Sejarah Fotografi & Mengenal Jenis-jenis Kamera

SEJARAH FOTOGRAFI & MENGENAL JENIS-JENIS KAMERA
Fotografi & PR - Meskipun pada dasarnya seorang PR tidak diwajibkan menguasai dunia Fotografi, tetapi paling tidak Praktisi PR diharapkan mampu memahami dan mengerti sedikit tentang Fotografi paling tidak mengerti pengoperasian kamera dan mengerti jenis-jenis foto dan juga kualitas foto yang bagus.
Pada ksemsepatan kali ini dan mungkin ada beberapa materi kedepan, Dunia Public Relations akan membahas seputar dunia fotografi, jadi tetap di Dunia Public Relations yahh.

SEJARAH KAMERA

Berawal pada abad ke 10, Ilmuwan Arab, Alhazen menggambarkan bagaimana tampilan peristiwa gerhana Matahari dalam ruangan gelap (Dark Room). Ruangan tersebut dilengkapi sebuah lubang kecil seukuran lubang jarum yang menghadap Matahari.

Kemudian pada tahun 1544, ilmuwan fisika & Matematika Belanda, Reinerus Gemma-Frisius membuat sketsa proses fotografi yang ditemukan oleh Alhazen. Prinsip kerja tersebut diterapkan pada kamera Obscura dan menjadi acuan dasar kerja kamera – kamera yang ada saat ini. 
dark room kamera, sejarah kamera
dafk room

Kamera Obscura

Kamera obscura adalah kamera pertama yang menjadi acuan dunia fotografi. Bagian utamanya berupa sebuah kamar gelap tertutup yang hanya memiliki lubang kecil. Jika kamera dihadapkan pada benda yang diterangi cahaya, pada dinding kamera yang berhadapan dengan lubang kecil akan terbentuk proyeksi terbalik dari benda tersebut..

Pada abad ke 17, ukuran kamera obscura menjadi kecil dan dapat dibawa - bawa, berupa kotak kecil yang memiliki lubang kecil berpenutup manual di bagian depannya. Bagian belakang kamera merupakan tempat film.
kamera obscura
kamera obscura

Kamara Obscura (Kamera format besar pertama dengan menggunakan plat - 1900 )

kamera obscura, obscura plat format besar
kamera obscura format plat besar
Sekitar tahun 1827, Nicephore Niepce membuat gambar yang pertama kali dihasilkan dari bahan yang bereaksi terhadap cahaya dengan pencahayaan selama kurang lebih 8 jam. Niepce merekam bayangan atap gudang dan rumah merpati dari sebuah jendela. Cahaya yang ditangkap oleh kamera membentuk bayangan pada pelat logam yang dilapisi aspal.

Metode yang dibangun oleh Niepce adalah Daguerreotype yang dikembangkan bersama ilmuwan Fisika, Laouis Jacques Mande Daguerre. Metode ini caranya dengan menggunakan cermin berlapis perak yang diuapi cairan garam dan dipapar cahaya matahari.

Meskipun hasil fotonya masih sangat mudah terhapus, namun teknologi ini menjadi itik awal lahirnya fotografi modern.

Pada tahun 1884, George Eastman memperkenalkan film fleksibel yang antipecah dan dapat digulung. Penemuan film nitrat selulosa yang dilapisi emulsi ini berimbas pada produksi kamera boks secara massal. Kemudian pada tahun 1888, Eastman memperkenalkan box camera dengan merk kodak, produk kamera komersial pertama yang tersedia untuk masyarakat umum. Selanjutnya pada awal tahun 1940 an, film berwarna komersial dipasarkan.
kamera komersial pertama
kamera komersial pertama

PENGERTIAN FOTOGRAFI


Secara etimologi, fotografi berasal dari bahasa Inggris, yakni Photography. Sedangkan kata Photography diadaptasi dari bahasa Yunani, yakni photos yang berarti cahaya dan graphein yang berarti gambar atau menggambar. Sehingga Photography dikemukakan oleh John Hegdecoe yang artinya ‘Menggambar dengan cahaya.

Dikemukakan oleh Sudjojo(2010), pada dasarnya fotografi adalah merekam dan memanipulasi cahaya untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan.

JENIS – JENIS KAMERA


Kamera Format Besar (Big Format Camera)

kamera format besar, big format camera
kamera format besar
Kaca pembidik terletak di bagian belakang kamera, berfungsi selain untuk melihat objek, juga untuk tempat meletakkan film saat memotret

Kaca pembidik menerima proyeksi secara terbalik dan saat film ditempelkan pada kaca pembidik, kemudian kamera ditekan, proyeksi lensa diterima

Kamera Format Sedang (Medium Format Camera)

kamera format sedang, medium kamera
kamera format sedang / medium
Dua Jenis kamera Format Sedang
  1. Single Lens Reflex (SLR)
  2. Twin Lens Reflex (TLR)
Kaca pembidik terdapat diatas kamera. Terdapat pemisahan antara pembidik kamera dengan peletakkan film. Pada film diletakan dibagian belakang kamera.

