Contoh Laporan pembuatan Weblog Korporat - Makalah Weblog - Dunia Public Relations

Terbaru

Tuesday, March 28, 2017

Contoh Laporan pembuatan Weblog Korporat - Makalah Weblog

CONTOH LAPORAN PEMBUATAN WEBLOG KORPORAT
MAKALAH WEBLOG

#Note : Berikut ini adalah contoh laporan pembuatan swbuah Weblog Korporat  untuk perusahaan. Perlu diingat bahwa Perusahaan yang kami gunakan disini adalah Perusahaan Fiktif atau tidak ada dikehidupan nyata serta materi-materi yang kami gunakan juga merupakan hal yang dibuat sepenuhnya untuk menuntaskan mata kuliah Cyber Public Relations .

1. Silahkan gunakan sebagai refrensi
2. Jika ingin mencopy ataupun mengutip silahkan cantumkan sumber: www.duniapublicrelations.com
3. Hargai kerja keras tim penyusun dengan share di media sosial kamu.

Artikel terkait lainya :

PENDAHULUAN


Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmatnya sehingga kamidapat menyelesaikan tugas mata kuliah kami yaitu Cyber Publik Relations dengan membangun Weblog Korporate tepat pada waktunya yang kami harapkan dapat membawa manfaat tidak hanya untuk kami, namun juga untuk siapa saja yang menggunakan makalah ini dengan baik

Pada kesempatan kali ini tak lupa kami mengucapakan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah menyediakan jasa di Internet maupun seluruh tim yang bertugas dalam penuntasan tugas kali ini. Dan pada kesempatan yang singkat ini pula kami ingin menjelaskan sedikit mengenai tugas kami ini.

Pada tugas kami kali ini kami mengambil perusahaan yang bergerak dibidang penerbangan yang kami gambarkan sudah berusia 8 tahun dan telah memiliki sebanyak 5 kantor cabang yang tersebar di kota-kota besar diseluruh nusantara. Alasan kami memilih perusahaan penerbangan adalah karena Maskapai memiliki lingkup perusahaan yang luas dari segi operasional, manajemen maupun pemasaranya memiliki sistem yang cukup kompleks dibandinkan perusahaan makanan dll.

Dalam membangun Web Korporat kali ini kemi menggunakan platform dari Blogger dengan domain yang diCustom dari sebuah web penyedia domain gratis dengan ekstensi .(dot) TK yaitu Freenom.com. Alasan kami mengcutom domain kami yaitu karena kami rasa akan lebih terlihat profesional jika menggunakan domain TLD dibanding menggunakan sub domain seperti .blogspot.com ataupun .wordpress.com.

Terakhir untuk segi template kami ingin agar perusahaan kami ini terlihat memiliki kredibilitas tinggi sehingga kami telah memaksimalkan template yang disesuaikan dengan gaya perusahaan seperti wana, karakter dll.

Dalam pembuatan Wblog kali ini kami masih merasa sangat jauh dari kata sempurna untuk itu sebuah saran maupun kritik yang membangun sangat kami harapkan sebagai bahan evaluasi untuk tugas selanjutnya yang lebih baildan tak lupa kami meminta maaf apabila dalam pembuatan proposal ini masih banyak terjadi kesalahan. Akhir kata kami ucapkan terima kasih.
Download Makalah Web blog ini versi presentasi ada di : Download Presentasi Cyber PR - Pembuatan Web Blog Maskapai

BAB I
LATAR BELAKANG


1.1. Latar Belakang

Penggunaan internet saat ini pengaruhnya telah merambah ke segala sendi-sendi kehidupan sehingga menjadi sebuah media massa yang sangat potensial dengan ratting yang tinggi untuk membangun popularitas dibarengai dengan citra positif bagi siapa saja yang mempu menggunakanya dengan baik.

Kedatangan medium baru ini telah memunculkan gaya komunikasi PR yang baru dimana dengan adanya internet seorang praktisi PR dapat dengan mudah berhubungan dengan publiknya melalui Internet secara berkala, Two way communication dan juga tidak terbatas dengan adanya ruang dan waktu.

