Kumpulan Surat Pembaca - Contoh surat Pembaca Yang Baik

KUMPULAN SURAT PEMBACA
CONTOH SURAT PEMBACA YANG BAIK

Surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh seseorang kepada suatu surat kabar, lembaga, tokoh masyarakat, instansi pemerintah dsb yang berisikan tentang keluhan, ucapan terima kasih, pertanyaan, pujian atupun sebuah himbauan.

Surat kabar ini biasanya juga di muat dalam rubik khusus surat pembaca dalam suatu surat kabar, koran, majalah dll. Melalui surat pembaca ini biasanya masyarakat (Pembaca) langsung memberikan tanggapan mengenai pokok permasalahan yang didasarkan pada kepentingan banyak orang dan berifat mendesak.

Nahh.. untuk sobat yang sekarang ini mungkin sedang belajar membuat surat pembaca, kali ini saya akan bagikan contoh - contoh surat pembaca yang sibat bisa jadikan sebuah refrensi ataupun panduan dalam menulis surat pembaca yang baik.

KUMPULAN SURAT PEMBACA




TRANSJAKARTA MODA TRANSPORTASI YANG MENGECEWAKAN

Kepa yang terhormat Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta.
Trans Jakarta, moda transportasi masa yang di gembor-gemborkan dapat mengatasi kalutnya kemacetan di Ibu kota ternyata sangat mengecewakan bagi saya, karena selain bus yang datang terlalu lama bahkan yang saya alami bisa ber jam-jam, juga sering terjadi desak-desakan kususnya saat jam pulang kerja pukul 17.00 ataupun jam berangkat kerja pukul 07.00.
Bagi saya yang bisa bekerja menggunakan transportasi ini sangat menyayangkan juga karena pengelolaan Halte sarana prasarana lainya kurang di perhatikan oleh Dishub Provinsi DKI sperti halte dan bus yang sering kotor yang membuat kami tentunya para pengguna transportasi menjadi tidak nyaman.

Saya yang biasa menggunakan TJ ini juga kecewa dengan waktu tempuh lumayan lama jika di bandingkan angkutan umum seperti kopaja yang jika dari rumah saya didaerah Pasar Rebo – Sudirman yang hanya membutuhkan waktu 2 setengah jam lebih cepat jika menggunakan trans jakarta yang memakan waktu hingga 3 sampai 4 jam.

Saya berharap Bapak Kepala Dinas Perhubungan untuk segera membenahi fasilitas, sarana dan prasarana transportasi ini, sehinggi benar – benar bisa menjadi moda transportasi masa yang aman dan nyaman, juga dapat menjadi jawaban dari semrawutnya lalulintas di Ibu Kota.
Terima kasih, Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.


Muhamad Sofyan, Kramat Jati, Jakarta Timur 


KEMBALIKAN KEINDAHAN MASA KECIL KAMI


Assalamu’alaikum. Wr. wb
Kepada pimpinan KPI yang terhormat,

Dengan surat pembaca ini, saya ingin menyampaikan keluh kesah dan harapan – harapan saya mengenai perfilman di indonesia khusunya film animasi yang sangat saya gemari tapi entah kenapa sekarang sangat jarang di putar, namun malah berganti dengan film - film berbau percintaan yang sangat kurang bagus untuk anak-anak.

Ini sangat kami sayangkan, kebahagiaan masa-masa kecil kami saat menonton film kartun animasi harus berganti dengan tayangan-tayangan yang kurang mendidik. tidak di pungkiri lagi sekarang kami enggan menghabiskan waktu di depan televisi yang dulu kami rasa seperti bagian dari hidup kami yang tak bisa kami pisahkan, dulu saya rela bangun pagi demi menonton acara kartun kesayangan dan merasa sangat sayang bila melewatkanya.

Saya ingin bapak Pimpinan KPI menghimbau kembali kepada seluruh stasiun televisi di Indonesia agar memutar kembali film-film kartun yang sangat kaya imajinasi dan kreatifitas yang sangat bagus untuk perkembangan tahap belajar bagi anak. Karena saya meskipun telah beranjak dewasa namun masih tetap rindu film kartun lama yang telah kami tonton sejak kecil.

Saya juga berharap KPI mampu menyediakan wadah untuk bakat film muda indonesia agar dapat mabuat karya – karya filmnya dan ikut mewarnai layar kaca Indonesia.
Terima kasih, Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.
                                                                                                 

Fajar Dwi Aji, Kec. Beji, Depok.


Pelayanan PT KAI Mengecewakan
                                                 
Saya adalah pengguna setia commuter line. Sebagai seorang karyawan swasta yang bekerja di bilangan Sudirman saya selalu menggunakan commuter line pada pergi maupun pulangnya. Bertahun-tahun saya amati pelayanan kereta api memang mulai mengalami perbaikan khususnya dalam satu tahun terakhir. Tetapi, secara umum pelayanan PT KAI masih jauh dari kata ideal. Masalah-masalah yang sama selalu terjadi berulang kali, entahkah itu jadwal yang molor, AC yang tidak menyala, kereta yang mogok, dll.

Saya bertanya dalam hati apakah manajemen PT KAI melakukan evaluasi setiap kali terjadi masalah-masalah tersebut. Mengapa masalah-masalah itu terus terjadi. Manajemen PT KAI saya yakini terdiri atas orang-orang yang kompeten, berpengalaman, dan telah teruji di bidangnya sehingga menjadi pertanyaan besar bagi saya apakah mereka mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Baru-baru ini PT KAI mampu meraih 3 penghargaan di acara BUMN Innovation Award 2013. Apakah pantas PT KAI meraih penghargaan-penghargaan tersebut di tengah pelayanannya yang masih amburadul.

Mohon bantuan dari Bpk. Dahlan Iskan selaku Menteri BUMN untuk lebih memperhatikan kinerja manajemen PT KAI mengingat ada ribuan orang setiap harinya yang sangat mengandalkan pelayanan PT KAI. Saya juga ingin memberikan masukan kepada pengelola Stasiun Sudirman agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Seperti yang telah diketahui bahwa Stasiun Sudirman merupakan salah satu stasiun yang paling banyak disinggahi oleh para penumpang. Pada jam-jam sibuk saya perkirakan jumlah penumpang yang mengantri di stasiun ini bisa mencapai ribuan orang.

Tetapi sayangnya jumlah toilet yang disediakan sangat jauh dari kata cukup. Beberapa waktu yang lalu pengelola stasiun telah merenovasi toilet pria di lantai 2 yang dilengkapi dengan 3 urinoir dan 1 closet sehingga tampilannya menjadi lebih baik. Meskipun harus antri tetapi tidak terlalu lama. Tetapi sekarang, pengelola stasiun memindahkan toilet tersebut ke ujung Peron 1 dengan kapasitas yang lebih sedikit yaitu 2 closet saja tanpa urinoir. Saya mengusulkan agar kapasitas toilet ini bisa diperbanyak sehingga antrian tidak terlalu panjang seperti saat ini. Atas perhatian dan tindak lanjutnya saya ucapkan terima kasih.

" Kumpulan Surat Pembaca "
" Contoh Surat Pembaca Yang Baik "