Contoh Laporan Analisis Event - Managemen Event PR

CONTOH LAPORAN ANALISIS EVENT
MANAGEMENT EVENT PR

#Perhatian! : Berikut ini merupakan Contoh hasil analisis event / acara yang telah digunakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Management Event, Teman-teman bisa menggunakan hasil analisis ini untuk tambahan refrensi ataupun untuk teman-teman yang ingin mengutip juga boleh namun harap cantumkan sumber yaitu : www.duniapublicrelations.com Thanx.

Artikel terkait lainya :


CONTOH ANALISIS EVENT "JAKARTA MAU KERJA"


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena atas rahmat-Nyalah kami dapat menyelesaikan makalah Event management ini.

Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan makalah ini. Saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan bagi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat khususnya bagi mahasiswa/i Bina Sarana Informatika. Tidak lupa kami meminta maaf apabila dalam pembuatan makalah ini masih banyak terjadi kesalahan.  Baca : Ribuan Job Seeker datangi Job Fair "Jakarta Mau Kerja "

Akhir kata kami ucapkan terima kasih semoga laporan ini bermanfaat.

BAB I
LATAR BELAKANG

1.1. Latar Belakang 

Tenaga kerja yang terampil dan profesional merupakan kunci keberhasilan untuk menjalankan dunia usaha. Selama ini perusahaan sering mengalami kesulitan mencari Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas sesuai kebutuhan perusahaan, padahal jumlah pencari sangat banyak. Jumlah penganggur yang tercata pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi di kota Jakarta sampai dengan bulan Februari 2017. Keadaan tersebut menyebabkan para pencari kerja bersaing dengan ketat untuk mengisi lowongan kerja yang jumlahnya sangat terbatas. 

Selain kesempatan kerja yang sangat terbatas, para pencari kerja juga mengalami kesulitan memperoleh informasi lowongan kerja diperusahaan, banyak perusahaan yang tidak mengumumkan secara terbuka, baik di koran maupun media lain, mengenai kebutuhan SDM. Di lain pihak banyak perusahaan yang tidak mengetahui keberadaan pencari kerja. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah berkewajiban membantu perusahaan agar memperoleh tenaga kerja yang berkualitas, terampil dan profesional yang sekaligus memfasilitasi para pencari kerja untuk memperoleh informasi dan melamar pekerjaan sesuai dengan pendidikan, keterampilan, bakat dan minat nya melalui penyelenggaraan Job Fair dan ketenagakerjaan.

Melalui Job Fair dan Expo ketenagakerjaan diharapkan rekrutmen tenaga kerja menjadi lebih mudah. Pencari kerja yang merasa kurang memperoleh informasi dapat mengetahui adanya lowongan dan kesempatan pekerjaan yang ditawarkan perusahaan. Disisi lain, perusahaan yang memerlukan tenaga kerja secara efektif dan efisien dapat bertemu langsung dengan calon pekerja di lokasi yang terorganisir tempat dan waktunya, sehingga dapat menghemat biaya rekrutmen.

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1. Landasan Teori

2.1.1. Event management 
Menurut Kennedy (2009:1) dalam bukunya management event, “event management adalah bagian dari ilmu management yang merancang dan mengembangkan suatu kegiatan dengan tujuan untuk mengumpulkan masyarakat disuatu lokasi dan melakukan beberapa aktifitas yang sudah diatur untuk mendapatkan informasi atau suatu kejadian”.

Dari uraian tersebut peneliti dapat menjelaskan kembali bahwa event management merupakan salah satu bagian dari ilmu management yang membuat sekaligus mengembangkan suatu kegiatan yang bertujuan untuk menyatukan masyarakat atau orang-orang disuatu lokasi dan melakukan beberapa kegiatan yang sudah diatur untuk mendapatkan informasi atau melihat suatu kejadian. 

Event management juga dapat dijadikan sebagai salah satu strategi komunikasi pemasaran yang digunakan sebuah perusahaan seperti publikasi, peluncuran produk baru, kegiatan konferensi pers, seminar, pameran, perusahaan merancang kegiatan promosi suatu produk dalam membantu perusahaan untuk memberikan informasi dan menyampaikan pesan kepada public atau klien menggunakan berbagai cara untuk menarik target sasaran public agar mereka mengunjungi kegiatan atau acara yang sudah dibuat oleh perusahaan. 

Ada 6 jenis-jenis event dalam Megananda dan Wijaya, (2009:9), yaitu antara lain : event perusahaan, event promosi, event pribadi, event pendidikan, event olah raga dan event seni. 

Devinisi hubungan masyarakat sangat beragam. Hampir semua buku yang berisi tentang Humas mempunyai devinisi sendiri mengenai apa itu Humas. Thomas mengungkapan Public Relation adalah usaha yang direncanakan secara terus menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakat. Pendapat ini menunjukan bahwa Public Relations dianggap sebuah proses atau aktifitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi (Coulsin- Thomas,”Public Relations;Pedoman Praktis UNKTR”, 2002),

2.1.2. Kegiatan Public Relations
Public relation mempunyai banyak peran penting, salah satu peran utama public relations adalah sebagai komunikator perusahaan, lembaga, organisasi, atau perorangan yang diwakili oleh publiknya, baik internal atau insternal. 

