Apa itu Program Dokumenter?? - Mengenal Sejarah & Macam Dokumenter

APA ITU PROGRAM DOKUMENTER??
MENGENAL SEJARAH & MACAM DOKUMENTER

Sejarah dokumenter - Tahun 1922 Vertov menampilkan manifestasinya dengan sebutan Kino Pravda (Film Kebenaran). Dalam kesempatan ini, Vertov menyatakan dalam teorinya
bahwa : “kamera merupakan mata film, dan film dokumenter bukan menceritakan suatu realitas objektif, melainkan suatu realita berdasarkan apa yang terlihat dan terekam oleh kamera , sebagai mata film.”

Karya film dokumenter Vertov lebih bersifat dokumenter propaganda, yang ditujukan bagi kepentingan penguasa komunis Uni Soviet. Pengertian dan jenis dokumenter
  • DokumenterFakta yang berdasarkan bukti-bukti dokumenter, catatan tertulis, sumber pelengkap, wawancara kontemporer, dan sejenisnya.
  • Cinema Varite & Direct CinemaSalah satu teori yang berkembang sebagai ide dasar film dokumenter yang betul-betul berlandaskan realita, ialah cinema varite‟ini. Biasa juga disebut sebagai Spontaneous Cinema, atau oleh Inggris dan Amerika disebut direct Cinema.
Artikel tarkait lainya :


MACAM-MACAM DOKUMENTER


  • Potret (Biografi)
  • Sejarah
  • Perbandingan
  • Kontradiksi
  • Laporan Perjalanan (Travel)
  • Ilmu Pengetahuan (edukasi & Instruksional)
  • Nostalgia
  • Reskontruksi
  • Investigasi
  • Assosiation Picture Story
  • Doku Drama (Dokumenter Drama)
  • Diary (Buku Harian)
  • Reportase

PROSES PEMBUATAN PROGRAM DOKUMENTER


  1. 1Direncanakan
  2. Tidak Direncanakan
  3. Tidak Sengaja Direncanakan
Perbedaan Dokumenter dan feature

Jika seorang produser menyiapkan data-data yang benar, menyeluruh, dan tidak memihak tentang sesuatu hal atau seseorang, itulah dokumenter

Jika dia tidak terlalu terikat pada kebenaran dan tujuan awalnya adalah mempengaruhi imajinasi seseorang, walaupun berdasarkan fakta, ini adalah feature

DOKUMENTER PADA TELEVISI


Secara umum cerita non fiksi dalam format siaran televisi, merupakan gaya bertutur jurnalistik yang dibagi dalam 5 kategori :
  1. Berita Aktual (Reportase)
  2. Feature
  3. Magazine
  4. Dokumenter Televisi
  5. Dokumenter Seri
1. Berita Aktual (Reportase)
Bentuk ini dipakai dalam laporan berita report/news. Sebagai contoh pada acara siaran televisi swasta, Liputan 6, Cakrawala, Seputar Indonesia, dsbnya. Dimana ditayangkan sejumlah reportase dokumenter berdurasi pendek dari beberapa peristiwa.

2. Feature
Suatu bentuk dokumenter berita yang menyuguhkan suatu tema/topik tertentu, dengan mengadakan wawancara, dilengkapi dengan komentar atau narasi.
Contoh : Liputas Khusus

3. Magazine
Ini merupakan suatu paket berita pada acara televisi, yang menyuguhkan minimal 3 tema/topik. Magazine atau biasanya disebut majalah udara pada radio,adalah gabungan uraian fakta dan opini, yang dirangkai dalam satu mata acara
Contoh : Spektrum di TVRI, Horrison di Indosiar

4. Dokumenter TV
Suatu tema / topik tertentu, disuguhkan dengan gaya bercerita sesuai dengan keinginan pembuatnnya. Memakai narasi dan ilustrasi musik sebagai penunjang gambar visual picture story. Perbedaan dokumenter dan reportase ialah dokumenter menampilkan suatu peristiwa tidak secara garis besarnya saja, seperti gaya reportase.

Dokumenter Televisi memiliki nuansa serta orientasi luas, dari mulai sebab sampai akibat, serta proses kejadian atau peristiwa dari tema tersebut sampai hal ini sama dengan dokumenter film.

5. Dokumenter Seri
Suatu penyuntingan dokumenter berdurasi panjang, dibagi dalam beberapa sub tema atau episode. Didalam dokumenter seri sebuah tema disuguhkan dengan memakai gaya bertutur suatu perbandingan atau konradiksi. 
Contoh : tema „kriminalitas‟, dalam setiap seri diambil kasus-kasus kriminalitas dari beberapa daerah atau negara.

" Apa itu Program Dokumenter?? - Mengenal Sejarah & Macam Dokumenter "