Terdapat cermin refleksi (miror) pada kamera format sedang yang berfungsi merefleksikan kembali proyeksi yang dihasilkan lensa ke kaca pembidik.

Perbandingan Cara Kerja Kamera Format Sedang Satu Lensa dan Duna Lensa

slr manual, cara kerja
cara kerja kamera format satu lensa dan dua lensa
Dua jenis SLR Manual
  1. SLR Analog
  2. SLR Semi Auto
2 jenis slr manual
Dibuat untuk mencari sistem ketajaman range finder yaitu menggabungkan dua proyeksi lensa dari objek yang diabadikan.

Refleksi yang dihasilkan kamera dengan penta prisma adalah refleksi lensa tunggal, dimana proyeksi lensa diterima mirror kemudian direfleksikan ke penta prisma untuk diteruskan kembali ke kaca pembidik.

Kamera Istimewa (Special Camera)

  1. Kamera Pocket (Negatif Film)
  2. Kamera Polaroid
  3. Nikonos (Kamera Bawah Air)
kamera spesial / istimewa
jenis kamera spesial
Fokus pada kamera sudah dibuat sedemikian rupa pada berbagai jarak sehingga setiap memotret semua hasil fotonya tajam, kecuali memotret pada jarak dibawah satu meter dari kamera, hasil foto tidak tajam karena onjek berada dibawah batas minimum jarak pemotretan.
Efek paralaks = efek yang terjadi karena lensa menyalurkan cahaya ke film tidak searah dengan view finder, sehingga hasil foto berbeda saat membidik dengan saat melihat hasil foto.

Kamera Digital (Digital Camera)

  1. Kamera Digital Still Video (Pocket Digital)
  2. Kamera Digital SLR 35 mm
  3. Kamera Digital SLR (Mirorless Camera)
Kamera Digital menggunakan microchip semi konduktor sebagai peyimpan gambar yang disebut CCD (Charged Couple Device) yang membentuk gambar pada kamera digital. CCD terbuat dari unsur kimia yang pek terhadap cahaya.
Cara kerja dengan menyerap dari objek, lalu cahaya diubah menjadi data berupa titik – titik (grain) yang ribuan bahkan sampai jutaan jumlahnya. Titik – titik kemudian membentuk foto. Kalau jumlah titiknya semakin banyak, maka foto yang dibuat semakin tajam dan bagus dan titiknya juga rapat begitupula sebaliknya.

SATUAN PIXEL


Pixel adalah satuan dalam fotografi digital. Sebuah foto digital adalah sebuah gambar yang terdiri dari titik-titik pembentuk gambar. Sebuah titik dalam foto digital yang menyimpan aneka data (misalnya warna) disebut pixel.

Sebuah foto digital mempunyai besaran yang dinyatakan dengan pixel. Sedangkan pada ukuran konvensional, ukuran merupakan penggabungan pixel dengan ukuran foto yang dinamakan DPI (Dot Per Inchi)

Kamera Digital Still Video

Digital kamera still video
Kamera digital still video
Terdapat monitor pada kamera yang berfungsi untuk membidik juga untuk melihat hasil bidikan, setelah tombol ditekan. Media penyimpanan dengan menggunakan Memory Card Zoom menggunakan optical zoom dengan pembesaran bisa mencapai 500 mm lensa biasa.

Kamera Digital SLR 35 mm

Kamera slr 53 mm
digital kamera SLR 35 mm

Mempunya bentuk dan cara kerja yang sama dengan kamera SLR 35 mm film. Monitor berfungsi untuk melihat hasil bidikan dan untuk membidik pada model terbarunya. Terdapat tombol pengatur manual diafragma, speed, ISO, white balance, dan auto setting.

Kamera Digital SLR Mirorless

kamera slr mirorless
kamera SLR mirorless

Merupakan model kamera SLR terbaru (2011) Mempunyai bentuk dan cara kerja yang sama dengan kamera SLR digital. Monitor berfungsi untuk membidik dan melihat hasil bidikan. Biasanya bidikan mirorless tanpa menggunakan viewfinder.

Kelebihan pada MIrorless Kamera, hasil didukung dengan teknologi Digital HD LED Camera mirorless perpaduan antara desain kamera poket digital dengan lensa SLR

" Sejarah Fotografi & Mengenal Jenis-jenis Kamera "

1 komentar:

terimakasih atas info yang sangat menarik ini dan untuk referensi silahkan kunjungi http://fotografi.blog.gunadarma.ac.id/