Potret Dunia Pendidikan di Indonesia - Artikel Tentang Pendidikan - Dunia Public Relations

Terbaru

Sunday, December 11, 2016

Potret Dunia Pendidikan di Indonesia - Artikel Tentang Pendidikan

POTRET DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA
ARTIKEL TENTANG PENDIDIKAN

Pendidikan adalah pengetahuan, keterampilan, pembelajaran yang di turunkan dari generasi kegenerasi melalui cara pengajaran, pelatihan, ataupun penelitian dimana itu dilakukan dibawah bibingan orang lain, baik dari guru, atau orang tua, atau pula diperoleh secara otodidak (wikipedia.com). Pendidikan sendiri telah diakui pada tingkat Global, pasal 13 PBB 1966 Kovenan Internasional tentang Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya. 

Meskipun pendidikan telah di akui, tetapi dunia pendidikan di Indonesia masih banyak kekurangan ataupun kendala yang saat ini dihadapi oleh Indonesia yang mencakup pemerataan pendidikan yaitu kebijakan wajib belajar 12 tahun mulai dari SD sampai SMA/SMU. Biaya Pendidikan juga menjadi masalah yang paling berpengaruh di Indonesia karena banyaknya anak bangsa yang terpaksa berhenti mengeyam pendidikan dikarenkan biaya yang dibutuhkan sangatlah mahal, maka dari itu pemerintahan mengeluarkan dana BOS yang diperuntuhkan oleh mereka yang membutukan, agar dapat meneruskan pendidikan sampai ke bangku Universitas. Selain kedua masalah itu kualitas pendidikan juga menjadi masalah dalam pendidikan di Indonesia, dikarenakan pendidikan kita masih jauh tertinggal di bandingkan dengan negara – negara lain. Hal tersebut di buktikan dengan banyaknya tenaga pendidik yang mengajar namun tidak sesuai dengan bidangnya, selain itu tingkat kedisiplinan dan kejujuran peserta / anak didik masih rendah.

Oleh karena itu, mutu pendidikan harus diperbaiki, maka pemerintah membuat kebijakan yang berupa peningkatan mutu pendidik. Yang dilakukan dengan cara mengevaluasi ulang tenaga pendidik agar sesuai dengan syarat untuk menjadi pendidik. Selain itu, pemerintah harus meningkatkan sarana dan prasarana, misalnya memperbaiki fasilitas gedung, memperbanyak buku, dll.

potret pendidikan, artikel pendidikan, pendidikan indonesia

Selain itu Indonesia sendiri merupakan negara yang mutu pendidikannya masih rendah dibandikan negara negara lainnya bahkan dengan sesama anggota ASEAN sendiri kualitas SDM bangsa Indonesia ada pada tingkat yang paling rendah. Oleh karena itu pendidikan yang ada di negara Indonesia harus benar benar di perhatikan dan diperbaiki, kalau ingin memproleh generasi bangsa yang unggul dalam segala bidang. Untuk memperbaiki pendidikan itu sendiri Indonesia harus membentuk sistem di mana didalamnya diperlukan sistem yang responsif terhadap perubahan dari tahun ketahun.

Indonesia sendiri sekarang menganut sistem pendidikan Nasional, namun sistem ini sendiri belum sepenuhnya dilakukan maupun dilaksanankan dengan semestinya. Indonesia sendiri baru melakukan beberapa sistem, seperti sistem pendidikan yang berorientasi pada nilai, sistem pendidikan terbuka, sistem pendidikan baeragam, sistem pendidkan yang efisien dalam pengellaan waktu, dan sitem pendidkan yang disesuakan dengan perubahan zaman.

Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus menggunakan sistem pendidikan dan pola kebijakan yang sesuai dengan keadaan Indonesia. Masa depan suatu bangsa sangat tergantung pada mutu sumber daya manusianya dan kemampuan peserta didiknya untuk menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Hal tersebut dapat kita wujudkan melalui pendidikan dalam keluarga, pendidikan masyarakat maupun pendidikan sekolah. 

KONDISI PENDIDIKAN DI INDONESIA

 
Saat ini pendidikan sekolah wajib di terima oleh seluruh masyarakat Indonesia, karena dengan mengenyam pendidikan kita dapat mengikuti arus global dan dapat mengejar ketertinggalan kita dari bangsa lain. Namun dalam kenyataannya sekarang ini masih banyak orang yang belum dapat mengenyam pendidikan sekolah karena faktor ekonomi. Akan tetapi di dalam era global ini, hal tersebut tidak boleh terjadi karena akan menghambat perkembangan SDM dan bangsa pada umumnya. Maka dari itu, pemerintah Indonesia harus mengambil kebijakan yang dapat mengatasi masalah tersebut.

Pada kenyataan sesungguhnya anak anak bangsa memiliki kemampuan yang bahkan melebihi para petinggi yang ada di Indonesia, atau bahkan di luar kemampuan yang sebenarnya, salah satu contohnya yaitu bocah laki laki yang berasal dari Bogor yang berhasil memeruskan pendidikannya sebagai mahasiswa jurusan Fisika Universitas Waterloo yang cukup ternama pada usia 12 tahun, bocah ini bernama Cendikiawan Suryaatmadja yang lahih pada tanggal 1 Juli 2004 bocar beruntung yang mendapatkan berkah luar biasa yang memiliki IQ 189 melebihi seorang fisikiawan Albert Einstein yang hanya 162 diusia 18 tahun. Itu membuktikan bahwa sesungguhnya anak – anak Indonesia adalah aset bangsa yang sangat berharga dan mahal.

Intinya adalah, masa depan negara ada pada mereka sang penerus bangsa, sebagaimana mestinya mereka para pemimpin yang menggiginkan kesusksesan untuk negara maka berikan tempat maupun ruang untuk mereka para penerus bangsa, investasi negara, seperti yang Ir. soekarno katakan "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia" 

" Potret Dunia Pendidikan di Indonesia - Artikel Tentang Pendidikan "

No comments:

Post a Comment