Saat ini blog selain digunakan sebaga media promosi, blog sekarang juga telah menjadi Trend yang digunakan untuk membangun kredibilitas sebuah tokoh maupun perusahaan dimana blog tersebut dapat dijadikan suatu gambaran sebuah perusahaan untuk mencerminkan kemumpunian sebuah perusahaan lewat blog yang dibangun dengan baik

Untuk itu, demi meningkatkan citra korporate serta meunjukan kredibilitas PT. Komodo Airlines, pada kesempatan kali ini kami ingin membangun sebuah wadah baru perusahaan. Tempat dimana pencari informasi mengenai perusahaan dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari yaitu dengan adanya weblog yang kaya akan informasi.

Dengan dibangunya weblog tersebut diharapkan masyarakat akan lebih mengenal PT. Komodo Airlines lebih jauh sehingga terciptalah sebuah Brand Awarness dimata pelanggan maupun calon pelanggan demi kelangsungan perusahaan dan juga tercapainya sebuah visi PT. Komodo Airlines.

1.2. Tujuan Pembuatan Weblog

Dalam pembuatan Weblog Korporat kali ini kami telah memiliki beberapa Goals / tujuan seperti :

  1. Meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata masyarakat khususnya pelanggan
  2. Menyeriakan informasi perusajaan kepada publik yang membutuhkan
  3. Memperkenalkan perusahaan kepada pelanggan-pelanggan baru
  4. Menjaring pelanggan potensial dari para pencari informasi di internet
  5. Membantu mempromosikan perusahaan
  6. Sebagai tempat layanan konsumen berbasis online yang menyediakan informasi yang bermanfaat dan edukatif
  7. Menjalin komunikasi dengan pelanggan melalui kolom komentar
  8. Meninggkatkan citra korporat agar lebih

1.3. Target Audiens

Demi tercapainya tujuan dari Weblog kali ini, kami telah menentukan sasaran atau target pembaca potensial yang kami kami harap dapat sesuai dengan isi dari Weblog ini, target tersebut seperti :

A.Target Berdasarkan Gender & Usia
  1. Perempuan dengan umur mulai dari 21 Tahun – 45 Tahun
  2. Laki – Laki dengan umur mulai dari 20 tahun – 50 Tahun
B. Target pembaca berdasarkan profesi
  1. Pemilik perusahaan atau direktur
  2. Karyawan swasta atau PNS
  3. Mahasiswa / Mahasiswi


BAB II
STRATEGI PEMBUATAN


2.1. Rencana Konten

A. Home Page
Pada bagian Home page kali ini akan kita isi :
  1. Slide foto berupa Logo perusahaan
  2. Menu bar yang di-Link ke halaman lain seperti : Halaman About, halaman Berita dan media, Halaman Alamat & Contact, Halaman Daftar Mitra, halaman Karir dan Lowongan dan Link Menuju Blog / Ezine.
  3. Profil dan foto pendiri yang berisi link ke media sosial masing-masing pendiri
  4. Press release dan berita-berita atau event perusahaan, yang diletakan di kolom / rubik berita dan media
  5. Halaman Alamat & Kontak, berisi : Alamat lengkap, lokasi perusahaan melalui Google Maps, No Telp, Email, Informasi alamat blog / Ezine, Formulir Kontak bagi yang ingin menirim pertanyaan dengan mengisi formulir, 
  6. Widget Footer berisi : Beberapa ikon sosial media yang di tautkan dengan milik perusahaan. Ikon-ikon tersebut berisi seperti : Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus, Pinterest, Viemo dan juga RSS / Feed bagi yang ingin berlangganan update Weblog.
  7. Rubik Tentang Kami, berisi laman Profil perusahaan, Kualitas Pelayanan dan juga Visi & Misi Perusahaan
  8. Informasi Fasilitas
  9. Informasi Stake Holder
  10. Press Release

