Seperti apa Foto Jurnalistik ? - Mengenal Jurnalistik Foto

SEPERTI APA FOTO JURNALISTIK?
MENGENAL FOTO JURNALISTIK
Foto Jurnalistik - Adalah foto yang biasanya digunakan pada sebuah berita dengan kriteria-kritesia tertentu seperti nilai berita, aktualitas dll. Berkenaan dengan Materi Fotografi kali ini Dunia Public Relations ingin membahas materi mengenai Seperti Apa Foto Jurnalistik? setelah sebelumnya Dunia Public Relations membahas mengenai Foto Features & Foto Human Interest . Untuk selengkapnya silahkan disimak.

PENGERTIAN FOTO JURNALISTIK

foto jurnalistik, pengertian foto jurnalistik, foto jurnalistik adalah
Foto jurnalistik
Foto Jurnalistik ?
Foto yang bernilai berita atau foto yang menarik bagi pembaca tertentu, dan informasi tersebut disampaikan kepada masyarakat sesingkat mungkin. Dalam Jurnalistik, Foto merupakan laporan yang menggunakan kamera untuk menghasilkan bentuk visual.

Secara umum, foto jurnalistik merupakan gambar yang dihasilkan lewat proses fotografi untuk menyampaikan suatu pesan, informasi, cerita suatu peristiwa yang menrik bagi publik dan disebarluaskan lewat media massa. 
Baca : Cara mememegang kamera & menentukan sudut pengambilan gambar

Karakteristik Foto Jurnalistik

6 Karakteristik Foto Jurnalistik
  1. Fotojurnalistik adalah komunikasi melalui foto. Komunikasi yang diekspresikan dari pandangan wartawan foto terhadap subjek, tetapi pesan yang disampaikan bukan merupakan ekspresi pribadi.
  2. Medium fotojurnalistik adalah media cetak koran atau majalah dan media elektronik (News Web). 
  3. Kegiatan fotojurnalistik adalah kegiatan melaporkan berita.
  4. Fotojurnalistik adalah paduan dari foto dan teks foto.
  5. Fotojurnalistik mengacu pada manusia. Manusia adalah subjek, sekaligus pembaca fotojurnalistik.
  6. Fotojurnalistik adalah komunikasi dengan orang banyak.

FUNGSI FOTO JURNALISTIK


5 Fungsi Dasar sebuah foto jurnalistik dalam sebuah surat kabar :
  1. To communicate the news
  2. To generate interest
  3. To give another dimension to a news worthy figure
  4. To Make a brief but important annoucement
  5. To make a page attractive

Jenis – jenis Foto Jurnalistik


Jenis – jenis fotojurnalistik menurut Badan Fotojurnalistik Dunia (World Press Photo Foundation) :
  • Spot News
    Foto yang dibuat dari peristiwa yang tidak terjadwal atau tidak terduga yang diambil oleh si fotografer langsung di lokasi kejadian. Misalnya, foto peristiwa kecelakaan, kebakaran, perkelahian, dan perang.
  • General News Photo
    Foto – foto yang diabadikan dari peristiwa yang terjadwal, rutin, dan biasa. Temanya bisa bermacam – macam, yaitu politik, ekonomi dan humor.
  • People in the News Photo
    Adalh foto tentang orang atau masyarakat dalam suatu berita. Yang ditampilkan adalah pribadi atau sosok orang yang menjadi berita itu. Bisa kelucuannya, nasib dan sebagainya.
  • Daily Life Photo
    Adalah foto kehidupan sehari – hari manusia dipandang dari segi kemanusiawiannya (human interest). 
  • Portrait
    Adalah foto yang menampilkan wajah seseorang secara close up dan “mejeng”. Ditampilkan karena adanya kekahasan pada wajah yang dimiliki atau kekhasan lainnya.
  • Sport Photo
    Foto yang dibuat dari peristiwa olahraga. Karena olahraga berlangsung pada jarak tertentu antara atlet dengan penonton dan fotografer, dalam pembuatan foto olahraga dibutuhkan perlengkapan yang memada, misalnya lensa yang panjang serta kamera yang menggunakan motor drive. Menampilkan gerakan dan ekspresi atlet dan hal lain yang menyangkut olahraga.
  • Scienze and Technology Photo
    Foto yang diambil dari peristiwa – peristiwa yang ada kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya foto penemuan perangkat teknologi terbaru. 
  • Art and Culture Photo
    Adalah foto yang dibuat dari peristiwa seni dan buday. Misalnya foto – foto pagelaran budaya, seni tradisional dan lain sebagainya.
  • Social and Environment
    Adalah foto – foto tentang kehidupan sosial masyarakat serta lingkungan hidupnya. Contoh : foto masyarakat di sekitar Tempat Pembuangan Sampah, masyarakat yang tinggal di bawah kolong jembatan dan lain sebagainya.

ETIKA FOTO JURNALISTIK


Ada baiknya setiap individu yang “merekam” suatu peristiwa harus dapat memaknai lebih jauh apa yang disebut dengan etika. Dalam proses pemahaman nilai – nilai etika tersebut, tidak semua kejadian bisa diteropong secara transparan (terutama kejadian di daera bencana alam) dengan dua kriteria : etiks atau tidak etis.

Dalam kaitannya dengan kegiatan fotografi, etika dapat didefinisikan sebagai peraturan baik dan buruknya tingkah laku fotografer dalam melaksanakan tugasnya, baik dengan dirinya sendiri, birokrasi, masyarakat, maupun dengan lingkungannya.

Ada aturan yang membatasi ruang gerak fotografer di lapangam, terutama batasan yang ditentuka oleh norma, nilai moral dan hati nurani.

Syarat Foto Jurnalistik

Setelah mengandung nilai berita dan secara fotografi), syarat lain lebih kepada, foto harus mencerminkan etika atau norma hukum, baik dari segi pembuatannya maupun penyiarannya.

Etika juga Mengikuti Kode Etik Jurnalistik, seperti :

Pasal 2
" Wartawan Indonesia tidak menyiarkan hal – hal yang sifatnya destruktif dan dapat merugikan bangsa dan negara, hal – hal yang dapat menimbulkan kekacauan, hal – hal yang dapa menyinggung perasaan susila, agama, kepercayaan atau keyakinan seseorang atau sesuatu golongan yang dilindungi "

Undang – Undang”.
Pasal 3
“ Cara pemberitaan dan menyatakan pendapat, antara lain disebutkan wartawan Indonesia menempuh jalan dan cara yang jujur untuk memperoleh bahan – bahan berita ”.

Artikel menarik lainya :
" Seperti apa Foto Jurnalistik ? - Mengenal Jurnalistik Foto "

1 komentar:

Terimakasih untuk infonya dan untuk referensi silahkan kunjungi www.fotografi.blog.gunadarma.ac.id