Mengenal RSS & SEO - Cyber Public Relations

MENGENAL RSS & SEO
CYBER PUBLIC RELATIONS
 
SEO & RSS - Adalah serangkaian cara yang digunakan oleh pemilik website dalam rangka meningkatkan trafik atau visitor dari website mereka, cara meningkatan trafik ini ada yang berbayar ada juga yang tidak membutuhkan biaya atau dengan cara alami. Nah begitu pula dengan SEO yang merupakan metode dalam rangka mendapat posisi teratas di Serp (Search Enggine Result Page) sehingga diharapkan dengan menempati pisisi teratas di mesin pencari maka potensi visitorpun akan ikut naik.

APA ITU RSS


(Really Simply Syndication) = RSS feed atau yang sering Really Simply Syndication adalah cara untuk mendapatkan berita terkini dengan mudah dan otomatis untuk para pembacanya atau pengunjung website. Bila anda berlangganan rss feed pada suatu website, maka jika pemilik website itu membuat posting atau artikel terbaru, maka anda juga otomatis mendapatkannya.
Baca artikel Cyber PR lainya :
Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya.

Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs terkait.
 
rss, seo, feed,
RSS & SEO

Ciri situs Web yang memiliki RSS

Weblogs yang memiliki RSS, biasanya terdapat salah satu dari beberapa ikon berikut :
  • Syndicate This Site (XML)
  • (RSS)
  • XML
  • Follow
Pemanfaatan RSS bagi PR
Real Simple Syndication (RSS) adalah teknologi yang memungkinkan pemiliknya mendistribusikan dan menampilkan isi webnya. Isinya dapat digunakan untuk komunikasi internal atau eksternal. karenanya RSS memberi cara yang bagus untuk sebuah organisasi agar tetap menjaga hubungan dengan partner, konsumen, dan karyawannya, dengan cara memberikan informasi tentang apa yang sedang terjadi dengan organisasi. (Lattimore, 2010:222)

Bagi PR, RSS feed dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mendistribusikan berita terkini dengan mudah dan otomatis untuk para pembacanya atau pengunjung website. Dengan berlangganan RSS feed pada suatu website, maka jika pemilik website itu membuat posting atau artikel terbaru, maka pembaca juga otomatis mendapatkannya.

Beberapa Keuntungan menggunakan RSS dalam situs Web Korporat bagi PR
  1. RSS Feed tidak akan terkena wabah “SPAM RSS”, seperti halnya milis atau email
  2. RSS Feed memungkinkan para online publik tetap terinformasi dengan situs Web korporat tanpa harus sering mengunjungi situs Web anda setiap hari.
  3. RSS Feed dapat menjadi semacam online newsroom yang dapat memberikan kemudahan bagi para reporter yang meliput berita organisasi. Dengan demikian memudahkan bagi PR dalam pengiriman press release perusahaan tanpa harus mengirimkannya secara manual lewat email kepada para reporter 
  4. Berita atau tulisan yang disebarkan dalam RSS akan menjadi semacam advertising bagi organisasi dalam bentuk advertorial.

MENGENAL SEO (Search Engine Optimization)


SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Yang secara arti kata adalah sebuah proses yang dilakukan oleh pemilik website agar websitenya bisa optimal di search engine, sehingga website tersebut bisa masuk di urutan atas di hasil pencarian search engine dengan kata kunci tertentu. Untuk mengenal lebih jauh tentang penerapan seo silahkan baca : Apa itu SEO?? - Berkenalan dengan mahluk bernama SEO
  • Search Engine Optimization, biasa disebut SEO, yang dalam bahasa kita diartikan menjadi optimasi mesin pencari adalah teknik atau proses untuk meningkatkan performance sebuah situs agar mempunyai peringkat yang tinggi pada halaman hasil pencarian mesin pencari
  • (SERP = Search Engine Results Page), sehingga akan memaksimalkan traffic ke situs tersebut, baik itu website statis maupun blog. 
  • SEO secara garis besar dibagi menjadi 2 macam, yaitu:
    1. ON Page Optimization
    2. OFF Page Optimization 
  • ON page optimization adalah proses Optimasi yang dilakukan di website yang bersangkutan itu sendiri, tidak melibatkan keikutsertaan website lain.
    Contohnya antara lain: perubahan meta tags, keyword density, navigasi antar halaman, internal linking, dan sejenisnya.
  • OFF page optimization adalah proses optimasi sebuah website dari “bantuan” website lain. Dalam kata lain, off page optimization ini adalah berupa backlink. Yaitu link dari website lain yang ngelink ke website yang dioptimasi.

Tujuan SEO

SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah situs pada posisi teratas pada sebuah mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu. Dengan demikian bila suatu situs atau blog berada posisi teratas dalam hasil pencarian maka memiliki peluang yang besar untuk didatangi pengunjung.

