Pengertian Isu Serta Mengenal Jenis-Jenis Isu - Dunia Public Relations

Terbaru

Sunday, December 11, 2016

Pengertian Isu Serta Mengenal Jenis-Jenis Isu

PENGERTIAN ISU SERTA MENGENAL JENIS-JENIS ISU


Isu Manajemen Krisis PR - Dalam suatu perusahaan atau badan organisasi tentu pernah muncul berbagai isu-isu yang berkembang. Nah bagi seorang PR mengetahui isu itu wajib selain itu PR juuga dituntut untuk dapat menangani isu dalam sebuah perusahaan sebelum berkembang menjadi krisis. dan di bawah ini kita akan membahas, apa itu isu? dan apa jenis-jenis isu tersebut?

PENGERTIAN ISU

pengertian isu, jenis isu, isu adalah

Isu dan krisis berbeda. Harrison (2008 : 550) memberikan definisi bahwa isu adalah “berbagai perkembangan, biasanya di dalam arena pulik, yang jika berlanjut, dapat secara signifikan mempengaruhi operasional atau kepentingan jangka panjang dari organisasi.”

Dapat disebutkan bahwa isu adalah titik awal munculnya konflik jika tidak dikelola dengan baik. Menurut The Issue Management Council “Jika terjadi gap atau perbedaan antara harapan publik dengan kebijakan, operasional, produk atau komitmen organisasi terhadap publiknya, maka di situlah muncul isu (Galloway & Kwansah – Aidoo,2005 ; Regester & Larkin, 2008)

Aktivitas Organisasi Isu GAP Harapan Public PR dan Isu Organisasi Pada dasarnya organisasi mempunyai kesadaran yang tinggi tentang peristiwa – peristiwa yang berpotensi mempengaruhi aktivitasnya. Public relations dapat mengenal dan memahami isu – isu apa saja yang dipersepsi sebagai isu yang penting oleh publik.

KAITAN PR DAN ISU ORGANISASI


PR dapat menciptakan sebuah program yang berkaitan dengan isu – isu potensial tersebut. Misalnya, saat ini publik menaruh perhatian pada isu – isu pemanasan global. Program Public Relations yang berkaitan dengan isu antara lain program pemberian “charitable awards” kepada seseorang atau kelompok orang yang telah memberikan kontribusi positif bagi upaya menjaga lingkungan hidup. 

Melalui strategi ini PR membantu organisasi memperoleh peluang besar meningkatkan citranya, selain membantu manajemen menjaga dari terpaan krisis. Meskipun PR dapat memanfaatkan isu untuk membangun citra positif, namun di satu sisi PR jangan sampai salah strategi dalam memafaatkan isu. Kesalahan memanfaat isu bagi perusahaan atau organisasi dapat berakibat pada citra yang buruk.

DAMPAK KRISIS DARI ISU


Isu yang tidak di manajemen dengan baik berpotensi menjadi penyebab kisis. Tugas utama Public Relations adalah untuk membantu manajemen untuk memanajemen isu sehingga dapat mencegah terjadinya krisis. 

Public Relations hendaknya dapat dipercaya sebagai manajer isu sehingga mereka mempunyai wewenang yang lebih luas dalam proses pengambilan keputusan. Isu sebagai Akibat dari Interaksi Lingkungan Demokratisasi dan perkembangan teknologi membuat tingkat kekritisan publik semakin meninggi. Isu dapat berkembangan dengan cepat terutama dengan semakin meluasnya penggunaan media sosial dan media massa.

Isu selalu hadir dalam aktivitas organisasi sebagai akibat interaksi dengan lingkungan sosial tempat organisasi berada.

JENIS - JENIS ISU


Menurut Gaut and Ollenberg (1995), isu daat diklasifikasikan ke dalam dua jenis. Pembagian ini berdasarkan sumber isu, yaitu : 

Isu – isu Internal 

Yaitu isu – isu yang bersumber dari internal organisasi. Biasanya hanya diketahui oleh pihak manajemen anggota organisasi lainnya, seperti penurunan kepuasa kerja karena adanya perubahan
aturan organisasi dan perubahan manajemen, diskriminasi kerja antar apria dan wanita, isu keuangan dan kesejahteraan dan sistem promosi tidak jelas.

