Media Relations & E-PR - Cyber Public Relations

MEDIA RELATIONS & E-PR
CYBER PUBLIC RELATIONS

E-PR - Adalah kegiatan Public Relations yang diselenggarakan melalui internet atau media online seperti Web, Media Sosial, Email dll. Istilah E-PR ini juga sering disebut sebagai Cyber Public Relations dimana kegiatan publisitas yang dilakukan oleh Praktisi PR ini dilakukan melalui internet seperti mengirim Press Release, Membangun Weblog dan juga pemanfaatan komunitas online. 

Diksesempatan yang baik ini Dunia Public Relations ingin membahas mengenai E-PR dan juga kaitanya dengan media relations, untuk selengkapnya yuk kita simak.

MEDIA RELATIONS DAN E-PR


Strategi hubungan media sangat membantu dalam membangun suatu merek atau meningkatkan traffic ke situs web perusahaan. Pengiriman press release hanya akan dapat dilakukan dengan mudah apabila anda telah memiliki sederetan kontak dari para wartartawan atau editor berita kecuali kita menggunakan jasa pelayanan pengiriman berita.
e-pr, cyber pr, pr online, media relations
Media Relations & E-PR
E-PR yang efektip akan mampu mendatangkan sejumlah manfaat bagi perusahaan terutama citra positif dan hubungan pelanggan yang kuat.

PR Vs Iklan

Liputan media (publisitas) akan memiliki keuntungan lebih berarti dibandingkan iklan yang harus dibayar oleh perusahaan. Karena tulisan yang dibuat oleh wartawan akan memiliki bobot pengruh yang kuat dan objektivitas yang tinggi karena informasi yang disampaikan dianggap sebagai berasal dari pihak ketiga yang netral.

Press Release

Press release memiliki peran penting dalam membangun citra perusahaan melalui hubungan dengan fihak media. Press release dirancang untuk memberikan informasi kepada wartawan mengenai suatu produk atau acara khusus yang menyankut perusahaan atau produknya yang dianggap patut diketahui oleh publik. Press release harus berisi informasi yang aktual, penting dan unik.
Baca juga :
Press release on line mirip dengan format standar press release biasa namun sifatnya interaktif dan memiliki link ke berbagai informasi menarik yang dapat dijadikan landasan untuk mendukung pesan yang disampaikan.
Baca :  Pengertian Press Release & Cara membuatnya

Beberapa link yang pantas disertakan dalam press release online, yaitu :
  1. Link ke alamat email.
  2. Link ke alamt URL situs perusahaan,
  3. Link ke artikel yang menyangkut perusahaan
  4. Link ke gambar atau tabel
  5. Link ke beberapa orang penting di perusahaan termasuk biografi dan pandangan mereka terhadap perusahaan
Hal-hal yang patut ditulis dalam press release, yaitu dengan memahami hal-hal sebagai berikut :
  1. Apakah news anda layak menjadi berita yang baik
  2. Raih perhatian pembaca di bagian judul dan paragraf pertama.
  3. Tulislah kepada publik
  4. Apakah press release kita berilustrasi
  5. Katakan yang sebenarnya.
  6. Gunakan kalimat aktif
  7. Singkat namun padat
  8. Meminta persetujuan;
Catatan : bahwa segala yang actual belum tentu news. 
Keistimewaan pendistribusian press/news release online
  • Fasilitas Pengorganisasian Kontak media
  • Fasilitas pengorganisasian news
  • Pengorganisasian proyek E-PR
  • Pengorganisasian portofolio
  • Pengaturan newsroom online
  • Sistem analisis
  • Mengorganisasi kampanye

Tips pendistribusian press release

  1. Personalisalilah nama-nama penerimanya
  2. Janganlah mengirim press release yang sama kepada lebih dari satu jurnalis atau editor disuatu organisasi yang sama.
  3. Jika perlu telepon, tanya dan diskusikan dengan mereka untuk mengetahui minat mereka dan bisa disesuaikan dengan tulisan/pesan press release yang akan kita kirim.
  4. Setelah dikirim segera pastikan bahwa press release itu sudah diterima dengan baik oleh jurnalis atau editor dan siap menjawab atas pertanyaan yang timbul.
  5. Lihatlah kalender editorial suatu publikasi yang sesuai dengan industri perusahaan kita,
  6. Ingat juga batas waktu dan jadwal pengiriman press ke media
News/press release dapat didistribusikan secara email namun juga harus dipastikan apakah jurnalis yang akan dikirim lebih suka menerima lewat email , faks atau kurir. Lebih disarankan agar tidak menggunakan attachment, karena secara psikologis; jika mereka menerima attachment mereka cenderung tidak langsung membaca, adanya virus yang sering menyerang attachment, attachment juga memberatkan dalam download.