SEO mudah untuk dilakukan tapi juga sulit untuk diterapkan, maksudnya langkah-langkah dalam SEO mudah untuk dilakukan tetapi sulit sekali diterapkan.

Penerapan SEO

SEO on page merupakan suatu teknik yang digunakan dalam optimasi search engine dalam blog atau website yang bersangkutan.

Beberapa contoh penerapan SEO On Page. Pemilihan nama domain sesuai dengan target keyword
  • Judul blog
  • Deskripsi blog
  • Optimasi Meta Tag
  • Penggunaan tag heading H1,H2,H3,dst
  • Judul posting yang tepat
  • Optimasi konten 
  • Penempatan kata kunci yang tepat
  • Penggunaan tag alt dan title pada gambar
  • Penggunan kata tebal, miring, dan garis bawah
  • Internal Linking (tautan ke halaman lain yang masih dalam satu blog)
  • Mempercepat waktu loading blog
  • Dsb
SEO off page merupakan suatu teknik dalam optimasi search engine yang dilakukan dari luar blog atau website yang bersangkutan.
Baca : Cara memanfaatkan TAg dalam upaya SEO

Beberapa contoh penerapan SEO Off Page:
  • Backlink dari blog atau website lain
  • Submit blog ke berbagai search engine
  • Submit sitemap ke webmaster tool
Backlink merupakan sebuah tautan yang berasal dari blog atau website lain yang mengarah menuju blog atau website anda. Backlink dapat diibaratkan sebagai rekomendasi, jadi semakin banyak rekomendasi menuju blog atau website anda maka blog atau website anda akan mendapatkan perhatian yang lebih dari search engine.
 Tetapi search engine pun tidak hanya melihat backlink dari segi kuantitas melainkan dari segi kualitas juga. Jadi usahakan backlink anda berasal dari trusted site agar blog anda lebih mendapat perhatian di mata search engine .

Publisitas melalui Search Engine

  1. Untuk membangun dan mempertahan image merek maka buatlah sedemikian rupa agar bisnis anda mudah dicari publik anda. Salah satunya melalui bisnis direktori global online yaitu Situs Pencari.
  2. Situs pencari merupakan tool pelengkap dari seorang E-PR layaknya yellowpages agar mudah dicari pada waktu dibutuhkan.
  3. Situs pencari yang terkenal adalah : Google (74%), yahoo (14%), MSN (9%), Ask (2 %) lainnya.. (1%) 
  4. Google.com menjadi yang terbesar karena mau memberikan hasil pencarian yang gratis sejak awal, sementara banyak situs pencari awalnya bermula dari model paid, dan kemudian masuk ke jenis model iklan pay per click, selanjutnya menggunakan strategi pengiklanan yang memunculkan situs web yang dipilih (bid) berdasarkan frase atau key word yang diketikan si pencari informasi.
  5. Keunggulan situs pencari dengan yellowpages, adalah buku yellowpages yang berat dan terlalu banyak halaman susah dibawa kemana-mana dan penempatan kategory produk sering tidak sesuai. 
  6. Untuk mengalahkan kompetitor dalam pengenalan merek di dunia cyber definisikanlah keyword yang paling kompetitif dan banyak dicari dan diketikan oleh target publik anda.
  7. Jika membidik lokal gunakanlah keyword dalam bahasa lokal merupakan aspek paling penting agar situs web anda mudah dicari
  8. Idealnya nama perusahaan atau produk muncul di urutan 10 besar atau 20 besar dihalaman web pertama dari hasil pencarian. 
  9. Membangun nama dan citra merek lewat situs pencari yang menarik adalah merek akan sangat dikenal hanya oleh publik perusahaan, pesaing dan mereka yang memiliki hubungan bisnis dengan perusahaan yang dapat saling melengkapi dan tidak bersaing secara head to head.
 Mitos dan persepsi yang keliru yang menghambat penggunaan situs pencari sebagai media publisitas yang efektif :
  1. Pengunjung berasal dari situs pencari tidak sepenting mereka yang berasal dari strategi strategi publisitas ofline.
    Publisitas lewat situs pencari dapat dilakukan sendiri atau melalui perusahaan pembuat desain web
  2. Melakukan “Submit” situs web cukup melalui perangkat lunak yang dapat mengirim situs perusahaan ke berbagai situs pencari.
  3. Mitosnya, yang penting terdaftar di situs pencari
Contoh : http://www.presentationsuport.com adalah satu contoh bagaimana mereka membidik pelanggan lokal jabodetabek lewat situs pencari utama dengan menggunakan keyword lokal bahasa Indonesia, seperti “sewa proyektor”

" Mengenal RSS & SEO - Cyber Public Relations "