Weblog & Perananya Bagi Perusahaan - Membuat Web Korporat - Dunia Public Relations

Terbaru

Wednesday, January 18, 2017

Weblog & Perananya Bagi Perusahaan - Membuat Web Korporat

WEBLOG & PERANANYA BAGI PERUSAHAAN
MEMBUAT WEB KORPORAT


Weblog - Seperti yang kita ketahui bahwa di zama yang serba cyber ini juga membawa pengeruh tersendiri bagi kegiatan PR yang sekarang mulai dituntut untuk menguasai media Internet seperti salah satunya adalah Weblog / Web korporat. Namun tidak hanya membangun web korporat yang dapat menciptakan  atau meningkatkan citra perusahaan, PR juga dituntut untuk mampu membangun hubungan yang baik melalui internet.

Time edisi Desember 2004 menjuluki tahun 2005 sebagai era ke-emasan “Blogging” Web blog dapat disebut sebagai buku harian pribadi yang ditampilkan secara on line di internet. Diary tersebut bisa dilihat orang banyak dan dapat dikomentari oleh pembacanya. Sebuah web blog juga dapat dilengkapi dengan halaman berita, pengumuman, polling dan berbagai fasilitas lainnya.
Baca : Mengenal Internet dan E-PR
Untuk membangun weblog pribadi beberapa situs weblog menyediakan fasilitasnya seperti :
Dengan blog, siapapun bisa menjadi jurnalis, dengan weblog bukan saja tulisan dan perasaan yang dapat di-publish-kan, namun juga berbagai format dokumen serta foto, gambar, dan format lain yang dapat diupload dan dibaca oleh siapapun.


weblog, web corporate, web perusahaan, tips weblog
membuat weblog
Weblog telah melahirkan istilah baru yaitu Blogonomics, artinya mendapatkan penghidupan lewat aktivitas blogging dengan jaringan blogger yang tergabung pada suatu weblog tang sesuai dengan minat mereka. Blogonomics ini memungkinkan para pengiklan memperoleh akses untuk mengkomunikasikan news advertorial mereka. 
Bagi suatu organisasi, weblog memungkinkan kolaborasi berbasis web yang lebih instan dan sangat user friendly dan dapat bertindak sebagai penyaluran knowledge management organisasi/perusahaan.

Blog sekarang menjadi trend yang digunakan untuk membangun kredibilitas suatu tokoh atau korporat yang akhirnya akan menarik pelanggan.

Blog adalah gudangnya hikmat dan best practices dari banyak pemikir dunia dan narasumber andal yang dulunya sulit didapat pihak publik. 
Baca : Belajar & mengenal 9 Teknik fotografi

TIGA JENIS BLOGGING


  1. Cat Blogs
    Blog hanya sekedar ceritera kegiatan sehari-hari tanpa ada sharing knowledge.
  2. Boss Blogs
    Blog komunikasi antara atasan dan bawahan yang termasuk dalam kategori corporate blog. 
  3. Viral Blogs
    Blog jenis ini adalah blog yang mengubah dan menambah dimensi “marketing”, jurnalisme dan penyebaran ide kreatif. Tujuannya menyebarkan ide dan gagasan.

Blogs dan Guerilla Marketing

Blogging telah menjadi kendaraan baru sedikit menyita waktu dan jauh lebih terjangkau di sisi biaya untuk menjangkau dan tetap berada diantara calon pelanggan dan konsumen tetap.

Blogging bukanlah ikan yang bersifat blak-blakan namun proses kerjanya mirip dengan konsep PR seperti yang diterapkan dalam konsep guerilla marketing yang dicetuskan oleh Jay Conrad Levinson.

Mengapa suatu bisnis harus membuat blog, alasan utamanya adalah konsumen saat ini sudah alergi atau tidak lagi peka akan pesan-pesan pemasaran atau iklan online.

Dalam perusahaan temukanlah seseorang untuk dapat melakukan blogging mengenai produk dan bisnis anda sehingga mampu mereposition brand perusahaan sehingga menjadi market leader atau trough leader.

MEMBANGUN HUBUNGAN MELALUI WEBLOG PERUSAHAAN


Blog korporat bukan E- Commerce

Blog korporat merupakan media informasi korporat yang berfungsi mengkomunikasikan identitas perusahaan. Dengan menyediakan informasi yang relevan dengan target audience.

Sebagai contoh, jika salah satu targetnya adalah investor, maka dalam blog korporat ditampilkan laporan online mengenai keuangan.

Tujuan pembangunan blog korporat mengarah pada upaya membangun hubungan dengan stakeholder, membangun citra dan reputasi korporat.
Beberapa contoh blog korporat:
www.unilever.co.id
www.honda.com

E-Commerce menurut Laudon & Laudon (1998), adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis.

