Pengertian & Penggunaan Etiket Dalam Kegiatan Sehari-hari - Dunia Public Relations

Terbaru

Tuesday, December 20, 2016

Pengertian & Penggunaan Etiket Dalam Kegiatan Sehari-hari

PENGERTIAN & PENGGUNAAN ETIKET
DALAM KEGIATAN SEHARI-HARI

Etiket - Banyak orang yang sering memadu padankan antara etiket dan etika, padahal ini jelas berbeda dari segi definisi dan penerapanya sehari hari. Berbicara tentang etika dan Etiket kali ini Dunia Public Relations akan membahas salah satunya yaitu "Etiket" tidak hanya akan membahas mengenai Definisinya saja tapi  kita juga akan bahas mengenai pengguaanya dalam kegiatan sehari-hari itu seperti apa.

PENGERTIAN ETIKET


  • Etiket berasal dari bahasa Perancis “Etiquette” yang berarti tata cara / aturan/ prilaku sopan santun dalam pergaulan hidup yang dilakukan secara wajar dalam suatu lingkungan sosial.
  • Etiket bersumber pada rasa hormat terhadap suatu status sosial tertentu yang menunjukkan beda antara orang-orang yang statusnya berlainan.

MANFAAT ETIKET


  1. Membuat orang lebih dihormati, disegani, disenangi orang lain.
  2. Mendapat kemudahan dalam hubungan baik dengan orang lain
  3. Memberikan keyakinan dan kepercayaan pada diri sendiri dalam setiap situasi
  4. Dapat memelihara suasana yang baik di lingkungan keluarga, tempat kerja dan antara teman.

PENGGUNAAN ETIKET DALAM PERGAULAN

Orang yang dianggap mempunyai martabat dalam mewujudkan diri dalam pergaulan “masa kini” yaitu memiliki corak dan ciri-ciri patriot, ksatria, warganegara, prajurit, pemimpin, manager, administrator, pendidik maupun sebagai pribadi pasti melibatkan diri pada hubungan antara prilaku diri sendiri dan prilaku orang lain.

contoh etiket, pengertian etiket
Contoh etika

Prilaku Pribadi

  1. Diri Pribadi
    Kesan pertama seseorang sebagian besar dipengaruhi oleh cara pemeliharaan diri pribadi. Pandangan orang terhadap diri pribadi banyak ditentukan oleh sikap tegas, tepat, berwibawa, serta keadaan jasmani yang terpelihara.
  2. Cara Duduk
    Kaki merupakan faktor utama dalam gerakan mengambil sikap duduk, dalam sikap sedang duduk, dan ketika bergerak akan berdiri. Senantiasa bergerak dalam posisi kaki utama (rapat). Cara yang baik adalah duduk tegak leluasa, duduk dengan kaki rapat, pergelangan kaki bersilang serta ditarik ke belakang. Cara ini akan membantu memberikan kesan indah dan luwes.
  3. Cara berjalan
    Berjalanlah dengan sikap badan lurus dan tegap, jangan membungkuk dan menghentak-hentakan kaki.
  4. Cara berdiriBerdiri dengan kepala tegak tanpa memberi kesan angkuh.
  5. Pakaian
    Merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian orang. Potongan tubuh seseorang sangat berpengaruh terhadap model pakaian dan dapat membantu menutupi kekurangan potongan tubuh seseorang tersebut

Introducing

  • Perkenalkan diri pada lawan bicara yang belum dikenal dengan cara menyebutkan nama dan tidak boleh menyebutkan gelar atau pangkat.
  • Memperkenalkan seseorang harus menyebutkan nama, gelar dan pangkat bila memang ada
  • Pihak yang berhak mengetahui identitas atau nama pihak lain adalah mereka yang berpangkat lebih tinggi, lebih tua atau wanita.

Berjabat tangan

  • Para pria berjabat satu sama lain, tetapi yang lebih muda menunggu gerakan dari yang lebih tua.
  • Para wanita cukup dengan menganggukan kepala
  • Pria berjabat tangan dengan wanita, apabila wanita yang lebih dulu mengulurkan tangan.
  • Jabatlah tangan dengan erat, ikhlas, dan rela dan menunjukkan rasa gembira.
Cara bejabat tangan yang baik :
  • melibatkan kontak mata
  • Kuat namun tidak menyakiti
  • Lamanya sekitar 3 detik
  • Mulai dan selesai dengan enak.
  • Jangan lanjutkan jabat tangan ketika anda mulai memperkenalkan diri. (masyuhara : 62)
  • Satukan jari-jari anda dengan ibu jari menghadap ke atas, lalu rapatka telapak tangan anda dengan telapak tangan orang yang berjabat tangan dengan anda, dan goyangkan naik dan turun berirama.

Sopan santun terhadap wanita 

Dalam tata cara dan sopan santun internasional dikenal istilah “Lady First”. Istilah ini dapat diartikan bahwa pria harus selalu menghormati wanita, menolong atau membantu wanita, mendahulukan wanita dalam berbagai hal.

Merokok

  • Saat bertamu, bila tidak tersedia asbak, berarti kita tidak diharapkan untuk merokok.
  • Wanita yang merokok di ruang tamu, tempat umum atau di jalan merupakan bukti bahwa ia kurang mampu mengendalikan diri.
Usahakan untuk tidak merokok di :
  1. kamar orang sakit
  2. tempat umum yang tertutup
  3. ruangan ber-AC
  4. dalam bus
  5. tempat ibadah

Etiket Bertelepon

Ketika anda berbicara dengan seseorang melalui telepon, kualitas vokal dan apa yang anda katakan akan sangat mempengaruhi kesan yang anda timbulkan. Pendengar menilai anda bukan hanya dari apa yang anda katakan tetapi bagaimana anda mengatakannya, serta intonasi suara anda. Berbicaralah seperti ketika anda berhadapan langsung. (Masyuhara :70)
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam etiket bertelepon adalah :
  1. Jangan biarkan telepon berdering lebih dari 5 x. Terima telepon sesegera mungkin.
  2. Jawab telepon tersebut dengan menyebutkan greeting (selamat pagi/siang/sore/malam), nama perusahaan, bagian dan nama anda, sehingga penelepon mengetahui kepada siapa ia berbicara.
  3. Mengucapkan “halo” lebih baik daripada “hai” katakan “bolehkah saya tahu siapa nama anda?” bukan “siapa ini”
  4. Cobalah untuk selalu terdengar ramah dan penuh minat.
  5. Tanyakan nama si penelepon dan gunakan selama pembicaraan.
  6. Dengarkan dengan teliti dan penuh rasa simpati
  7. Bila harus pergi untuk mengambil informasi, jangan tinggalkan si penelepon begitu saja. Beritahukan mengapa anda harus pergi dan berapa lama.
  8. Pada akhir percakapan anda di telepon, ucapkan “terima kasih” atas teleponnya. Jangan mengatakan “sampai nanti” atau “dah”. Katakan “sampai jumpa lagi” dan biarkan penelepon menutup teleponnya lebih dahulu.

Waktu

waktu sangat penting dan berharga bagi setiap orang, usahakan untuk datang pada waktu yang telah dijanjikan/ditentukan dan mohon diri pula pada waktunya sebab tidak ada yang lebih menjemukan dari pada seorang tamu yang bertele-tele.

" Pengertian & Penggunaan Etiket Dalam Kegiatan Sehari-hari "

1 comment: