Mengenal Foto Features & Human Interest - Fotografi PR - Dunia Public Relations

Terbaru

Thursday, January 19, 2017

Mengenal Foto Features & Human Interest - Fotografi PR

MENGENAL FOTO FEATURES & HUMAN INTEREST
FOTOGRAFI PR

Features & HI - Dalam istilah fotografi dan jurnalistik memang dikenal sitilah Features dan juga Human Interest dimana kadang orang sukar membedakan kedua istilah yang sering disamakan namun memiliki arti dan definisi yang beda, dalam kaitanya dengan Fotografi kali ini Dunia Public Relations ingin memaparkan materi mengenai kedua foto ini, dimana diharapkan paling tidak kita memahami dan membedakan antara mana yang foto Features dan mana yang foto Human Interest.

MENGENAL FOTO FEATURES


Kehidupan manusia sangatlah beragam, ada yang unik, sedih, senang, serius dan sebagainya. Banyak yang bisa diungkap dari kehidupan manusia, baik dalam dirinya sendiri, proses sosialisasi maupun lingkungannya.
Baca : Belajar & mengenal 9 teknik fotografi

Tema foto yang pemuatannya tidak lekang oleh waktu bisa dimuat kapan saja di media massa. Pada foto Features adalah foto yang temanya lebih pada penggambaran masalah dan tidak membutuhkan pemikiran yang mendalam bagi pembaca.
Foto Features
contoh foto features
Beberapa foto Human Interest / foto feature diambil dengan cara candid (tanpa sepengetahuan obyek yang hendak di foto), tetapi kebanyakan diambil dengan melakukan negosiasi orang yang akan difoto sehingga menghasilkan foto yang baik.

Jenis Foto Bersifat Features

Beberapa jenis foto – foto yang bersifat feature.
  1. It Object is famous. Apa pun yang terkait dengan unsur terkenal selalu menarik untuk dijadikan objek foto karena senantiasa memiliki nilai berita yang penting.
  2. The event is large magnitude. Peristiwa penting dan berskala besar selalu menyajikan berbagai hal menarik untuk difoto. Contohnya, berbagai ulah pelaku kampanye politik atau pada saat banjir besar melanda Jakarta.
  3. The Outcome is tragic. Berbagai hal tragis atau menyedihkan seringkali tertangkap dalam foto feature. Foto – foto tersebut biasanya sarat dengan nilai human interest yang mampu mengaduk berbagai rasa orang yang melihatnya.

MENGENAL FOTO HUMAN INTEREST


Foto human interest sebagai foto yang memuat interaksi antara manusia dan alam. Hal yang perlu untuk diperhatikan adalah “memiliki Ide foto yang harus kuat,”.
Foto hi, foto human interest
Contoh foto human interest
“Untuk bisa menangkap moment, ekspresi dan cerita dari obyek foto, kita harus bisa ikut merasakannya terlebih dulu, apa yang obyek kita rasakan, senangkah? Sedihkah? Atau apa?”
foto hi, human interest
Contoh foto HI
Dengan berusaha merasakan apa yang dirasakan obyek, kita bisa menambahkan rasa pada foto kita, sehingga hasil yang diperoleh bukan sekedar dokumentasi namun sebuah foto yang bercerita dan memberikan rasa tersendiri.

Foto Human Interest pada umumnya lebih menonjolkan ekspresi emosional dan interaksi antara obyek manusia dengan aktivitasnya dalam kehidupan sehari – hari. 

Sebagai tambahan refrensi berikut ini adalah beberapa contoh foto Human Interest :

Baca artikel PR lainya :
" Mengenal Foto Features & Human Interest - Fotografi PR "

No comments:

Post a Comment