2.2. Strategi Pembuatan Weblog

A. Pemilihan Platform
Pada pembuatan Weblog kali ini kami akan memnggunakan platform untuk membangun blog dengan detai sebagai berikut :
  1. Hosting : Blogger.com
  2. Domain : Custom Domain dengan Ekstension (dot) .TK, dari penyedia jasa domain : Freenom.com
  3. Url :

2.3. Strategi SEO

2.3.1. SEO On Page
  • Memanfaatkan HTML Tag, yang disematkan di Body Template
  • Memanfaatkan HTML Tag pada gambar seperti Favicon dll
  • Penggunaan Heading pada tulisan / artikel seperti : H1 Untuk judul atau Tagline, H2 Untuk Subjudl dan H3 untuk anak judul.

2.3.2. SEO Of f Page
  • Mendaftar ke Google Webmaster Tools dan submit sitemap
  • Menanam Backlink di Ezine yang sebelumnya dibuat
  • Memanfaatkan sosial media sebagai alat menaruh backlink

2.4. Rencana Desain / Layout

Desain atau Layout dari Weblog yang akan dibangun telah kami gambarkan dalam bentuk denah seperti dibawah ini :


BAB III
LAMPIRAN MATERI


3.1. Profil Perusahaan

“PT. Komodo Airlines” adalah salah satu perusahaan pernerbangan terbesar di Indonesia, perusahaan ini dipimpin oleh Alvan Hidayat, selaku direktur utama. Perusahaan ini memulai sejarah penerbangannya pada tahun 2009, pada tanggal 22 Februari 2009 untuk pertama kalinya Komodo Airlines dengan boeing 989-300 digunakan untuk menerbagi indonesia bagian selatan tepatnya kota padang, yang berisikan 50 orang penumpang serta 7 awak kapal. 

Seiring berjalannya waktu Komodo Airlines, kini memiliki lebih dari 15 armada, yang sudah menerbangi seluruh penjuruh dunia. Untuk menjaga kepuasan serta untuk membuat para penumpang merasa nyaman, PT. Komodo Airlines akan mengeluarkan pesawat terbarunya dengan nomor boeing 999-400 yang sengaja dibuat dengan fasilitas yang lebih dari pesawat – pesawat Komodo Airlines lainnya. 

Armada Airbus A340-303 Super Diamond Seat yang pertama dari keempat pesawt Airbus yang akan diterima ditahun 2016. Sementara dengan Boeing 999 yang bernomor registrasi PK-GIK

3.2. Visi & Misi

A. Visi
Memnjadi perusahaan penerbangan terbaik dengan menyediakan pelayanan yang berorientasi terhadap pelanggan dan tumbuh menjadi perusahaan mutinasional.

B. Misi
  • Menyediakan jasa transportasi udara yang aman & terjangkau
  • Efisiensi sumber daya & Sinergi tim
  • Merambah pasar internasional

3.3. Filosofi Perusahaan

Kami percaya bahwa penting untuk menciptakan kesadaran terpadu antara staf kami. Filosofi KAL telah ditetapkan sebagai pola pikir, seperangkat nilai - nilai atau sikap bahwa setiap orang yang bekerja pada layanan KAL dan produk harus berbagi pemikiran, yang memungkinkan untuk semua karyawan kami untuk berdiri bersama-sama dan bertindak, karena kami bekerja sama untuk terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan kami, meningkatkan nilai perusahaan kami, dan memberikan kontribusi pada perbaikan masyarakat.

3.4. Alamat & Kontak

01. Kamtor Pusat : Jakarta - Jl. Jend. Gatot Subroto No.Kav 12-13, 
Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, 
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930, Indonesia.
  • Telp. : (021) 0020 22121
  • Fax. : (021) 1121 32212

02. Kantor Cabang 1 : Bandung - Jl. Pahlawan No.70 
Neglasari,Cibeunying Kaler, 
Kota Bandung, Jawa Barat 40124, Indonesia
  • Telp. : (021) 2120 00212
  • Fax. : (021) 2999 91202

