak berdasarkan apa yang kita inginkan tanpa terkesan menggurui.


E-PR DAN PUBLIKASI ONLINE

Mempublikasikan newsletter eletronik (ezine) sendiri dapat meningkatkan keharuman reputasi perusahaan. Ezine atau majalah elektronik adalah versi online suatu majalah. Ezine sarat akan informasi artikel dan solusi. Banyak ezine juga menampilkan sponsor promosi. Beberapa ezine berbasis web dan email, yang paling populer adalah dikirim melalui email.

Publikasi online merupakan salah satu strategi E_PR yang dimanfaatkan dengan berbagai cara sekaligus untuk meningkatkan traffic ke situs web korporat. Jadi dengan menjalankan E_PR kita dapat :
  1. Langsung memasang iklan di ezine tertentu.
  2. Menulis artikel advertorial
  3. Mengirimkan press release
  4. Membangun dan mengembangkan ezine korporat sendiri.


E-PR DAN IKLAN ONLINE

Sejumlah keuntungan dalam membangun dan mempertahankan publisitas lewat sponsor di media on line adalah :
  1. Respon dari suatu iklan on line dapat dengan mudah diukur bahkan hanya dalam satu hari dengan menganalisi traffic web.
  2. Banyak informasi yang dapat diberikan dapat melebihi jumlah informasi yang dapat diberikan dari suatu kampanye iklan tradisional
  3. Biaya untuk menjalankan kampanye iklan on line lebih terjangkau dibandingkan lewat media tradisional
Banyak direktur media online atau periklanan online setuju bahwa iklan yang ditaruh di suatu newsletter elektronik merupakan salah satu bentuk iklan online yang saat ini paling efektif. Karena setiap perusahaan yang sudah memiliki email dapat menjadi sasaran publisitas kampanye E-PR perusahaan kita.

Megingat enzine juga merupakan email maka sangat disarankan memilih ezine yang tepat dan disukai oleh target publik yang pas untuk industri/produk kita. Ada beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam menjadi sponsor suatu enzine yaitu :
  1. Tanpa Riset yang baik
  2. Cuma sekali-sekali saja
  3. Desain dan stratgei format yang kurang efektif
  4. Penulisan yang kurang mengigit
  5. Link yang tidak berfungsi.
MEDIA SOSIAL
Media sosial adalah sebuah media online (aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar web 2.0), dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wikipedia, forum, dan dunia virtual.

Ciri-ciri Media Sosial :
  1. Pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang, namun bisa ke berbagai banyak orang, contohnya pesan melalui SMS ataupun internet.
  2. Pesan yang disampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu gatekeeper.
  3. Pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat dibandingkan dengan media lainnya.
  4. Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi.


PERAN DAN FUNGSI MEDIA SOSIAL

Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas.

Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien.

Media sosial seperti blog, facebook, twitter, dan youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak, iklan televisi, brosur  dan selebaran.


MANFAAT MEDIA SOSIAL

Media sosial memiliki kelebihan dibandingkan media konvensional antara lain :
  1. Kesederhanaan ; Untuk memproduksi media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing yang sangat unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan bahkan untuk orang tanpa dasar IT pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanya komputer dan koneksi internet.
  2. Membangun Hubungan ; Media sosial menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan feedback langsung, ide, serta pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Berbeda dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.
  3. Jaringan Global ; Media tradisional dapat menjangkau secara global, tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat mengomunikasikan informasi dalam sekejap terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memnungkinkan untuk menyesuaikan konten untuk setiap segmenpa pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna.
  4. Terukur ; Dengan sistem tracking yang mudah, pengiriman pesan dapat teruur, sehingga perusahaan dapat langsung mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan waktu lama.

FUNGSI MEDIA SOSIAL

Fungsi-fungsi media sosial terkait dengan sistem komunikasi, yaitu :
  1. Administrasi ; Pengorganisasian profil karyawan perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dengan posisi pasar perusahaan sekarang dan pembentukan sebuah blog organisasi yang terintegrasi kontennya dalam masyarakat yang relevan, serta riset pasar.
  2. Mendengarkan dan Belajar ; Pembuatan sistem pemantauan untuk mendengar apa yang pasar inginkan dan apa yang relevan dengan mereka.
  3. Berfikir dan Perencanaan ; Dengan melihat tahap 1 dan 2, bagaimana agar tetap di depan pasar dan bagaimana berkomunikasi dengan pasar, serta Bagaimana teknologi sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan pasar.
  4. Pengukuran ; Menetapkan langkah-langkah efektif sangat penting untuk mengukur apakah metode yang digunakan efektif dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar.

JENIS-JENIS MEDIA SOSIAL

Media sosial yang paling banyak digunakan, diantaranya :
  • Facebook
  • Linkedln
  • Twitter
  • Pinterest
  • Instagram
  • Path
  • MindTalk
  • Google Plus

PERBANDINGAN MARKETING TRADISIONAL & DI MEDIA SOSIAL


Marketing Tradisional
Marketing di media sosial
Khalayak

-Sebagai konsumen dan target
pemasaran
-Jumlahnya terbatas, berkaitan
dengan demografi pembaca media
- Sebagai konsumen sekaligus
berperan dalam menyebarkan ke
khalayak lain (friendvertising)
Biaya Pemasaran
Memerlukan biaya untuk membuat
iklan atau membayar durasi
Biaya bisa diminimalkan, bahkan
beberapa kasus tidak diperlukan
biaya
Target Konsumen
Terbatas
Tidak terbatas
Jenis Media
Tergantung jenis iklan, apakah audio,
visual atau audio-visual
Sangat beragam dan jenis iklan bisa
muncul secara bersamaan
Waktu
Terbatas dan disesuaikan dengan
masa tayang iklan tersebut di media
massa
Tidak terbatas, sebuah iklan bisa
diakses kapan dan dimana saja
karena sudah menjadi dan tersimpan
di database
Kebutuhan Biaya
Cenderung memerlukan biaya dan
terkadang menjadi anggaran tetap dan
dalam jumlah besar
Biaya bisa ditekan seminimal
mungkin






































" Cyber Marketing Public Relations - Marketing PR "