Memahami Komunikasi dalam Kelompok & Organisasi - Dunia Public Relations

Terbaru

Thursday, February 16, 2017

Memahami Komunikasi dalam Kelompok & Organisasi

MEMAHAMI KOMUNIKASI
DALAM KELOMPOK DAN ORGANISASI

Komunikasi - Terjadi di segala aspek penjuru dunia dimana komunikasi ini memakan 80% aktifitas manusia baik itu Komunikasi Interpersonal maupun Komunikasi Intra Personal. Begitu pula dalam kelompok maupun organisasi yang pada dasarnya terbentuk dan hancur dengan keberadaan Komunikasi.

Seperti yang akan Dunia Public Relations bahas pada kesempatan kali ini yaiu Memahami Komunikasi dalam Kelompok & Organisasi. Untuk selengkapnya silahkan sobat simak ulasan dibawah ini.
Baca juga :

MEMAHAMI KOMUNIKASI KELOMPOK DAN ORGANISASI


Ronald B Adler dan George Rodman dalam bukunya Understanding Human Communication membagi kelompok dalam tipe yakni ;
  1. Kelompok Belajar (Learning Group), diarahkan pada peningkatan pengetahuan dan kemampuan masing-masing anggotanya.
  2. Kelompok Pertumbuhan (Growth Group), lebih ditunjukan untuk membantu para anggota kelompok mengidentifikasi dan peduli terhadap permasalahan pribadi yang dihadapi.
  3. Kelompok pemecahan Masalah (Problem Solving Group) bertujuan untuk memecahkan persoalan bersama yang dihadapi suatu kelompok.
Metode Pengambilan keputusan dalam kelompok Menurut Adler dan Rodman
  1. Kewenangan tanpa diskusi
  2. Pendapat Ahli
  3. Kewenangan setelah diskusi
  4. Kesepakatan
Dari metode pengambilan keputusan di atas tidak ada yang terbaik dalam arti tidak ada ukuran-ukuran yang menjelaskan bahwa sama metode lebih unggul dibanding metode pengambilan keputusan lainnya.

Metode yang paling efektif yang dapat digunakan pada situasi tertentu, bergantung pada faktorfaktor:
  1. Jumlah waktu yang ada dan dapat dimanfaatkan
  2. Tingkat pentingnya keputusan yang akan di ambil oleh kelompok
  3. Kemampuan-kemampuan yang dimikili oleh pimpinan kelompok dalam mengelola kegiatan pengambilan keputusan tertentu
Kepemimpinan
Merupakan salah satu peran yang penting dalam interaksi kelompok karena kepemimpinan ini akan menentukan kuantitas dan kualitas komunikasi dalam kelompok.


Memahami Komunikasi dalam Organisasi

Gaya komunikasi adalah perilaku komunikasi yang dilakukan seseorang dalam suatu organisasi yang bertujuan untuk mendapatkan respons dari orang lain terhadap pesan organisasional yang disampaikan.

Dalam tataran teoritis, kita mengenal enam gaya komunikasi, yaitu …
  1. Controling StyleGaya komunikasi yang bersifat mengendalikan, ditandai dengan adanya satu kehendak atau maksud untuk membatasi, memaksa dan mengatur perilaku, pikiran dan tanggapan orang lain.
  2. The Equalitarian Style
    Adanya landasan kesamaan. Ditandai dengan berlakunya arus penyebaran pesan-pesan verbal secara lisan maupun tertulis yang bersifat dua arah (two-way traffic of communication)
  3. The Structuring Style
    Gaya komunikasi yang terstruktur ini, memanfaatkan pesanpesan verbal secara tertulis maupun lisan guna memantapkan perintah yang harus dilaksanakan, penjadwalan tugas dan pekerjaan serta struktur organisasi.
  4. The Dynamic Style
    Cenderung agresif, karena pengirim pesan atau sender memahami bahwa lingkungan pekerjaannya berorientasi pada tindakan (action-oriented)
  5. The Relinguishing Style
    Gaya komunikasi ini lebih mencerminkan kesediaan untuk menerima saran, pendapat ataupun gagasan orang lain, daripada keinginan untuk memberi perintah, meskipun pengirim pesan (sender) mempunyai hak untuk memberi perintah dan mengontrol orang lain.
  6. The Withdrawal Style
    Akibat yang muncul jika gaya ini digunakan adalah melemahnya tindak komunikasi, artinya tidak ada keinginan dari orang-orang yang memakai gaya ini untuk berkomunikasi dengan orang lain, karena ada beberapa persoalan ataupun kesulitan antarpribadi yang dihadapi oleh orang-orang tersebut.
Memahami Komunikasi dalam Kelompok & Organisasi "

No comments:

Post a Comment