Menurut A. fayol dikutip dari Ruslan (2005:23-24), mengemukakan beberapa kegiatan public relations, antara lain: 
  1. Membangun citra dan identitas perusahaan, menciptakan citra dan identitas perusahaan yang positif, dan mendukung kegiatan komunikasi timbal balik atau komunikasi dua arah dengan berbagai pihak.
  2. Mengahadapi krisis 
  3. Promosi masalah kemasyarakatan. Kegiatan mempromosikan masalah kemasyarakatan ini terbagi atas: mengkampanyekan masalah yang menyangkut kepentingan public dan mendukung kampanye social.
2.1.3. Event organizer
Event organizer (EO) memiliki berbagai nama seperti event coordinator, event planner, maupun event management. Namun secara garis besar, tetap memiliki fungsi dan tugas yang sama. Menurut Natoradjo (2011) , EO adalah perusahaan yang bercirikan : 
  • EO adalah sebuah bisnis dan profesi yang menawarkan jasa.
  • EO mengumpulkan dan mempertemukan khalayak untuk sebuah tujuan.
  • EO bertanggung jawab melakukan penelitian, membuat desain event, merencanakan, melakukan kordinasi, supervisi, dan pengawasan terhadap pelaksanaan, kelangsungan, realisasi dan keberhasilan sebuah event.
  • EO memproduksi atau menghadirkan sebuah event untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan atas permintaan klien, penyelenggara, orang atau instansi yang mempunyai hajat. Dengan kata lain, EO adalah pelaksana acara yang melakukan pekerjaannya atas permintaan klien.


BAB III
PEMBAHASAN

3.1. Nama & Tema Event
  • Event ini mengambil nama : Jakarta Mau Kerja
  • Tema yang diambil adalah : Job Fair, Festival
3.2. Penyelenggara & Klien
  • Pihak EO yang mengorganisir acara ini adalah : Want Jobs
3.3. Tujuan Pelaksanaan Event
Berikut adalah tujuan dari diselengarakanya event “Jakarta Mau Kerja” ini :
  • Sebagai sarana atau wadah bagi para pencari kerja untuk menemukan perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja / karyawan
  • Membantu perusahaan dalam menemukan tenag kerja
  • Membantu perusahaan-perusahaan yang beru merintis (Start-up) dalam mencari tenaga kerja
3.4. Peserta Event
Peserta dalam acara ini dibagi menjadi 3 jenis yaitu perusahaan peserta, pencari kerja dan juga peserta umum yang telah kami uraikan seperti dibawah ini :

3.4.1. Perusahaan Peserta 
Perusahaan peserta yang berpartisipasi dalam acara tersebut terdiri dari :
  • Bank BNI
  • Bank BJB
  • Honda
  • Astra Motor
  • Panin Bank
  • Bank Danamon
  • MayBank
  • OTO Group
  • Mayora, Dll
3.4.2. Pencari Kerja
Perseta yang / pencari kerja yang ikut dalam acara ini adalah Job Seeker dengan kualifikasi minimal lulusan SMA/Sedrajat hingga S1.

3.4.3. Peserta Umum
Acara tersebut selain dikhususkan untuk pencari kerja / perusahaan juga dibuka untuk umum seperti rekan-rekan pers yang ingin meliput ataupun masyarakat yang ingin melihat-lihat bursa kerja ini.

3.5. Rundown Acara


RUNDOWN JOB FAIR 2017, SELASA, 14 MARET 2017
Waktu
Event
Speaker
Acara Pembukaan
08.00
Registrasi Peserta
Panitia
08.30 – 08.35
Choir Concert
Gita Swara
08.35 – 08.40
Pembukaan Event
Panitia
08.40 – 08.45
Choir Concert
Gita Swara
Presentasi Perusahaan
08.45 – Selesai
Presentasi Perusahaan
Perusahaan Peserta Event


3.6. Sponsorship 
Berikut adalah daftar sponsor yang turut mendukung acara tersebut : 
  • Dapur Jadul 
  • Indomaret 
3.7. Media Partner 
Berikut adalah daftar media yang bekerjasama dengan acara ini : 
  • Liputan6.com 
  • JakartaEvent.com 
  • KMK Online 
  • EVENT JAKARTA 
  • HAIEVENT.com 
  • Kampus Center 
  • Seputar Event 
  • Duniapublicrelations.com 
3.8. Media Publikasi 
Pada acara tersebut media publikasi yang digunakan terbagi menjadi 2 media yaitu media Online dan juga Offline dengan rincian sebagai berikut : 

3.8.1. Media Online 
  • Twitter 
  • Facebook 
  • New Blog 
3.8.2. Media Offline 
  • X Banner 
  • Poster 
  • Spanduk 

BAB IV
PENUTUP 

4.1. Kesimpulan 
Demikian makalah event management ini kami buat, panitia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membantu para lulusan SMA maupun perguruan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat serta bidang nya dengan cepat dan tepat. 

Akhirnya, kami selaku penyelenggara job fair 2017 mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kerjasama dari berbagai pihak terkait. 

4.2. Saran-saran 
Menurut kami secara kesulurah event job fair ini terlaksana dengan baik dan memenuhi target peserta yang hadir. 

DAFTAR PUSTAKA 

Kennedy, management event, 2009. 
Wijaya dan Megananda, management event, 2009.r5t

LAMPIRAN

Masukan bukti kunjungan bisa berupa foto, brosure tiket maupun masuk ke lokasi.

" Contoh Laporan Analisis Event - Managemen Event PR "