Makalah Sistematika Etika - Etika Kehumasan - Dunia Public Relations

Terbaru

Sunday, October 9, 2016

Makalah Sistematika Etika - Etika Kehumasan

MAKALAH SISTEMATIKA ETIKA
ETIKA KEHUMASAN



PENGERTIAN SISTEMATIKA ETIKA


Menurut Kattsoff, ditinjau dari pengertiannya Etika dibagi 3 :
  • Etika Deskriptif : etika bersangkutan dengan nilai dan ilmu pengetahuan tentang baik buruk tingkah laku manusia dalam masyarakat, bersifat pemaparan atau penggambaran saja.
  • Etika Normatif : etika sebagai ilmu yang mengadakan ukuran2 atau norma2 untuk menilai perbuatan manusia dalam masyarakat, berusaha mencari ukuran umum bagi baik buruknya tingkah laku
  • Etika Kefilsafatan : etika mempersoalkan tentang arti2 yang dikandung dalam istilah2 kesusilaan (apa yg disebut perbuatan etis, tidak etis dsb.)


01. Etika Umum

Etika umum adalah etika yang berbicara mengenai kondisi-kondisi dasar bagaimana manusia bertindak secara etis, bagaimana manusia mangambil keputusan etis, teori-teori etika dan prinsip-prinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak serta tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan. Etika umum dapat dianalogkan dengan ilmu pengetahuan, yang membahas mengenai pengertian umum dan teori-teori.

02. Etika khusus

Etika khusus merupakan penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Bagaimana mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang dilakukan, yang didasari oleh cara, teori dan prinsip-prinsip moral dasar. 

Penerapannya dapat berupa bagaimana mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang dilakukan, yang didasari oleh cara, teori dan prinsip-prinsip moral dasar. Selain itu penerapannya juga dapat berupa bagaimana menilai prilaku diri dan orang lain dalam bidang kegiatan dan kehidupan khusus yang dilatarbelakangi oleh kondisi yang memungkinkan.

Etika khusus dibagi menjadi dua bagian :
  • Etika individual
    Etika individual menyangkut kewajiban dan sikap manusia terhadap dirinya sendiri.
    Contoh : Buang angin
  • Etika sosial
    Etika sosial berbicara mengenai kewajiban, sikap dan pola perilaku manusia sebagai anggota umat manusia.
    Contoh : Bertegur sapa ketika berjumpa dengan sesama teman.
Dilihat dari definisi tentang etika, maka etika dapat di klasifikasikan menjadi 3 (tiga) :

  1. Etika dipandang sebagai cabang filsafat yang khusus membicarakan nilai baik atau buruk perilaku manusia.
  2. Etika dipandang sebagai ilmu pengetahuan membicarakan bain dan buruknya perilaku manusia dalam kehidupan bersama.
  3. Etika dipandang sebagai ilmu pengetahuan yang bersifat normatif dan evaluatif yang hanya memberi baik buruknya terhadap perilaku manusia.
Etika umum menjelaskan tentang kajian bagaimana manusia bertindak secra etis, sedangkan etika khusus mengkaji tentang penerapan-penerapan prinsip-prinsip moral dasardalam bidang kehidupan yang khusus. Dalam etika umum, teori-teori etika dan prinsip-prinsip moral dasar menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak serta tolak ukur dalam menilai baik buruknya suatu tindakan.

Sedangkan dalam etika khusus, prinsip-prinsip moral dasar tersebut diterapkan dalam wujud bagaimana untuk mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang dilakukan, yang didasari oleh cara, teori dan prinsip-prinsip moral dasar, serta prinsip-prinsip moral dasar tersebut digunakan untuk bagaimana menilai perilaku diri sendiri maupun perilaku orang lain dalam berbagai kegiatan dan kehidupan khusus yang dilatar belakangi oleh kondisi yang memungkinkan manusia untuk bertindak etis.

Etika umum lebih terfokus pada kondisi-kondisi dasar manusia dalam bertindak secara etis serta teori-teorietika dan prinsip-prinsip moral dasar digunakan sebagai pegangan bagi manusia dalam bertindak serta tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan. Sedangkan etika khusus lebih terfokus pada penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus.


NORMA & KAIDAH


Dalam hidup bermasyarakat sering dikenal istilah norma atau kaidah yaitu nilai yang mengatur dan memberikan pedoman atau patokan tertentu bagi setiap orang atau masyarakat untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan peraturan yang sudah disepakati.

Untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan kehidupan dengan aman dan tertib, dibutuhkan suatu “tata” yang diwujudkan dalam “aturan main” yang menjadi pedoman.

Tata aturan itu lazim disebut “kaedah” (bhs Arab) “Norma” (bhs latin).
Ukuran yang menjadi pedoman, norma mempunyai 2 macam menurut isinya :
  •  Perintah à keharusan à baik.
  • Larangan à keharusan à tidak baik / buruk.
Norma (kaedah) ada 4 macam :
  1. Norma Agama
  2. Norma Kesusilaan
  3. Norma Kesopanan
  4. Norma Hukum
Dalam pelaksanaannya, terbagi lagi menjadi :

  • Norma umum (non hukum)
  • Norma hukum.

KODE ETIK


Kode etik profesi merupakan bagian dari moral etika terapan (profesional ethic application).
Setiap penyandang profesi tertentu harus dan bahkan mutlak mempunyai kode etik sebagai acuan bagi perilaku dalam pelaksanaan peran (role) dan fungsi (function) profesi masing-masing, mengikat secara normatif dan etis, maupun sebagai tanggung jawab dan kewajiban moral bagi para anggota profesi yang bersangkutan dalam menjalankan aktivitasnya.

" Makalah Sistematika Etika "

No comments:

Post a Comment