Media Relations - Definisi Tujuan dan Manfaat

MEDIA RELATIONS
DEFINISI TUJUAN DAN MANFAAT 

Media Relations -
Adalah serangkaian kegiatan atau cara-cara yang dilakukan oleh praktisi PR yang mewakili perusahaan dalam rangka menjalin hubungan baik dengan Media (Perss). Kegiatan media relations ni ada bermacam-macam seperti Konferensi Perss, Press Gathering, Press Tour dll. Untuk menelaah lebih jauh kali ini Dunia Public Relations ingin membahas mengenai Definisi, Tujuan serta Manfaat dari kegiatan Media Relations ini.
 

PENGERTIAN MEDIA RELATIONS

Mengutip definisi PRSSA, Stanley J Baran (2004, 361) mendefinisikan Media Relations sebagai 
 
“The public relations professional maintain good relations with professionals in the media, undestrand their deadlines and other restraints, and earn their trust”.

Philip Lesly (1991:7) memberikan definisi Media Relations sebagai hubungan dengan media komunikasi untuk melakukan publisitas atau merespon kepentingan media terhadap kepentingan organisasi. 
Baca artikel media relations lainya :
 
Organisasi, Media massa & Publik => Media merupakan bentuk jamak dari medium yang dalam ilmu komunikasi media diartikan sebagai:


Arus Komunikasi Dalam Media Relations

 
Arus Komunikasi dalam Media Relations
Penjelasan: Gambar tersebut menunjukkan, organisasi menyampaikan informasi, gagasan atau citra melalui media massa kepada publik. Sedangkan publik, bisa menyampaikan aspirasi, harapan, keinginan atau informasi menjadi media massa pada organisasi. Namun publik juga bisa menyampaikan secara langsung melalui saluran komunikasi yang tersedia antara publik dan organisasi.

Saluran tersebut bisa berupa saluran komunikai formal seperti layanan bebas pulsa yang disediakan costumer service organisasi atau bisa juga melalui saluan informasi melaui kontak komunikasi langsung dengan staf organisasi dalam kesempatan yang informal juga.

Dengan demikian Media Relations bisa diartikan sebagai bagian dari PR Eksternal yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan media massa sebagai sarana komunikasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Dalam sisi organisasi, membina dan megembangkan hubungan baik dengan media massa itu paling tidak berarti memenuhi dan menanggapi kebutuhan dan kepentingan media massa terhadap organisasi tersebut. Karena bentuk komunikasi dalam PR adalah dua arah, maka praktik media relations pun bukan hanya mengkomunikasikan ke luar ogranisasi melainkan juga menjadi komunikan yang baik dan apa yang dikomunikasikan dari luar organisasi.

Perusahaan mengunakan media massa sebagai medium penyampai pesan dan pencitraan kepada publik. Semakin banyak akses yang didapat publik dari media massa berkaitan dengan produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan, maka diharapkan semakin besar tingkat kepercayaan publik. 
Baca : Contoh proposal launching produk

Pada akhirnya publik akan memakai produk atau jasa perusahaan yang dipublikasikan media; atau setidaknya, publik dapat menjadi saluran kembali yang secara tidak langsung mempromosikan produk ataujasa kepada komunitasnya melalui word of mouth

TUJUAN MENGGUNAKAN MEDIA DALAM PR

  1. Membantu mempromosikan dan meningkatkan penjualan produk dan jasa
  2. Menjalin komunikasi berkesinambungan
  3. Meningkatkan kepercayaan publik
  4. Meningkatkan citra baik perusahaan/organisasi

Tujuan Media Relations

Secara rinci tujuan media relations adalah:
  • Untuk memperoleh publisitas seluas mungkin mengenai kegiatan serta lembaga
  • Untuk memperoleh tempat dalam pemberitaan media
  • Untuk memperoleh umpan balik dari masyarakat mengenai upaya dan kegiatan organisasi
  • Mewujudkan hubungan yang stabil dan berkelanjutan yang dilandasi oleh saling percaya
 

 Manfaat media relations

  • Membangun pemahaman mengenai tugas dan tanggung jawab organisasi dan media massa
  • Membangun kepercayaan timbal balik dengan prinsip saling menghormati, menghargai, kejujuran serta kepercayaan
  • Penyampaian informasi yang akurat, jujur dan mampu memberikan pencerahan bagi publik
Press Relations menjadi Media Relations 
Menurut kepustakan lama PR, istilah umum yang digunakan untuk hubungan dengan media adalah Press Relations atau hubungan pers. Istilah pers sendiri juga sering diidentikkan dengan media cetak. Istilah Press Relations masih banyak dipergunakan sampai saat ini termasuk untuk mengambarkan hubungan dengan media penyiaran atau media on-line. Dengan banyaknya media di Indonesia, timbul fenomena ‘dunia sesak media’ (media-saturated world), kenyataan inilah yang dalam dunia PR dinamakan sebagai Media Relations.

Saat ini semua bagian dari sebuah organisasi atau perusahaan yang memiliki departemen ke PR-an menyebut divisi yang berhubungan dengan pers disebut Media Relations 
 
" Media Relations - Definisi Tujuan dan Manfaat "