Perngertian Surat Pembaca - Dasar-dasar Jurnalistik - Dunia Public Relations

Terbaru

Monday, January 2, 2017

Perngertian Surat Pembaca - Dasar-dasar Jurnalistik

PENGERTIAN SURAT PEMBACA
DASAR-DASAR JURNALISTIK

Surat Pembaca - Adalah surat yang ditulis oleh individu yang biasanya ditujukan kepada sebuah badan / instansi mengenai suatu kejadian atau suatu objek. Surat pembaca ini selain berisi tentang kritik ataupun saran tetapi biasanya juga berisi ucapan terima kasih dsb. Selain itu surat pembaca dalam sebuah surat kabar biasanya memiliki rubik tersendiri yang dikhususkan untuk surat pembaca ini.

Kali ini Dunia Public Relations akan membahas mengenai surat pembaca ini, jika sobat teman-teman membutuhkan refrensi mengenai contoh sirat pembaca silahkan teman-teman baca : Kumpulan Contoh Surat Pembaca yang sebelumnya juga telah Dunia Public Relations bahas, untuk definis mengenai surat pembaca selengkapnya silahkan teman-teman simak ulasanya dibawah ini.

PENGERTIAN SURAT PEMBACA


  1. Pikiran, gagasan atau perasaan pembaca terhadap satu permasalahan yang biasanya berkaitan dengan permasalahan publik yang dimuat dalam kolom/rubrik khusus di media cetak.
  2. Rubrik yang disediakan oleh media massa secara cuma-cuma untuk pembaca (sebagai bentuk pelayanan atau pengabdian masyarakat pers untuk publik/umum) ini kecuali bisa dijadikan ajang melatih diri juga bisa digunakan untuk mempresentasikan profil pribadi, atau memperkenalkan diri. 

 Anatomi surat pembaca

Kerangka Surat pembaca, Anatomi Surat Pembaca
Anatomi surat pembaca - muradmaulana.com

  • Penjelasan duduk perkara
  • Informasi yang lebih terperinci
  • Permintaan untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap untuk menangani permasalahan

CIRI SURAT PEMBACA


Surat pembaca memiliki ciri yang membedakan dengan macam surat lainnya. Ciri dari surat pembaca yaitu:
  • Merupakan surat yang berisi pesan: keluhan, pujian, himbauan, undangan, dan sebagainya kepada instansi atau orang tertentu. Selain itu, surat pembaca dapat juga berupa surat balasan yang dikirimkan untuk menjawab keluhan surat pembaca sebelumnya.
  • Bersifat umum artinya surat yang boleh dibaca oleh orang banyak, mengingat isi pesan yang disampaikan mempengaruhi hajat hidup orang banyak 
  • Singkat, padat, dan jelas. Surat pembaca terdiri atas 1-4 paragraf. Isi yang disampaikan dalam surat pembaca langsung ke pokok pembicaraan. 
  • Menggunakan bahasa yang baku, sopan dan komunikatif.

 " Perngertian Surat Pembaca - Dasar-dasar Jurnalistik "

No comments:

Post a Comment