03. Kantor Cabang 2 : Surabaya - Jl. Sarutama No.10
Ujung Semampir,
Kota Surabaya, Jawa Timur 60155, Indonesia
  • Telp. : (021) 6606 61206
  • Fax. : (021) 7272 77172

04. Kantor Cabang 3 : Medan - Jl. Gajah Mada No.48, 
Sei Sikambing D, Medan Petisah, 
Kota Medan, Sumatera Utara 20114, Indonesia
  • Telp. : (021) 2898 29182
  • Fax. : (021) 9991 00991

05 Kantor Cabang 4 : Manokwari – Jl. Cenrawasih Sowi, 
Manokwari Selatan,
Kabupaten Manokwari, Papua Barat. 98315, Indonesia.
  • Tlp. : (021) 29201 21212
  • Fax : (021) 2239 219021 

06. Kantor Cabang 5 : Balikpapan - Jl. Marsma R. Iswahyudi, 
Sepinggan, Balikpapan Sel., 
Kota Balikpapan,Kalimantan Timur 76115, Indonesia
  • Tlp. : (021) 0210 212921
  • Fax. : (021) 9991 092021


3.5. Daftar Mitra

Berikut ini adalah daftar perusahaan yang sedang atau pernah bekerja sama dengan PT. Kodomo Airlines :
v Travel-mate.com ( 2015 – sekarang )
Komodo Airlines bekerja sama dengan Travel-mate dalam bidang pelayanan berupa penyediaan fasilitas pembelian tiket online yang dapat di-booking melalui aplikasi / website ini kapan saja secara online.

v Hotel Trans Silvania ( 2010 – sekarang )
Dalam rangka memberikan pelayanan terbaiknya pihak Komodo Arilines bekerja sama dengan Hotel trans Silvania dalam urusan penyediaan penginapan atau hotel bagi setiap penumpang pesawat yang ingin sekalian memesan hotel dengan membeli tiket pesawat + paket menginap di hotel.


3.6. Print Screen Weblog 





BAB IV
PEUTUP


4.1. Kesimpulan

Memiliki Weoblog bagi perusahaan saat ini memang bisa dibilang sebagai tolak ukur keberhasilan sebuah perusahaan dalam membangun hubungan yang baik dengan konsumen / publik dan dengan adanya Weblog perusahaan kali ini dharapkan mampu menjadi wadah baru yang dapat menyediakan informasi yang publik cari berkaitan dengan perusahaan.

Karena citra yang baik tercipta atas dasar saling pengertian antara perusahaan/organisasi dengan publiknya baik itu publik internal maupun eksternal, jadi pembuatan weblog ini merupakan langkah yang tepat demi memberikan kepuasan publik atas informasi.

4.2. Saran

Dalam pembuatan Weblog kali ini berdasarkan pengalaman yang kami dapatkan demi evaluasi di lain kesempatan kali ini kami telah merangkum beberapa saran yang diharapkan dapat membangun, seperti :

  1. Jangan gunakan domain gratisan jika ingin menunjukan bahwa perusahaan kita tersebut profesional.
  2. Memilih / menyesuaikan tema weblog merupakan tahap yang palin sulit yaitu ketikan menyesuaikan gaya template dengan karakter perusahaan, jadi pastikan bahwa tema / template yang kita pilih benar-benar sesuai dan membawa ciri dari perusahaan kita.
  3. Jangan bolehkan Komentar pada tiap-tiap halaman atau artikel, karena Webslog bukan merupakan tempat berinteraksi dengan pelanggan melainkan hanya tempat untuk menyediakan informasi seputar perusahaan.
  4. Gunakan hosting berbayar agar lebih mudah mengelola konten.
  5. Sediakan link yang Relevan untuk menuju Profile ataupun laman pendukung lainya.

LAMPIRAN

Dalam lampiran ini adalah berisi konten-konten atau isi yang telah kami ambil dari situs Google.com kami gunakan dalam mebangun Weblog tersebut seperti : (isi dengan materi yang kamu gunakan)


" Contoh Laporan pembuatan Weblog Korporat - Makalah Weblog "

No comments:

Post a Comment