Cyber Bullying

Cyber Bullying atau bentuk pem bully an (Perlakuan tidak menyenangkan) melalui media Digital yang dimana isu terhadap masalah perusahaan makin meluas sehingga bersifat perlakuan yang dapat memperkeruh situasi, bersifat provokatif dan mengundang opini negatif dari publik.

Cyber bullying dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk ekspresi pendapat publik terhadap sosok baik perusahaan ataupun figur yang bersifat menjatuhkan / mengundang opini negatif yang disebarkan atau dituliskan melalui media digital.

Akses kemudahan internet, murahnya perangkat teknologi informasi komunikasi dan banyaknya
pengguna Media Sosial merupakan potensi terbesar penyebab cyber bullying. Cyber bullying juga menjadi salah satu ancaman terbesar bagi perusahaan yang dapat menyebabkan krisis reputasi dan citra bagi perusahaan.

Media Sosial sebagai salah satu media ruang publik yang berfungsi untuk berbagai informasi satu dengan yang lain. Sehingga proses isu dapat menyebar dengan cepat dan menimbulkan tanggapan negatif publik yang kemudian sebagai potensi penyebab krisis.

Isu – isu eksternal 

Mencakup peristiwa – peristiwa atau fakta – fakta yang berkembang di luar organisas yang berpengaruh, langsung atau tak langsung, pada aktivitas organisasi. Misalnya, isu – isu emansipasi atau regulasi pemerintah.

JENIS ISU MENURUT ASPEKNYA


Menurut Harrison (2008), dapat dideskripsikan dua aspek jenis isu. Pertama, aspek dampaknya. Ada dua jenis isu berdasarkan aspek dampaknya, yaitu defensive dan offensive.

Defensive issues 

Adalah isu – isu yang membuat cenderung memunculkan ancaman terhadap organisasi, karena organisasi harus mempertahankan diri agar tidak mengalami kerugian reputasi. 

Offesive Issues 

Adalah isu – isu yang dapat digunakan untuk meningkatkan reputasi perusahaan. Isu tentang tingginya biaya pendidikan dapat dikelola dengan membuat program kepedulian sosial pemberian beasiswa.

Jenis Isu Menurut Aspek Keluasan Isu

Ada empat jenis isu disini, yaitu :

  1. Isu – isu universal 
    Yaitu isu – isu yang mempengaruhi banyak orang secara langsung, bersifat umum, dan berpotensi mempengaruhi secara personal. Misalnya, isu kenaikan harga BBM, isu harga ponsel dan lain sebagainya.
  2. Isu –isu advokasi : yaitu isu –isu yang tidak mempengaruhi sebanyak orang seperti isu universal. Isu ini disebarkan kelompok tertentu seperti Isu tentang kemaksiatan dalam hal menyebarnya GLBT (Gay, Lesbian, Biseks and Transgender ) di Indonesia terkait dilegalkannya GLBT di beberapa negara.

TAHAPAN - TAHAPAN ISU


Gaunt & Ollenburerg (1995) mengatakan bahwa isu sering berubah menjadi krisis melalui beberapa tahap, diantaranya :
  1. Tahapan Origin (Potential stage)
    Seseorang atau kelompok mengekspresikan perhatiannya pada isu dan memberikan opini. Di tahap ini, dimungkinkan mereka melakukan tindakan – tindakan tertentu berkaitan dengan isu yang dianggap penting.
  2. Tahapan Mediation dan AmplificationIsu berkembang karena isu – isu tersebut telah mempunyai dukungan publik, yaitu ada kelompok – kelompok yang lain saling mendukung dan memberikan perhatian pada isu – isu tersebut.
  3. Tahapan Organzation
    Pada tahap ini publik sudah mulai mengorganisasikan diri dan membentu

Pengertian Isu Serta Mengenal Jenis-Jenis Isu "

No comments:

Post a Comment