Kit Media / News

Membuat kit media/News merupakan hal yang sangat penting, khususnya pada saat konfrensi pers atau wawancara karena kit ini dapat digunakan oleh para jurnalis sat meminta info tambahan mengenai news release yang telah dikirimkan.

Kit media biasanya berbentuk map atau folder dan logo serta nama perusahaan tercantum disitu. Idealnya folder memiliki tempat yan bisa digunakan untuk menruh lembaran informasi tambahan. Beberapa informasi tambahan yang ada antara lain:
  1. News release yang menerangkan tentang suatu acara yang sangat penting untuk diliput.
  2. Sejarah perusahaan, kartu nama
  3. Brosur, gambar dan foto-foto. 
  4. Artikel lain yang ditulis menyangkut perusahaan anda
  5. Informasi latar belakang mengenai beberapa orang eksekutif penting perusahaan
  6. Halaman khusus yang berisi pertanyaan yang sering ditanyakan
  7. Beberapa kalimat yang dikutip dari pernnyataan langsung yang dibuat oleh seorang eksekutif puncak.
Dalam membangun Kit media online maka pastikan press release perusahaan me-link ke materi-materi informasi tambahan yang dibutuhkan oleh jurnalis dan editor. menggunakan newsroom dalam web akan sangat memudahkan PR dalam membangun publisitas. Para jurnalispun akan mudah menghubungi perusahaan (PR). atau menggunakan taktik permission marketing yaitu dengan cara menawarkan kepada pengunjung apabila mereka ingin diberitahu

Ada news release dengan memberikan frase dalam web ; “klik di sini sehingga anda menjadi orang pertama yang mengetahui tentang news release kami”. Selanjutnya permudahlah pengunjung untuk bisa mengirimkan news release tersebut kepada teman atau koleganya. Hal ini penting karena wartawan bekerjasama dalam menggarap artikel , oleh karena itu permudahlah wartawan untuk berbagi berita melalui metode viral marketing.

Media Relations online (Online Newsroom)

John V. Pavlik, Ph.D1 dalam “the 2006 Annual Euro RSCG Magnet dan Columbia University melakukan survey Media berkolaborasi dengan Steve Rose melaporkan praktek Public Relations sangat terkait News
Media. Survey dilakukan atas 1.202 Journalist di Nort Amerika dan seluruh dunia.
  • Pola konsumsi Internet para Journalist. Riset Pavlik pada tahun 2004 menunjukkan:
  • 98% journalist Online sedikitnya sekali sehari untuk mengecek e-mail. 
  • 15 jam seminggu dihabiskan untuk membaca dan mengirim e mail. 
  • 76% reporter online untuk mencari sumber berita dan para ahli. 
  • 73% reporter online untuk mencari press release. 
  • 53% journalis menggunakan e-mail untuk menerima cerita pitches. Ini berarti dua kali lipat (25%)
Sebagian besar journalist memiliki dua email address. 12% memiliki 6 atau lebih. Secara typical, email address lain digunakan untuk keperluan lain.
  • 24% journalist menggunakan instant massaging pada 1999, menjadi 44% pada tahun 2004.
  • 81% journalist online untuk searching.
  • 92% journalist online sebagai bagian dari cerita research.
Terdapat pertumbuhan journalists corporate Web site untuk mencari informasi. Magazine Journalists melaporkan untuk breaking news jika sumber berita hidup (live source) tidak tersedia, corporate Web Site menjadi top choice untuk informasi.
  • 55% media cetak biasanya menggunakan web site mereka untuk diisi dengan edisi cetak. Ini terus meningkat sejak 1999, ketika
  • 42% dunia menggunakan Web untuk memuat edisi cetak.

Social Media Release

Sebuah rilis media sosial dapat didefinisikan secara luas sebagai satu halaman konten web yang dirancang untuk memungkinkan konten untuk dihapus dan digunakan di blog, wiki dan saluran sosial lainnya. Dalam prakteknya, rilis media sosial (SMR) fitur link tertanam beberapa (video YouTube, Flickr tayangan slide, presentasi SlideShare dll) dan blok teks yang mirip dengan yang ditemukan dalam rilis tradisional (juru bicara, boilerplate dan informasi kontak).

" Media Relations & E-PR - Cyber Public Relations "