Beberapa contoh situs E-Commerce antara lain:
http://www.tokobukuonline.com
http:// www.OLX.co.ID
http://www.bhineka.com

Blogging memberikan tantangan sekaligus peluang baru bagi praktik PR. Banyak orang memprediksi bahwa fenomena weblog akan selamanya mengubah PR karena perusahaan menyadari bahwa mereka diharapkan dapat melibatkan konsumen dan pekerja mereka dalam percakapan real time dua arah.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum meluncurkan blog perusahaan:
  1. Tentukan terlebih dahulu tujuan perusahaan. Blog internal melayani tujuan yang berbeda dengan blog umum.
  2. Pelajari aturannya. Blogging merupakan bentuk baru dari komunikasi dua arah yang ditandai dengan suasana informal, diperbarui pada waktunya, dan adanya diskusi terbuka.
  3. Pastikan tersedianya waktu dan sumber daya untuk memperbaharui blog anda.
  4. Pelajari konsekuensi hukum dari meluncurkan sebuah blog serta buatlah petunjuk dan aturan main sehingga para eksekutif dan karyawan tahu bagian mana yang melampaui batas.
Dan Lattimore, dkk (2010) menyarankan lima petunjuk membangun hubungan dengan publik dengan menggunakan teknologi.
  1. Buatlah kerangka dialogis untuk mendorong publik agar bertanya tentang organisasi yang mensponsori situs.
  2. Jadikan informasi di situs bermanfaat bagi semua publik yang menggunakan situs. Hal ini termasuk menyediakan staff yang terampil untuk menangani respon dari para pengguna.
  3. Berfokuslah pada bagaimana membuat pengunjung situs agar balik berkunjung ke situs melalui penggunaan strategi interaktif. 

Blogger Relations

Blog merupakan alat penting perusahaan untuk melacak sudut pandang dan masalah-masalah konsumen. Banyak professional hubungan media yang cerdas telah membidik target dari daftar para blogger yang mereka hubungi karena blog merupakan sebuah outlet media yang tumbuh dan penting. 
Bagaimanapun, tidak semua eksekutif perusahaan menyambut baik bloggesphere ini pada awalnya, sebagai akibatnya, merek dan reputasi perusahaan mereka menderita sebagai akibatnya. Gagal merangkul internet sebagai alat komunikasi yang layak, berpotensi merusak reputasi perusahaan dan menimbulkan implikasi-implikasi serius

Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mencapai blogger relations yang efektif antara lain:
  • Pahami informasi yang dibutuhkan audience.
    Pemahaman tentang stakeholder akan membantu mengetahui informasi yang dibutuhkan dan digunakan; dan akan membantu praktisi public relations untuk mengembangkan isi pesan yang tepat. Jika blog sesuai dengan berita perusahaan, mungkin Anda sudah familiar dengan isinya.
  • Bergabunglah dengan klub blogger
    Bloggesphere adalah sebuah komunitas dan agar Anda terlibat secara penuh didalamnya, Anda harus ikut serta didalamnya. Partisipasi dalam komunitas ini dapat dilakukan dalam beberapa bentuk. Mengomentari postingan blog adalah langkah awal yang baik untuk menunjukkan diri Anda kepada blogger. Taktik lainnya adalah berkomunikasi secara langsung dengan blogger sasaran, di mana Anda telah berusaha mengenalkan diri Anda padanya, namun pastikan bahwa Anda mendekatinya dengan cara yang tepat.
  • Bangun hubungan yang baik
    Kehancuran yang biasa terjadi pada seorang professional public relations adalah mereka tidak terlibat dalam hubungan dua arah yang benar. Anda harus menyediakan waktu untuk mengenali para blogger dan mencari tahu topic apa yang menarik untuk mereka.
     
  • Berikanlah informasi yang jujur 
  • Buat hubungan jangka panjang
    Seperti halnya semua hubungan, blogger relations yang baik membutuhkan usaha yang konsisten dan komitmen. Jika Anda telah melakukan kerja Anda secara tepat dan bergaul dengan para blogger yang baik, maka Anda dapat berharap respon positif ketika Anda berusaha mempromosikan pesan Anda secara online.

Kesalahan dan Mitos Cyber Bussines

Hindari kesalahan yang dilakukan bila menggunakan internet sebagai media dalam melakukan promosi atau komunikasi bisnis perusahaan;
  1. Menggunakan Hosting Service Gratisan
  2. Terlalu banyak grafik, music/audio dan lain-lain
  3. Tidak meminta dan bertindak berdasarkan feedback
  4. Membuang-buang waktu untuk aktivitas yang tidak produktif.
  5. Tidak mengatur komunikasi e-mail secara efisien
  6. Tidak membuat/membangun opt-in database e-mail
  7. Reputasi hancur karena promosi yang salah
  8. Tidak memahami kekuatan internet yang sesungguhnya.
Mitos-Mitos seputar Cyber Business
  1. Teknologi internet bakal mengubah perilaku konsumen dalam berbelanja.
  2. Bisnis online lebih mudah dan cepat kaya
  3. Menganggap situs web korporat hanya sebagai alat promosi
  4. Mengganggap situs web adalah segalanya dalam promosi on line
  5. Jangan terlalu banyak tulisan 

" Weblog & Perananya Bagi Perusahaan - Membuat Web Korporat "

No comments:

Post a Comment