Memahami Kepribadian & Perilaku Komunikatif - Psikom - Dunia Public Relations

Terbaru

Thursday, December 15, 2016

Memahami Kepribadian & Perilaku Komunikatif - Psikom

MEMAHAMI KEPRIBADIAN & PERILAKU KOMUNIKATIF
PSIKOM


Memahami Kepribadian - Kepribadian merupakan sesuatu yang unik dan melekat pada Individu, kepribadian pada masing-masing individu ini berbeda dan tidak ada yang sama di dunia ini meskipun dari latar belakang sama sekalipu ataupun dalam lingkungan yang sama, kepribadian Individu ini tetaplah berbeda.seperti apa sistem kepribadian yang melekat pada individu yuk ikuti terus Dunia Public Relations.

KONSEP KEPRIBADIAN

kepribadian, komunikatir, sistem kepribadian, perilaku komunikatif, prilaku & kepribadian

Kepribadian adalah suatu sistem semua tingkah laku seseorang (person) yang unik, terintegrasi, dan terorganisasi. Sistem tingkah laku mencakup hal-hal yang kompleks, misalnya cara seseorang memandang dunia sekitarnya, melihat tujuan dan minatnya, apa yang disukai dan tidak disukainya, kemampuan berbuat atau melakukan sesuatu, cara memecahkan masalah.
  • Bagaimana dia merasakan perasaan orang lain, dan bagaimana kemauannya mengenai kehidupan.
  • Semua tingkah lakunya meliputi pola tingkah laku yang dapat diamati secara langsung maupun tingkah laku yang tidak dapat diamati atau yang ada dibalik pola tingkah laku yang dapat diamati tersebut. Kedua aspek itu dipadukan kedalam tingkah laku yang terorganisasi, yang disebut

Kepribadian


Kepribadian akan senantiasa berkembang dan mengalami perubahan.

Ciri Kepribadian

Ada beberapa ciri kepribadian manusia, yakni :
  • Kepribadian berkembang terus menerus sepanjang seluruh kehidupan organisme manusia. Semua pengalaman yang telah diperoleh sebelumnya, baik melalui proses belajar maupun melalui proses interaksi sosial turut memperkaya dan memantapkan kepribadian selanjutnya.
  • Setiap individu memiliki pola kepribadian yang berbeda satu dengan yang lainnya.
  • Kepribadian bersifat dinamis yang terus berubah dan berkembang melalui cara-cara tertentu. Perubahan itu dapat disebabkan oleh unsur intern dalam diri pribadi itu sendiri, dapat pula disebabkan faktor-faktor diluar pribadi (lingkungan sosio kultural dan hubungan interpersonal).


Perubahan kepribadian dapat menyebabkan semakin mantapnya pribadi seseorang, atau sebaliknya menyebabkan gangguan / masalah dalam diri pribadi itu.

Unsur-Unsur Tingkah Laku

Unsur-unsur tingkah laku manusia sebagai berikut :
  1. Suatu tingkah laku dilandasi oleh motivasi tertentu. Perubahan tingkah laku dimulai dari keadaan organisme yang bermotivasi; dan keadaan ini bersumber dari dalam atau dari luar kebutuhan organisme.
  2. Tingkah laku yang bermotivasi adalah tingkah laku yang sedang dalam keadaan mencapai tujuan.
  3. Seseorang melakukan suatu tingkah laku dipengaruhi oleh tujuan yang dapat memuaskan kebutuhannya, sehingga bersifat selektif dan regulatif.
  4. Lingkungan menyediakan kesempatan dan sekaligus membatasi tingkah laku organisme.
  5. Tingkah laku dipengaruhi oleh proses-proses dalam organisme.
  6. Tingkah laku ditentukan oleh kapasitas pada organisme manusia itu sendiri. 
 

Pola-pola Tingkah Laku Berdasarkan Lingkungan


Lingkungan dapat mempengaruhi pola-pola tingkah laku manusia yang diperoleh dalam lingkungan tersebut. Secara umum, lingkungan dibagi atas 2 (dua) kelas, yaitu:
  • Lingkungan kultural
  • Lingkungan manusia (interpersonal).

Dalam skala yang lebih luas, lingkungan kultural terdiri atas beberapa dimensi, yakni :
  • Struktur dan fungsi keluarga
  •  Pendidikan
  • Politik
  • Ekonomi
  • Keagamaan
  • Rekreasi
  • Pelayanan sosial
Dimensi-dimensi tersebut dapat berpengaruh terhadap perilaku dan kepribadian orang.Dalam kenyataannya, sering kedua jenis lingkungan itu merupakan suatu lingkungan yang kompleks, terkandung di dalamnya kedua kategori tersebut.

TINGKAH LAKU KOMUNIKATIF


Dari interaksi antar manusia sering dibuat asumsi bahwa individu-individu mempunyai efek terhadap satu sama lain. Seolah-olah terdapat kontak langsung antara proses-proses psikologis pada orang yang berbeda. Pada hakekatnya, proses interaksi ini menyangkut suatu mekanisme perantara yang disebut Komunikasi. Komunikasi menyangkut pengiriman berita dari satu pihak ke pihak lain. 
 
Semua berita mempunyai persamaan yaitu bahwa perhatian penerima berita diarahkan kepada sesuatu. Secara lebih khusus, seseorang mengirimkan suatu berita apabila tujuan-tujuan akan lebih mudah untuk dicapai dengan menyampaikan informasi yang dimilikinya kepada orang lain.

Motif-Motif dan Sikap-Sikap Pengirim


Motif-motif dalam pengiriman berita dapat diklasifikasikan kedalam 3 orientasi apabila dilihat dari sudut orang-orang yang tersangkut dalam peristiwa komunikasi itu, yakni :
  • Motif-motif yang berorientasi pada diri sendiri
  • Motif-motif yang berorientasi pada penerima berita
  • Motif-motif yang berorientasi pada kedua belah pihak

Semua pengiriman berita apabila dilakukan secara sengaja menyangkut isi tertentu diantara banyak kemungkinan dan berita-berita yang seperti itu biasanya ditujukan kepada penerima yang terpilih. Motif-motif pengirim berita sehubungan dengan berita dan penerima berita adalah saling tergantung satu sama lain (interdependen), berita disesuaikan dengan penerima berita atau sebaliknya. Seseorang besar kemungkinan akan mengirimkan suatu berita apabila ia mempunyai motif yang kuat untuk mencapai suatu tujuan.

" Memahami Kepribadian & Perilaku Komunikatif - Psikom "

No comments:

Post a Comment