Analisis Kegagalan Komunikasi Pada Iklan Axis Hap - Si Jago Tangkap

ANALISIS KEGAGALAN KOMUNIKASI PADA IKLAN AXIS HAP
SI JAGO TANKAP

Kegagalan Komunikasi - Tugas ini merupakan salah satu contoh tugas dari mata kuliah Psikologi komunikasi yang dikirim oleh salah seorang teman kepada Dunia Public Relations, yang semoga dapat menjadi rujukan, refrensi ataupun pencerahan untuk teman - teman dalam menunaikan tugas Analisis Kegagalan Komunikasi pada Iklan.

Berikut ini merupakan contoh yang mengambil sample dari iklan Axis yang sempat muncul di Stasiun Televisi, untuk selengkapnya silahkan simak, boleh copas tapi tolog cantumkan sumbernya dengan baik yaa.


kegagalan komunikasi, komunikasi axis, iklan axis hap,

KEGAGALAN KOMUNIKASI IKLAN AXSIS HAP


PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Kegagalan komunikasi merupakan suatu aspek yang menggambarkan bahwa suatu tindakan dan bentuk komunikasi baik verbal, non verbal maupun simbolik tidak berjalan maksimal. Problem yang terjadi pada tingkat komunikator, pesan, saluran dan komunikan juga mengandung potensi terjadinya kegagalan maupun hambatan dalam melakukan tindakan komunikasi. 

Reed H Blake dan Edwin Haroldsen menekankan bahwa dalam suatu komunikasi, hambatan yang kerapkali muncul terletak pada saluran saluran baik formal maupun informal.

B. Tujuan 

Tujuan dari makalah ini adalah tidak untuk menjelek-jelekkan ataupun membanding-bandingkan dengan produk lain yang beredar di masyarakat.

C. Manfaat

Untuk tidak saling menbanding-bandingkan dengan iklan yang diproduksi lain.

PEMBAHASAN

Iklan ini menceritakan tentang seorang pemuda yang bernama hap, jagonya menangkap bakatnya terlihat dari kecil bahkan lebih kecil. Dengan segala upaya hap mengejar cita-citanya. Dia bercita-cita ingin menjadi seorang penjaga gawang profesional, lalu pada saat hap sedang asik bermain di pinggir lapangan sepak bola, dengan tingkah laku layaknya penjaga gawang profesional.

Ia dihampiri seorang pelatih sepak bola yang sedang membutuhkan jasanya. Dan berkata “Kamu berbakat, saya butuh kamu hap!” lalu hap bertanya “jadi kiper coach?” yang pada akhirnya hap dibutuhkan coach bukan untuk menjadi kiper, namun untuk menjadi pemimpin supporter club sepak bola.

Iklan diatas tergolong kedalam kegagalan komunikasi primer. Kegagalan menerima isi pesan secara cermat disebut dengan kegagalan komunikasi primer (primary breakdown in communication) yang terlihat pada iklan terlalu banyak menceritakan biografi hap hap dan bukan memberikan informasi dengan jelas tentang produk axis yang ditawarkan.
Baca analisis lainya :


" Analisis Kegagalan Komunikasi Pada Iklan Axis Hap - Si Jago Tangkap "