Pengertian Advertorial Beserta Contohnya - Penulisan Naskah Kehumasan - Dunia Public Relations

Terbaru

Friday, December 9, 2016

Pengertian Advertorial Beserta Contohnya - Penulisan Naskah Kehumasan

PENGERTIAN ADVERTORIAL BESERTA CONTOHNYA
PENULISAN NASKAH KEHUMASAN
Apa itu Advetorial? Advertorial adalah istilah yang merujuk pada jenis tulisan yang menggunakan gaya tulisan editorial dan iklan, dan dibuat untuk memberikan daya dukung dalam membentuk citra yang baik dibenak publik sasaran (membentuk opini baik publik).
Advertorial adalah bentuk periklanan yang disajikan dengan menggunakan gaya penulisan jurnalistik. Advertorial merupakan salah satu jenis penggelembungan bahasa, kalimat ini berasal dari bahasa Inggris yang merupakan gabungan dari Advertisement dan Editorial. Majalah atau Surat Kabar tidak akan memberikan tempatnya (space) gratis begitu saja. Tempat itu harus dibayar sebagaimana layaknya membayar tempat untuk iklan.
Advetorial bisa digunakan untuk membangun citra. Penjelasannya amat detail, sehingga memerlukan tempat yang luas (untuk media cetak) dan waktu yang lebih lama untuk televisi maupun radio. Kata Advetorial merupakan gabungan dari Advertising dan Editorial, yakni gabungan antara iklan dan tajuk. Iklan jelas mempromosikan sesuatu, sedangkan tajuk membentuk opini.
Baca : Manfaat dan tujuan membuat Advertorial bagi perusahaan
 
advertorial, membuat advertorial, contoh advertorial, advertorial adalah

TIPS MEMBUAT ADVERTORIAL


Diperlukan perencanaan yang matang dalam membuat sebuah advetorial. Pesan-pesan yang disampaikan kepada publik diramu sedemikian rupa sehingga merupakan suatu cerita yang menarik, lengkap dengan data pendukungnya baik berupa grafik, statistik, bagan, foto dan ilustrasinya.a Demikian pula dalam penampilannya dibuat sedemikian rupa dengan cetakan yang prima. Biasanya advetorial diterbitkan sebagai sisipan dari majalah atau koran berbentuk suplemen. Perbedaan Penulisan Berita Wartawan Redaksi, Press Release dan Advertorial (perhatikan pada bagian akhir tulisan/penutup).

CONTOH ADVERTORIAL


Berikut ini adalah contoh sebuah advetorial dari sebuah perusahaan fiktif yang dikirim oleh seorang teman kepada Dunia Public Relations, semoga dapat menambah pencerahan teman-teman yang ingin belajar membuat Advetorial.

Solusi Tepat untuk Anak yang Tidak Bisa Lepas dari “GADGET”


Pusing dengan anak yang selalu bermain gadget setiap waktu? Apalagi jika di beri dan tidak ada pengawasan yang baik dengan para orang tua yang juga punya kesibukan. Tenang mom’s, kami punya solusi yang sangat tepat.

Handphone adalah alat komunikasi yang penting untuk setiap orang di jaman yang modern seperti sekarang.Tentunya para orang tua pun sama, sama-sama tidak bisa lepas dari yang namnya gadget yang akhirnya anak pun melihat dan mencontoh para orang tuanya. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa anak-anak dapat dengan mudahnya mengakses ponsel pintar yang dimiliki oleh orang tuanya, dan dengan kurangnya pengawasan dari orang tua anak-anak dapat membuka situs-situs yang mengandung unsur kekerasan, sensual dan sejenisnya yang pastinya dapat berdampak buruk bagi mereka. Namun ada beberapa dampak positif dan negative bagi para anak-anak. Berikut dampak positif dari anak yang suka bermain gadget :

1. Dapat mencari permainan edukatif

Di dalam gadget juga ada berbagai macam permainan edukatif yang dapat memberi rangsangan terhadap otak anak, dan pola permainan ini dapat disesuaikan dengan usia anak tersebut. Ini adalah salah satu media belajar yang akan membuat anak merasa senang dan tidak membosankan. Anak-anak akan cepat sekali merasa bosan jika harus belajar di depan buku atau duduk di depan meja. Berbeda ketika anak diberikan permainan yang dapat merangsang otaknya untuk berpikir, anak tidak akan menyadari bahwa dirinya sedang belajar

2. Dapat mencari informasi pendidikan yang inovatif

Kita juga dapat mencari berbagai macam informasi tentang pendidikan seperti cara membuat prakarya atau cara membuat sesuatu di gadget ini. Ini juga yang akan menambah pengetahuan bagi sang anak, tanpa anak sadari. Setiap anak itu unik, dan mempunyai kebutuhannya sendiri. Kita sebagai orang tua harus cerdas dalam memenuhi kebutuhan pengetahuan anak terebut, kita dapat menggunakan beberapa media sosial yang dapat memberikan informasi dan juga materi untuk dapat memuaskan pengetahuan sang anak. Anak akan dapat belajar bermain piano, belajar membuat gunung berapi, belajar membuat origami, dll. Ini tentunya akan menjadi sebuah kegiatan positif yang dilakukan oleh orang tua dan anak dengan menggunakan media gadget.

3. Belajar tanggap teknologi

Tidak dapat dipungkiri dengan zaman yang serba canggih ini tentunya kita tidak dapat membatasi keingin tahuan anak dan juga tidak dapat membatasi keingintahuan anak tentang gadget. Dampingi anak kita ketika sedang bermain gadged, berikan informasi yang dibutuhkan dengan tidak menggurui. Berikan informasi yang jelas tentang cara menggunakan gadget, dan hal-hal apa saja yang dapat merusak gadget, dengan demikian maka anak anak belajar untuk dapat menggunakan gadget dengan baik Dan berikut beberapa dampak negatifnya :

1. Menyebabkan kecanduan

Pengaruh gadget terhadap anak yang selanjutnya yaitu menyebabkan kecanduan dan ketergantungan. Hal ini tentunya akan berdampak negatif terhadap perkembangan fisik dan motorik anak. Ketika si kecil asik bermain gadget biasanya lupa makan sehingga asupan nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya terganggu. Selain itu, kecanduan gadget juga akan berdampak terhadap kepribadian anak sehingga lebih cenderung memiliki sifat tertutup dan tidak bersosialisasi2. Hambatan terhadap perkembangan
Anak-anak yang memiliki ketergantungan dengan gadget cenderung akan mengalami hambatan dalam proses perkembangannya. Hal ini karena anak-anak yang asyik bermain gadget jarang bergerak sehingga menghambat proses pertumbuhan

3. Penyakit mental

Penggunaan gadget yang tidak terkontrol dan terus menerus bisa menjadi salah satu pemicu penyakit mental seperti depresi, gangguan bipolar dan autis

4. Obesitas

Selain menghambat pertumbuhan, anak-anak yang terlalu asyik bermain gadget sangat beresiko mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini karena anak-anak cenderung kuramng gerak sehingga terjadi penumpukan lemak tubuh yang mempercepat kenaikan berat badan secarac berlebihan.

5. Gangguan tidur

Sebaiknya Anda tidak memberikan gadget pada anak di malam hari. Hal ini karena bisa mengakibatkan gangguan tidur sehingga berdampak terhadap tumbuh kembangnya. Permainan game di dalam gadget biasanya membuat anak lebih asik sehingga waktu tidurnya terganggu. Dalam hal ini peran penting Anda sebagai orangtua sangat dibutuhkan untuk mengontrol penggunaan gadget.

6. Pengaruh tayang

Terkadang tanpa Anda sadari anak-anak membuka situs online yang mempertontonkan tayangan yang tidak seharusnya untuk mereka lihat. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua harus bersikap bijak dan sebaiknya tidak memberikan koneksi internet pada waktu si kecil menggunakan gadget.

Dilihat dari 6 dampak negative penggunaan ponsel bagi anak-anak maka PT.Nube Technology memberikan sebuah selusi bagi para orang tua dengan mengeluarkan ‘kumaphone' yaitu sebuah ponsel yang di khususkan untuk anak berusia 6-12 tahun.

‘kumaphone’ hadir sebagai solusi bagi para orang tua yang khawatir anaknya mengakses konten-konten yang tidak semestinya atau anak yang tidak bisa berhenti bermain dengan ponselnya. ‘kumaphone’ adalah sebuah ponsel yang berbasis android yang sangat aman digunakan bagi anak-anak karena “kumaphone” memiliki aplikasi yang bernama ‘Parenting Control’ dimana orang tua bisa mengawasi setiap kegiatan yang dilakukan si anak dan dapat membatasi penggunaan “kumaphone”, orang tua juga bisa memberikan waktu penggunaan pada ponsel di aplikasi ‘Parenting Control’ dan ponsel akan mati dengan sendirinya saat waktu yang diberikan sudah habis. Ponsel ini sangat berguna bagi para orang tua dalam mengawasi kegiatan anak mereka pada saat menggunakan dan mengakases internet.

“kumaphone” dibuat dengan bahan yang tentunya aman digunakan bagi anak-anak dan ramah lingkungan karena kita tidak perlu untuk mengisi ulang ponsel ini. Ponsel ini juga dilapisi dengan bahan nano-foto sensitif yang mengubah sinar matahari menjadi energi. ‘kumaphone’ bisa di dapatkan di seluruh mall di Indonesia mulai tanggal 27 Juli 2016, tenang saja harga yang ditawarkan ‘kumaphone’ sangatlah terjangkau.(adv/Rosalinda Adisty)
Baca artikel menarik lainya :

" Pengertian Advertorial Beserta Contohnya 
Penulisan Naskah Kehumasan "

No comments:

Post a Comment