Belajar Teknik Korporat Fotografi & Mengenal Jenisnya - Dunia Public Relations

Terbaru

Tuesday, January 24, 2017

Belajar Teknik Korporat Fotografi & Mengenal Jenisnya

BELAJAR TEKNIK KORPORAT FOTOGRAFI
& MENGENAL JENISNYA

Corporate Photography - Adalah kegiatan pendokumentasian isi atau kegiatan yang berkenaan dengan perusahaan, hasil dari fotografi yang satu ini biasanya digunakan untuk keperluan produk / karya PR seperti Company Profile, Backgrounder, Brosur ataupun media KIT lainya. seperti apa saja wujud karya Corporate Photography? dan juga seperti apa teknknik pembuatanta yak kita simak ulasan berikut ini.

MENGENAL CORPORATE PHOTOGRAPHY


Corporate Photography merupakan kegiatan fotografi yang bersegment khusus pada pemotretan korporasi (perusahaan) yang mencakup lingkup external dan internal korporasi seperti lingkungan perusahaan seperti gambaran inventaris dan properti perusahaan, hubungan karyawan dengan karyawan atau karyawan dengan pimpinan, kegiatan internal kantor seperti office activity, employee gathering (Internal Relations) / office gathering,rapat pimpinan dan lain sebagainya.

Pada foto ekternal perusahaan mencakup pelayanan publik, customer / client relations, PR Campaign, Corporate Social Responsibility, Outside Project,social enterpreneurs dan lain sebagainya.

Corporate Photography Dalam Pemnbuatan Company Profile

Company Profile - Merupakan salah satu media Public Relations yang merepresentasikan sebuah perusahaan (organisasi). Produk Public Relations ini berisi gambaran umum perusahaan, di mana perusahaan bisa memilih poin poin apa saya yang ingin disampaikan secara terbuka kepada publiknya disesuaikan dengan kepentingan publik sasaran, apakah company profile dibuat untuk konsumen, bank, pemasok, atau lembaga lain.

Tujuan pembedaan tersebut tiada lain untuk menciptakan kepuasan publik. Publik puas jika kepentingannya terpenuhi. Salah satunya adalah kepentingan untuk mendapatkan informasi tentang aktivitas perusahaan. Company Profile dapat dibuat dalam bentuk cetak (printed), video profile, animasi, maupun web integrated.
Baca artikel fotografi lainya :

Fungsi Fotografi Company Profile antara lain adalah sebagai berikut ini:
  1. Representasi Perusahaan. Company Profile adalalah gambaran ttg Perusahaan.
  2. Bisa digunakan utk melengkapi komunikasi visual demi terciptanya mutual-understanding.
  3. Membangun identitas dan citra korporat.
  4. Sebagai salah satu sarana dokumentasi yang dipublikasikan.
corporate fotogfari, hasil korporat fotografi
Contoh korporat fotografi

Corporate Social Responsibility

Corporate Social Responsibility (CSR) - menjadi tuntutan tak terelakan seiring dengan bermunculannya tuntutan komuniats terhadap korporat. Korporat sadar bahwa keberhasilannya dalam mencapai tujuan bukan hanya dipengaruhi oleh faktor internal melainkan juga oleh komuniats yang berada di sekelilingnya.

Fotografi dalam CSR dinilai penting sebagai wujud Environmental Scanning terhadap lingkungan sekitar melalui pendokumentasian dan memperkuat keadaan sosial masyarakat melalui visual foto.

" Foto – foto dalam CSR biasanya menyangkut foto features atau Human Interest"

Human and Employee Relations

Membangun hubungan antara pimpinan dengan bentuk kerjasama dan komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan. Fungsi fotografi disini juga tak lepas dari daily activity (Kegiatan Sehari – hari di dalam kantor.

Selain tiu juga pendokumentasian ubungan internal perusahaan dan juga mencakup hubungan internal dan external. Foto disini juga berrungsi untuk memotret kegiatan didalam perkantoran sebagai pendukung company profile / backgrounders.
Baca : Sejarah fotografi dan mengenal jenis-jenis kamera

korporat fotografi, employe relations
Korporat fotografi employe relations

Korporat Fotografi Dalam PR Campaign

Kegiatan kampanye PR merupakan program PR bersama komunitas di luar dan sebagai interaksi perusahaan dengan publiknya. Fotografi juga tak lepas sebagai pendokumentasian kegiatan perkantoran yang tujuannya sebagai publisitas dan mewujudkan citra korporat yang baik. Dalam teknik yang digunakan pada foto biasanya menangkap momen – momen yang ada pada program kampanye PR dan aktivitas publik dengan perusahaan.

korporat fotografi, pr camgain
Korporat fotografi PR canpgain

Korporat Fotografi Untuk Pembuatan Profile

Foto profil mencakup pemotretan figure yang ada di dalam korporasi. Pemotretan figur semacam ini tentunya perlu dilakukan secara ekslusif melalui pemotretan indoor (di dalam ruangan) dengan menggunakan modelling light (Foto studio dengan perangkat studio profesional) atau Continous Light (Berfungsi sebagai penerang saja) dan juga pemotretan outdoor (Luar ruangan) namun dari keduanya tetap menggunakan teknik – teknik lighting khusus.
korporat fotografi, profile

Selain exclusiv, memotret profil juga didukung dengan memotret aktifitas figure ketika melakukan kegiatan di luar kantornya seperti mengisi suatu acara, memberikan sambut, perjalanan dinas, ataupun kunjungan – kunjungan keluar.

TEKNIK "LIGHTING" CORPORATE PHOTOGRAPHY


  • Pencahayaan Kupu – kupu (Butterfly Lighting)
    Posisi sumber cahaya (lampu) ditempatkan di bagian depan dan sekitar 60 cm diatas model. Hasil dari pencahayaan merata ke seluruh permukaan wajah, baik dari sisi kiri maupun kanan wajah, tergantung dari arah dan posisi cahaya.
     
    Pencahayaan Kupu – kupu, Butterfly Lighting
    Pencahayaan Kupu – kupu (Butterfly Lighting)


  • Pencahayaan Rembrandt
    Posisi sumber cahaya ditempatkan di sebelah kiri atau kanan model (antara pukul 4 atau 8). Hasil dari pencahayaan ini adalah terbentuk bayangan dari sisi wajah yang cukup besar daerahnya.
     
    Korporat fotografi, Pencahayaan Rembrandt
    Korporat fotografi Pencahayaan Rembrandt
  • Pencahayaan Rim (Rim Lighting)
    Pencahayaan ini biasanya dipadukan dengan pencahayaan utama sehingga disebut juga pencahayaan aksen. Posisi sumber cahaya ditempatkan di sisi belakang model (antara pukul 10 atau 2). Tujuan pencahayaan ini adalah menerangi sisi belakang model dan memisahkan antara model dan latar belakang.
     
    Pencahayaan Rim Rim Lighting, korporat fotografi
    Pencahayaan Rim (Rim Lighting)- korporat fotografi
  • Pencahayaan Samping
    Posisi sumber cahaya ditempatkan tepat di sebelah sisi kanan atau kiri model (antara pukul 3 atau 9).Hasil dari pencahayaan ini adalah wajah model yang lebih gelap di salah satu sisi.
Pencahayaan Samping, korporat fotografi
Pencahayaan Samping

" Belajar Teknik Korporat Fotografi & Mengenal Jenisnya "

No comments:

Post a Comment